homecare,  perawatan di rumah, linksehat, kavacare

Jumat, 18 November 2022

5 Kelebihan Menggunakan Layanan Homecare


Layanan homecare kini menjadi adalah salah satu fasilitas kesehatan sejak merebaknya pandemi Covid-19. Homecare adalah layanan perawatan yang memungkinkan seseorang dengan kebutuhan khusus untuk mendapatkan perawatan kesehatan tanpa harus ke luar rumah.

Dapatkan layanan homecare terbaik untuk orang terkasih bersama Kavacare. Pilih atau konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan homecare yang sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Kavacare atau hubungi Kavacare Support melalui WhatsApp di nomor 0811-1446-777.


Sekilas Tentang Homecare

Orang yang menyediakan layanan perawatan homecare adalah profesional terlatih yang telah menerima pelatihan terbaik dalam perawatan kesehatan dan memiliki lisensi dan terkait. Tergantung pada jenis perawatan di rumah yang Anda terima, mungkin juga ada perawat yang siap membantu.

Perawatan di rumah juga dapat diberikan oleh anggota keluarga, tetapi mereka mungkin terbatas dalam apa yang dapat mereka lakukan jika mereka tidak terlatih secara memadai.

Layanan homecare bisa digunakan untuk orang lanjut usia, orang dengan penyakit kronis, memiliki disabilitas, atau baru sembuh dari operasi. Layanan homecare atau perawatan di rumah meliputi:

1. Perawatan pasca operasi

2. Perawatan untuk lansia

3. Perawatan untuk pendamping

4. Perawatan baby care

5. Perawatan luka.


Kelebihan Layanan Homecare

Dengan menggunakan layanan homecare, Anda atau orang yang Anda cintai akan mendapatkan perawatan di lingkungan rumah sendiri sehingga suasana menjadi lebih akrab. Layanan perawatan bisa berupa kunjungan setiap jam dalam beberapa minggu, atau perawatan langsung yang lebih intensif. Secara rinci, berikut manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan homecare:

1. Berada di Dekat Keluarga

Kelebihan layanan homecare pertama adalah pasien dapat berada dekat dengan keluarga. Sebagaimana kita tahu, bahwa sebaik apapun fasilitas di rumah sakit, pasien tetap bisa merasakan kesepian karena meninggalkan rumah dan keluarga mereka.

Meskipun sudah terdapat kesempatan bagi keluarga untuk menjenguk pasien, tetap saja keluarga tidak bisa selama 24 jam berada di sisi mereka. Layanan homecare bisa menjadi solusi bagi pasien yang tidak ingin rawat inap di rumah sakit.

 

Mereka dapat mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter dan tenaga kesehatan yang terdapat dalam layanan homecare, tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan demikian mereka akan tetap dapat berada dekat dengan keluarga, dan bahkan keluarga pun bisa menemani mereka setiap harinya. 

Bisa dikatakan layanan homecare adalah solusi bagi pasien yang tidak ingin rawat inap di rumah sakit. Meski demikian, pasien tetap bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter dan tenaga kesehatan. Jadi, pasien tetap dapat berada dekat dengan keluarga, dan bahkan keluarga pun bisa menemani mereka setiap harinya.

Perhatian dari keluarga bisa menjadi dukungan positif bagi pasien sehingga keinginan mereka untuk sembuh akan semakin kuat. Hal ini tentu akan mempercepat proses pemulihan, terutama bagi pasien lansia yang mengalami gangguan progresif seperti demensia. Tentunya, perawatan medis yang memadai juga tetap harus didapatkan dari layanan homecare. Selanjutnya, keberadaan keluarga menjadi dorongan untuk mereka mau untuk sembuh secepatnya. 

 

2. Hemat Waktu

Kelebihan layanan homecare yang kedua adalah hemat waktu. Jika pasien dirawat di rumah dengan layanan homecare, keluarga bisa memantau keadaan pasien dengan cermat. Setiap ada perubahan dari keadaan pasien, mereka bisa dengan cepat menghubungi dokter layanan homecare atau melakukan tindakan preventif yang sudah diinstruksikan oleh dokter sebelumnya.

Dengan begitu, Anda dan keluarga tidak perlu membuang waktu sia-sia untuk menjenguk atau menunggu pasien setiap harinya. Anda bisa memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga sembari memantau kesehatan pasien di rumah.

Bahkan lebih baik lagi jika layanan homecare dipadukan dengan perawatan pribadi dari fasilitas kesehatan. Dengan adanya tenaga kesehatan yang mendampingi, seperti contohnya perawat, tindakan pertolongan pertama bisa dilakukan sembari menunggu datangnya dokter layanan homecare.

Waktu pun tidak perlu terbuang sia-sia untuk pihak keluarga pergi ke rumah sakit untuk menjenguk atau menunggu pasien setiap harinya. Tentunya akan lebih banyak waktu bisa dihabiskan bersama keluarga sambil memantau kesehatan pasien di rumah. Keputusan yang diambil pun untuk menangani pasien bisa cepat dilakukan, karena keluarga secara langsung melihat keadaan pasien. Mudah, praktis dan lebih efisien waktu.

 

3. Meningkatkan Kualitas Hidup Keluarga  

Kelebihan ketiga dari pemilihan layanan homecare adalah meningkatkan kualitas hidup keluarga. Dengan adanya layanan homecare, keluarga tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Anak-anak tetap dapat bersekolah, dan yang seharusnya bekerja akan tetap dapat bekerja. Jika perawatan dilakukan di rumah sakit, anggota keluarga biasanya harus mengambil cuti kerja untuk bisa menjaga anggota keluarga yang sakit.

Demikian pula halnya dengan anak-anak. Tak jarang mereka harus mengambil izin dari sekolah karena orang tua mereka harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mengurus anggota keluarga yang sakit.

Hal ini tentu akan mengubah ritme harian yang ada di dalam keluarga. Dengan memanfaatkan layanan homecare, Anda dan anak-anak tetap bisa beraktivitas seperti biasa sembari tetap memperhatikan keluarga yang sakit.

 

4. Merasa Nyaman di Rumah

Layanan homecare akan membuat pasien merasa lebih nyaman jika dibandingkan saat di rawat di rumah sakit. Selain karena dekat dengan keluarga, mereka juga merasa lebih nyaman di lingkungan yang dikenal saat perawatan.

Dengan merasa akrab dengan lingkungan perawatan pasien akan merasa lebih nyaman untuk mengembalikan vitalitas tubuh di rumah, jika dibandingkan dengan saat di rumah sakit. Selain karena dekat dengan keluarga, mereka juga merasa lebih nyaman di lingkungan yang dikenal saat perawatan.

Dengan merasa akrab dengan lingkungan perawatan, segala kebutuhan mereka pun dapat terpenuhi. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus bolak-balik dari rumah sakit ke rumah untuk mengambil barang yang diperlukan.

Mereka pun dapat selalu meminta bantuan anggota keluarga yang saat itu ada di rumah untuk keperluan apapun yang mereka butuhkan. Ini akan menjadikan pasien merasa lebih leluasa dan nyaman dalam proses perawatan kesehatannya.

 

5. Bebas

Layanan homecare juga memberikan kebebasan bagian pasien. Pasien bisa bebas melakukan apapun di dalam rumah sejauh masih dalam pengawasan keluarga. Mereka dapat berjalan dalam rumah, melihat anggota keluarga yang lain beraktivitas, atau sekedar menikmati pemandangan di halaman rumah. 

Perawat homecare profesional yang akan datang dan memberikan layanan kesehatan pada pasien, dan bukan sebaliknya. Tentunya beberapa poin dari kelebihan layanan homecare ini dapat menjadi suatu pertimbangan untuk memutuskan jenis pelayanan yang diinginkan saat ada anggota keluarga yang sakit.

 

(Artikel ini telah direview oleh Dr. Eddy Wiria, PhD., Co-Founder & CEO Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini