Pasien sedang memasukkan tangannya ke sebuah alat pemeriksaan tekanan darah, kadar guka darah, kolesterol saat medical check up di rumah sakit

Jumat, 26 Juni 2020

5 Persiapan Sebelum Medical Check Up

Link Sehat - Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang sebaiknya dilakukan secara teratur. Namun untuk melakukannya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar hasil yang diperoleh lebih akurat.

Siapa yang perlu melakukan medical check up?

Meski sering dianggap sepele, medical check up rutin sebenarnya berperan penting untuk mendeteksi penyakit secara dini sehingga penanganan dan peluang kesembuhannya menjadi lebih besar. Pemeriksaan ini bisa dilakukan oleh orang yang sehat atau memiliki penyakit, namun dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan berikut:

  • Penderita penyakit kronis (seperti hipertensidiabetes)
  • Orang berusia lebih dari 40 tahun, terutama yang memiliki keluhan fisik atau riwayat penyakit kronis (seperti penyakit jantung, kanker)
  • Persiapan sebelum operasi
  • Persyaratan administratif, misalnya untuk melamar pekerjaan, permohonan aplikasi visa/asuransi, atau jenjang perguruan tinggi pada jurusan tertentu
  • Medical check up karyawan

Bagaimana persiapan sebelum medical check up?

Sebagian orang mungkin bingung harus memilih paket pemeriksaan yang mana. Harus semuanya? Atau sesuai keluhan yang muncul? Maka itu, sebelum medical check up, ada baiknya Anda untuk melakukan persiapan berikut:

  • Mencatat keluhan. Catat keluhan apapun yang Anda alami selama ini, baik keluhan fisik (seperti sakit kepala, nyeri dada, jantung berdebar) maupun mental (seperti stres, kecemasan, sedih berkepanjangan, sulit tidur).
  • Catat riwayat kesehatan keluarga. Ini penting dilakukan karena dapat mendeteksi ada atau tidaknya faktor risiko kelainan genetik atau penyakit keturunan tertentu yang mungkin Anda alami di kemudian hari.
  • Catat obat yang dikonsumsi (obat-obatan, suplemen, maupun obat herbal)dan beritahu dokter mengenai hal ini.
  • Bawa hasil pemeriksaan medis sebelumnya, termasuk operasi, imunisasi, fisioterapi, tes darah, tes urine, foto Rontgen, CT scan, USG, endoskopi, atau biopsi.
  • Cari informasi tentang pemeriksaan yang akan dijalani.Sebab pada pemeriksaan kolesterol dan gula darah, Anda diharuskan untuk puasa selama 8-12 jam sebelumnya.

Anda juga perlu mengingat jadwal pemeriksaan dan usahakan untuk datang tepat waktu. Apabila Anda ingin melakukan medical check up, tapi masih bingung harus memilih paket pemeriksaan dan cek perkiraan biaya, hubungi Medical Consultantkami viaWhatsAppisi form konsultasi di sini.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

CDC. 2017. Health equity. Check-up checklist: things to do before your next check-up.
WebMD. 2018. Annual physical examinations.


Author Novi Sulistia Wati, S.KM Novi Sulistia Wati, S.KM
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Cara Cek Gula Darah di Rumah

Bagi Anda penderita diabates, cek gula darah bisa dilakukan di rumah. Begini caranya.

Cara Cek Tekanan Darah di Rumah

Cek tekanan darah di rumah dapat Anda lakukan menggunakan tensimeter. Bagaimana caranya?

Bisakah Cek Kolesterol Sendiri di Rumah?

Kadar kolesterol sebaiknya dipantau secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi serius. Begini Baca Selengkapnya...

Pentingnya Medical Check Up

Berbagai pemeriksaan fisik yang diperiksa melalui medical check up, antara lain.