10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Senin, 11 Januari 2021

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman, namun juga dapat menurunkan kepercayaan percaya diri seseorang. Jerawat merupakan masalah kulit paling umum pada orang berusia 12 hingga 25 tahun.

Pengobatan rumahan yang paling populer untuk menghilangkan jerawat secara alami yakni menggunakan ekstrak herbal alami yang di antaranya telah digunakan untuk pengobatan tradisional selama ratusan tahun.

Simak cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah ini dan perubahan gaya hidup yang mudah diikuti.

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami yang dapat membunuh bakteriP. acnes yang menyebabkan timbulnya jerawat. Sifat anti-inflamasitea tree oiljuga dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan diNational Center for Biotechnology Information menunjukkan hasil bahwa ekstrak herbal bermanfaat untuk pengobatan anti-jerawat dan pengobatan alternatif untuk jerawat derajat ringan sampai sedang yang tidak mempan diobati denganbenzoyl peroxide.

Benzoyl peroxideadalah obat untuk mengobati jerawat yang bekerja sebagai antiseptik untuk mengurangi jumlah kuman (bakteri) di permukaan kulit. Obat ini dijual bebas di pasaran dalam bentuk gel atau pembersih wajah yang mengandung 5%benzoyl peroxide.

Sedangkan ekstraktea treetersedia dalam bentuk krim, gel, atau minyak esensial. Sebelum menggunakan minyak esensial, selalu encerkan dengancarrier oilterlebih dahulu.

2. Minyak Jojoba

Jojoba oilatau minyak jojoba adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka seperti lesi jerawat.

Beberapa senyawa yang terkandung di dalam minyak jojoba dapat membantu mengurangi peradangan kulit, seperti kemerahan dan pembengkakan di sekitar jerawat, komedo, dan lesi meradang lainnya.

Sebuah penelitian tahun 2012 dilakukan dengan mengaplikasikan masker yang mengandung minyak jojoba pada 133 peserta selama 2 sampai 3 kali seminggu. Setelah 6 minggu, hasil penelitian tersebut memberikan bukti awal bahwa masker wajah berbahan clay dan minyak jojoba dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi lesi dan jerawat ringan.

3. Aloe Vera

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang berikutnya menggunakanaloe veraatau lidah buaya, yaitu antibakteri dan anti-inflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat.

Aloe veramengandung banyak air dan efektif digunakan sebagai pelembap, sehingga sangat cocok untuk orang yang cenderung memiliki kulit kering jika menggunakan produk anti-jerawat lainnya.

Sebelum mengaplikasikanaloe vera, bersihkan luka jerawat terlebih dahulu. Kemudian oleskan tipis-tipis krim atau gel yang mengandung setidaknya 10% aloe vera.

4. Madu

Madu telah digunakan selama ribuan tahun untuk merawat masalah kulit seperti jerawat. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan limbah dan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat yaitu oleskan madu menggunakan jari bersih atau kapas, lalu gosok sedikit di area jerawat. Anda bisa menambahkan madu ke masker wajah atau masker badan.

Dokter biasanya menggunakan madu dalamwound dressingatau perban luka karena sifat antibakteri dan penyembuhan luka.

5. Bawang Putih

Banyak praktisi pengobatan tradisional menggunakan bawang putih untuk mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan kuman dan infeksi.

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi alami. Senyawa organosulfur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan yang membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Untuk melawan peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh jerawat, Anda dapat menambahkan lebih banyak bawang putih sebagai bahan makanan. Beberapa orang mengunyah siung bawang putih secara utuh, menggosokkannya di atas roti panggang, atau membuatnya menjadi minuman hangat.

Anda juga dapat membeli bubuk atau kapsul bawang putih dari toko bahan makanan dan toko kesehatan alami. Sebaiknya jangan mengoleskan bawang putih langsung ke jerawat, karena dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut dan berisiko membakar kulit.

6. Teh Hijau

Green teaatau teh hijau mengandung antioksidan polifenol. Kebanyakan orang yang berjerawat memiliki terlalu banyak sebum atau minyak tubuh alami di pori-pori dan tidak memiliki cukup antioksidan.

Antioksidan membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat. Penggunaan teh hijau dapat membantu membersihkan beberapa kotoran yang menumpuk di luka jerawat yang terbuka.

Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi sebum kulit, mengurangi bakteriP. acnes, dan mengurangi peradangan.

Anda bisa minum teh hijau atau menggunakan ekstrak teh hijau pada kulit untuk menghilangkan jerawat secara alami meskipun masih buktinya masih sangat terbatas.

7. Echinacea

Echinaceaataupurple coneflower, mungkin mengandung senyawa yang membantu menghancurkan virus dan bakteri, termasuk bakteriP. acnes yang menyebabkan munculnya jerawat.

Banyak orang menggunakanEchinaceauntuk melawan atau mencegah infeksi seperti flu, karena dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

ProdukEchinaceatersedia dari toko kesehatan atau tokoonlinedalam bentuk krim atau suplemen. Anda dapat mengoleskan krim yang mengandungEchinaceadi area yang memiliki lesi jerawat atau mengonsumsi suplemenEchinacea.

8. Rosemary

EkstrakrosemaryatauRosmarinus officinalis mengandung bahan kimia dan senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Tidak banyak penelitian yang melihat efek ekstrakrosemarypada jerawat. Salah satunya yaitu sebuah penelitian pada tahun 2013 yang menunjukkan bahwa ekstrakrosemarymampu mengurangi peradangan akibat jerawat.

9. Minyak Kelapa

Seperti pengobatan alami lainnya, minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri. Minyak kelapa dipercaya dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, mempercepat penyembuhan luka jerawat terbuka, serta mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat sangat mudah, cukup gosok minyak kelapa murni langsung ke area yang berjerawat dan lihat perubahannya.

10. Konsumsi Suplemen Zinc

Zincadalah nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme, dan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa perawatan dengan vitamin danzincpada jerawat yang parah dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Dosiszincyang direkomendasikan adalah 40 mg per hari. Jadi sebaiknya Anda tidak melebihi jumlah tersebut kecuali di bawah pengawasan dokter. Terlalu banyak mengonsumsizincdapat menyebabkan efek samping, termasuk sakit perut dan iritasi usus.

Penting juga diperhatikan bahwa mengoleskanzincpada kulit belum terbukti efektif, karena ada kemungkinanzinctidak dapat diserap secara efektif di permukaan kulit Anda.

Ikuti cara menghilangkan jerawat secara alami yang disampaikan di atas. Sebaiknya hentikan perawatan alami jika kondisi jerawat Anda semakin parah dan hubungi dokter spesialis kulit (dermatolog) melalui aplikasi LinkSehat. Dokter akan membantu menemukan metode pengobatan yang tepat sesuai kondisi kulit Anda. Download aplikasi LinkSehat di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Make Up Permanen, Rahasia Wajah Glowing Tiap Hari

Make up permanen, disebut juga mikropigmentasi, adalah prosedur kecantikan untuk memberikan tampilan Baca Selengkapnya...

Chemical Peeling Agar Wajah Makin Glowing

Chemical peeling banyak dilakukan untuk memperbaiki tampilan kulit serta menyamarkan garis-garis Baca Selengkapnya...

Dermal Filler untuk Samarkan Kerutan di Wajah

Dermal filler dilakukan sesuai indikasi dan keinginan Anda, sehingga perlu berkonsultasi dengan Baca Selengkapnya...

Skin Lightening untuk Mencerahkan Wajah

Siapa saja boleh menjalani perawatan mencerahkan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki tanda lahir Baca Selengkapnya...

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

Meski kehadirannya seringkali tidak diinginkan, jerawat tetap bisa muncul di area wajah, leher, Baca Selengkapnya...