Herniorafi

Kamis, 05 Maret 2020

Herniorafi

LinkSehat - Herniorafi adalah salah satu metode operasi hernia di mana dokter bedah memperbaiki kekuatan dinding perut. Hernia sendiri terbentuk karena adanya area lemah pada dinding abdomen sehingga bagian dalam perut dapat terdorong keluar. Pemilihan metode operasi sangat bergantung pada tipe hernia, usia, penyakit penyerta, dan banyak hal lainnya.

Pasien anak-anak dengan hernia inguinal maupun femoral biasanya akan menjalani herniotomi, yaitu prosedur operasi untuk membuang kantung hernia saja. Sedangkan pasien dewasa dapat menjalani berbagai metode operasi hernia, seperti herniorafi, hernioplasty, ataupun laparoskopi.

Pasien hernia biasa datang dengan keluhan benjolan pada selangkangan, bengkak maupun nyeri. Pemeriksaan fisik sudah cukup dapat menegakkan diagnosis hernia. Namun terkadang dokter meminta pemeriksaan tambahan lainnya, seperti USG untuk memastikan lokasi hernia dan mengetahui isi kantong hernia.

Jika sudah tegak diagnosis hernia, maka Anda akan diberikan saran operasi guna mengurangi risiko terjepitnya isi hernia di kemudian hari (strangulasi). Anda perlu menjalani operasi hernia apabila:

  • Hernia tidak dapat dimasukkan kembali
  • Hernia mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Hernia menyebabkan gangguan pencernaan, seperti muntah, perut kembung, tidak kentut dan tidak buang air besar (BAB)

Bagaimana operasi herniorafi dilakukan?

Sebelum operasi, Anda diminta untuk puasa makan dan berhenti minum obat pengencer darah (jika ada) sejak seminggu sebelum jadwal operasi. Persiapan operasi dapat berbeda jika kondisinya hernia inkarserata atau strangulata yang membutuhkan operasi segera (darurat).

Operasi dimulai dengan bius umum/bius lokal separuh badan ke bawah. Kemudian dokter bedah membuat sayatan pada daerah inguinal atau perut dekat lipatan paha. Ketika kantung hernia sudah didapatkan, jaringan/organ isi hernia dikembalikan ke lokasi seharusnya dan kantong hernia di buang. Selanjutnya, dokter bedah menjahit antar otot atau ligamen di mana hernia terbentuk, sehingga lubang hernia tertutup.

Jika lubang/lokasi dinding yang lemah cukup besar, maka Anda perlu menjalani prosedur pemasangan mesh atau metode operasi hernioplasty. Setelah lokasi dinding abdomen yang lemah tertutup, dokter bedah akan menjahit luka dan menutupnya dengan kasa steril.

Anda biasanya diperbolehkan pulang setelah 1-2 hari di rumah sakit hingga dirasa aman untuk pulang. Segera beristirahat, tidak menyetir kendaraan, dan tidak mengangkat benda berat hingga 2-3 minggu selesai operasi.

Bagaimana pemulihan setelah operasi herniorafi?

Pasca operasi, sebaiknya beristirahat dan tidak mengangkat beban berat selama 2-3 minggu. Jika tidak menuruti pesan tersebut, besar kemungkinan hernia muncul kembali karena jahitan terbuka kembali.

Anda dapat membantu mengurangi bengkak pasca operasi dengan menaruh kain bersih dan meletakkan es pada daerah luka operasi selama 20 menit. Pastikan luka tidak basah karena kompres tersebut.

Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami demam, luka menjadi merah dan hangat, perdarahan banyak pada luka operasi, baal/kerusakan saraf, atrofi atau mengecilnya testis pada laki-laki setelah operasi.

Dokter spesialis bedah dapat melakukan operasi herniorafi. Hubungi Medical Consultant melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini untuk mendapatkan rekomendasi dokter/Rumah Sakit yang berpengalaman dalam melakukan prosedur operasi herniorafi.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Healthline. (2017). Herniorrhaphy.
Sabiston Textbook of surgery 19th edition. 2009. Hernia.


Author dr. Kezia Christy dr. Kezia Christy
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Hernioplasty

Hernioplasty bukanlah pengobatan utama, karena hernia seringkali dapat diatasi dengan perubahan gaya Baca Selengkapnya...

Herniotomi

Herniotomi adalah prosedur operasi yang dilakukan untuk membuang kantong hernia.