Bagaimana Operasi Transfer Lemak Dilakukan?

Kamis, 09 April 2020

Bagaimana Operasi Transfer Lemak Dilakukan?

Link Sehat - Operasi transfer lemak adalah operasi yang dilakukan untuk memindahkan lemak dari bagian tubuh dengan lemak berlebih ke bagian tubuh yang memerlukan tambahan lemak, dan dilakukan pada orang yang sama dengan tujuan estetika (kecantikan).

Siapa yang perlu menjalani operasi transfer lemak?

Operasi ini dapat dilakukan pada pasien kanker payudara yang telah dilakukan pengangkatan payudara dan wanita yang memiliki kelainan bentuk payudara atau wanita yang ingin menambah volume payudara, bokong, atau memperbaiki bentuk wajahnya.

Kapan dan mengapa perlu menjalani operasi transfer lemak?

Karena bukan untuk sesuatu yang sifatnya urgent atau keharusan, maka tidak ada waktu yang tepat untuk melakukan Operasi Transfer Lemak ini. Anda bisa melakukan operasi ini jika merasa perlu melakukannya.

Bagaimana prosedur operasi transfer lemak?

Saat operasi

Menjelang operasi dilakukan, daerah tubuh yang ingin diambil lemaknya akan ditandai. Biasanya operasi berlangsung selama 1-4 jam, durasi tergantung pada luas area yang akan dioperasi. Untuk mengurangi ketidaknyamanan, Anda akan dibius, baik lokal (terbatas pada daerah operasi) atau bius umum yang akan membuat Anda tertidur selama tindakan.

Operasi dilakukan dengan membuat sayatan kecil sesuai garis tubuh yang telah dibuat sebelumnya, sehingga bekas operasi dapat tersamarkan. Melalui sayatan tersebut, lemak tubuh akan disedot menggunakan suatu selang khusus. Kemudian, lemak yang diambil akan disimpan dalam suatu wadah.

Lemak akan dipisahkan dengan darah dan cairan lain, lalu disuntikkan ke daerah yang dituju (seperti payudara, bokong, wajah) hingga mencapai bentuk yang diinginkan. Beberapa dokter akan mencampur suntikan dengan sel punca agar mengurangi penyusutan lemak setelah penyuntikkan.

Selanjutnya, selang akan dipasang untuk mengalirkan sejumlah cairan sisa operasi di tempat pengambilan lemak. Selang akan dilepas satu minggu pasca operasi. Bekas sayatan akan dirawat sampai sembuh. Apabila diperlukan jahitan, akan diangkat 7-10 hari setelahnya.

Setelah prosedur

Anda mungkin akan merasakan nyeri selama beberapa waktu pasca operasi, sehingga Anda perlu istirahat dari segala aktivitas (termasuk pekerjaan) selama beberapa hari. Setelah tindakan, Anda juga tidak diperbolehkan berkendara sendiri. Memar pada area tubuh yang dioperasi adalah wajar dan akan hilang dalam beberapa minggu. Obat anti nyeri dapat diberikan untuk mengatasi rasa nyeri. 

Jika daerah yang disuntikkan lemak merupakan daerah payudara, beberapa dokter menyarankan untuk menggunakan alat khusus untuk mengembangkan volume payudara 4 minggu sebelum operasi hingga beberapa minggu setelah operasi untuk mempertahankan ukuran payudara hasil operasi. 

Hasil operasi umumnya akan terlihat dalam enam bulan. Pada beberapa orang, dibutuhkan 4-6 kali operasi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Operasi transfer lemak dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Efek samping operasi transfer lemak

Dalam 1-2 bulan awal, lemak yang disuntikkan dapat diserap tubuh sehingga jumlahnya mungkin menyusut dan daerah yang disuntikkan mengalami sedikit pengecilan ukuran. Hasil operasi juga tidak dijamin, karena bergantung pada respons tubuh terhadap lemak yang disuntikkan. Efek samping operasi lain yang perlu diketahui, antara lain:

  • Infeksi luka operasi
  • Kista pada daerah operasi
  • Klasifikasi mikro
  • Kematian sel lemak
  • Hematoma (kumpulan darah di bawah kulit)
  • Jaringan parut pada luka operasi/keloid
  • Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak (emboli lemak)

Di mana operasi transfer lemak dapat dilakukan?

Operasi ini lazim dilakukan oleh dokter bedah plastik di rumah sakit. Disarankan Anda memilih dokter yang telah berpengalaman di bidang ini untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi dokter/Rumah Sakit yang menyediakan layanan operasi transfer lemak di Indonesia maupun luar negeri.

Anda dapat menghubungi Medical Consultant kami dengan mengisi formulir di sini atau hubungi WhatsApp 0857 8000 8707Dapatkan rekomendasi dokter/rumah sakit yang menyediakan layanan operasi transfer lemak di Indonesia maupun luar negeri.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

American Society of Plastic Surgeon. Fat Transfer Breast Augmentation-Breast Augmentation with Fat Grafting.
Breast Cancer.org. 2019. Fat Grafting.
The English National Health Service. 2019. Surgical Fat Transfer.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Apa Itu Suntik Botox?

Suntik botox adalah prosedur kecantikan untuk menghilangkan kerutan di wajah, menaikkan alis, Baca Selengkapnya...

Dermal Filler untuk Samarkan Kerutan di Wajah

Dermal filler dilakukan sesuai indikasi dan keinginan Anda, sehingga perlu berkonsultasi dengan Baca Selengkapnya...

Apa Itu Operasi Plastik?

Operasi plastik bisa dilakukan u/ memperbaiki cacat dan kekurangan pada fisik sekaligus memperbaiki Baca Selengkapnya...