bahaya narkoba

Kamis, 18 April 2024

3 Dampak Bahaya Narkoba terhadap Kesehatan

Narkoba, atau narkotika dan obat-obatan terlarang, merupakan obat-obatan yang memiliki dampak dan bahaya serius bagi penggunanya. Sayangnya, semakin lama, justru semakin banyak orang yang terjerumus ke dalam lingkaran setan narkoba yang membahayakan ini. 

Sebetulnya apa itu narkoba dan apakah dampaknya jika dikonsumsi?

Bila Anda atau orang terdekat Anda memerlukan bantuan medis baik fisik maupun psikis, mintalah bantuan pada tenaga profesional yang tepat. Tenaga ahli tepercaya Kavacare siap membantu permasalahan kesehatan Anda di rumah. Segera hubungi kami di 0811-1446-777 untuk konsultasi perawatan kesehatan di rumah Anda.

Apa itu Narkoba?

Merujuk situs Badan Narkotika Nasional (BNN), narkotika adalah substansi atau obat, bisa alami, buatan, atau campuran keduanya, yang mengakibatkan penurunan kesadaran, halusinasi, dan meningkatkan rangsangan.

Penggunaan narkoba, sebenarnya selain berbahaya, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dengan jenis dan dosis yang tepat. Akan tetapi, seperti bagaimana penyalahgunaan narkoba pada umumnya, penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan kecanduan dan pada akhirnya justru dapat merusak tubuh.

Dampak Fisik Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di luar resep dari dokter menimbulkan banyak dampak dan bahaya baik bagi fisik maupun mental. Berikut ini merupakan dampak yang ditimbulkan narkoba bila dikonsumsi secara berkepanjangan dan dalam dosis yang berlebihan.

1. Dehidrasi

Penggunaan narkoba tanpa resep dokter dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat memicu dehidrasi dan gejala seperti kejang, perilaku agresif, dan sesak dada. Secara bertahap, hal ini dapat merusak fungsi otak dalam jangka panjang.

2. Penurunan Tingkat Kesadaran

Beberapa orang menggunakan narkoba untuk mencapai rasa tenang dan rileks. Namun, penggunaan berlebihan dan kecanduan bisa mengakibatkan tubuh terlalu rileks hingga memicu kehilangan kesadaran drastis. 

Terdapat kasus di mana pengguna narkoba tertidur dalam waktu yang lama dan sulit untuk bangun. Hilang kesadaran dapat mengganggu fungsi koordinasi tubuh. Selain itu, hal ini menyebabkan perubahan perilaku serta kesulitan mengingat orang-orang dan lingkungan sekitarnya.

3. Kematian

Seseorang yang kecanduan cenderung merasa selalu membutuhkan narkoba, sehingga menggunakannya dalam dosis yang berlebihan dan memicu overdosis. Penggunaan beberapa jenis narkoba bahkan bisa menyebabkan kejang yang berujung kematian.

Dampak Mental dan Emosional

Selain berakibat buruk pada fisik, penggunaan narkoba yang tidak sesuai dosis dan frekuensinya juga dapat menyebabkan gangguan pada mental dan psikologis pemakainya. Beberapa hal yang merupakan dampak psikologis penyalahgunaan narkoba adalah berikut ini.

1. Kemunculan Halusinasi

Narkoba juga menimbulkan dampak kerusakan otak yang mengganggu dan merusak persepsi pengguna narkoba. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan gangguan mental yang lebih serius, termasuk kecemasan, serangan panik, paranoia, dan depresi.

2. Penurunan Kualitas Hidup

Selain mengganggu sistem saraf di otak, penggunaan narkoba dalam jumlah dan frekuensi berlebihan dapat memengaruhi kualitas hidup. Pengguna mungkin sering merasa tegang, gelisah, dan sulit berkonsentrasi, yang menyebabkan penurunan kinerja. Mereka juga mungkin merasa tidak aman karena menyadari perilaku mereka melanggar hukum, cenderung malas, dan mudah marah atau kesal.

Dampak Sosial

Di luar itu semua, bahaya dan dampak narkoba telah menyinggung banyak aspek kehidupan dan sosial. Di Indonesia, besarnya angka pengguna narkoba berbanding lurus dengan tingkat tindak kriminal yang juga meningkat. 

Pada tahun 2011, terjadi peningkatan angka kasus secara signifikan dalam waktu setahun sejumlah 29.000 kasus dari semula 26.000 kasus pada tahun 2010. Setiap tahunnya, narkoba telah merugikan negara hingga mencapai angka lebih dari 50 triliun. Kerugian ini dihitung dari perhitungan uang yang dialirkan ke luar negeri melalui bandar narkoba. 

Dana rehabilitasi para korban, efek sosial, penurunan kualitas sumber daya manusia, hingga tindak kejahatan yang terjadi, termasuk pula dalam hal-hal yang memengaruhi bengkaknya nominal tersebut. Maka itu, besar peranan orang tua untuk mengawasi pergaulan anak-anak supaya terhindar dari bahaya narkoba. 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


  • Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan. https://bnn.go.id/pengertian-narkoba-dan-bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/. Diakses 29 Juni 2023.

  • Bahaya Narkoba dan Pencegahannya. https://promkes.kemkes.go.id/bahaya-narkoba-dan-pencegahannya. Diakses 29 Juni 2023.

  • Dampak Psikologis Penggunaan Narkoba. https://jambi.bnn.go.id/dampak-psikologis-dalam-penggunaan-narkoba/. Diakses 29 Juni 2023.

  • UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU35-2009Narkotika.pdf. Diakses 29 Juni 2023.


  • Author Tim Kavacare Tim Kavacare
    Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

    Nilai Artikel Ini