bopeng, menghilangkan bopeng, kesehatan kulit

Rabu, 20 Maret 2024

7 Cara Menghilangkan Bopeng

Bopeng adalah bekas jerawat dengan bentuk cekung yang dapat terlihat seperti lubang atau lekukan pada kulit. Mereka terjadi ketika lapisan-lapisan kulit yang lebih dalam mengalami kerusakan.

Saat lapisan-lapisan yang lebih dalam ini sembuh, kolagen tambahan akan diproduksi. Kolagen tambahan ini dapat meninggalkan jaringan parut yang tidak sepadan dengan kulit yang lain. Bopeng cenderung menonjol dari sisa kulit dan terlihat dan dapat memberikan tampilan kulit yang tidak rata, sehingga membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri.

Ada beberapa pengobatan dan perawatan yang mungkin dapat membantu mengurangi penampilan bopeng dan meratakan tekstur kulit. Berikut adalah informasi mengenai cara menghilangkan bopeng.

Apabila Anda berminat untuk melakukan treatment atau perawatan menghilangkan bopeng di rumah sakit dalam atau luar negeri, Anda bisa menghubungi layanan medical travel facilitator KavaLink dari Kavacare. Kavacare menyediakan layanan konsultasi bagi Anda yang ingin berobat ke luar negeri. Hubungi kami melalui Whatsapp di nomor 0811 1446 777

Cara Menghilangkan Bopeng sesuai Anjuran Dokter

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bopeng. Sebagian besar dapat dilakukan atas hasil konsultasi dengan dokter ataupun perawatan dengan tenaga medis ahli. Mungkin Anda memerlukan lebih dari satu jenis pengobatan untuk meratakan kulit Anda. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bopeng.

  1. Resurfacing Kulit

Tujuannya adalah menghilangkan lapisan kulit yang rusak sehingga kulit baru dan sehat muncul. Ada empat cara utama yang dapat dilakukan dokter, antara lain :

  • Laser. Laser menciptakan permukaan kulit yang lebih merata.
  • Dermabrasi. Roda yang berputar dengan permukaan kasar menghilangkan kulit yang rusak.
  • Chemical peel. Penggunaan jenis asam khusus menghilangkan lapisan teratas kulit Anda. Ini dapat membantu dengan bekas luka yang lebih dalam. Contohnya yaitu penggunaan AHA dan BHA dalam konsentrasi tinggi. Namun, untuk penggunaannya jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Mikrodermabrasi. Kristal kecil disemprotkan ke kulit dan dapat membantu meratakan bekas luka ringan.

Kulit baru akan mulai terbentuk sekitar 7-10 hari setelah proses resurfacing kulit ini. Area tersebut mungkin tetap berwarna merah muda selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

  1. Filler

Dokter memasukkan pengisi (kolagen atau lemak) ke area yang rusak dengan jarum. Ini mengembungkan kulit di bawah bekas luka untuk membantu meratakan. Karena tubuh Anda secara perlahan menyerap filler,, proses ini perlu diulang dari waktu ke waktu.

  1. Microneedling (atau rolling)

Dokter menggulung perangkat yang dilapisi jarum kecil di atas kulit Anda. Ini cara aman untuk merangsang jaringan di bawahnya untuk tumbuh. Anda mungkin perlu melakukannya beberapa kali. Terkadang, dokter menyebutnya terapi induksi kolagen.

  1. Pengencangan Kulit

Dokter menggunakan jenis energi bernama radiofrekuensi untuk mengencangkan kulit.

  1. Injeksi

Dokter akan menyuntikkan obat seperti kortikosteroid, kemoterapi, atau Botox. Ini biasanya dilakukan secara berurutan. Dokter akan menyarankan seberapa sering Anda perlu melakukannya tergantung dari kondisi dan jenis kulit Anda. 

  1. Elektrodesikasi

Pengobatan ini menggunakan probe listrik untuk memanaskan dan membunuh jaringan kulit. Ini dapat membantu dengan bekas luka boxcar. Boxcar adalah jenis bekas luka dengan sudut dan tepi yang tajam. 

  1. Operasi

Beberapa orang memerlukan operasi untuk menghilangkan bekas luka jerawat yang parah atau kista. Dokter Anda memotong atau melonggarkan bekas luka. Area tersebut kemudian diperbaiki dengan jahitan. 

Pertanyaan Seputar Menghilangkan Bopeng

Apakah Bopeng Bisa Hilang Permanen?

Bopeng bisa hilang secara permanen, namun tidak dapat hilang dengan sendirinya. Perlu dilakukan pengobatan dan perawatan untuk meminimalkan atau menghilangkan bopeng pada kulit. 

Selain itu, penggunaan skincare akan sedikit membantu proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat. Namun, skincare tidak bisa menghilangkan bopeng. Apabila Anda ingin menghilangkan bopeng, maka bisa menjalani treatment atau perawatan di klinik kecantikan atau rumah sakit. Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk memilih jenis treatment yang tepat untuk kondisi kulit Anda.

Berapa Lama Bopeng Bisa Hilang?

Seberapa lama bopeng bisa hilang tergantung dari tingkat keparahan dari jerawat atau penyebab bopeng itu sendiri. Semakin parah peradangan pada luka atau jerawat maka bopeng akan semakin sulit dihilangkan. 

Untuk mempercepat proses penghilangan bopeng, maka bopeng harus dirawat secara tepat. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan treatment atau perawatan yang tepat untuk kondisi bopeng Anda.

Apakah Bekas Bopeng Bisa Mulus Kembali?

Bekas jerawat bisa mulus kembali apabila dilakukan treatment atau perawatan yang tepat pada kulit wajah. Namun, apabila jerawat sudah membekas menjadi bopeng, bopeng akan lebih sulit dihilangkan. Tidak cukup hanya menggunakan skincare pada wajah, namun perlu dilakukan treatment atau perawatan yang tepat untuk menjadikan bopeng lebih pudar dan bahkan hilang.

Apakah Bopeng Bisa Dihilangkan Sendiri Secara Alami?

Bopeng tidak bisa hilang sendiri secara alami. Bekas jerawat yang sudah menjadi bopeng akan lebih sulit dihilangkan bisa dibandingkan dengan bekas jerawat lainnya. Perlu dilakukan treatment atau perawatan seperti yang disebutkan di atas untuk mengurangi atau menghilangkan bopeng tersebut. 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini