Seorang dokter sedang menenangkan pasien yang didiagnosis kanker

Selasa, 14 Januari 2020

Berbagai Pilihan Pengobatan Kanker

Link Sehat - Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Data dari Global Cancer Observatory 2018 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan, kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah kanker payudara. Urutan kasus kanker terbanyak lainnya: kanker serviks, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker hati.

Saat ini telah banyak pilihan pengobatan kanker yang bisa Anda pilih. Pengobatan ini bertujuan untuk menghambat dan/atau membunuh sel-sel kanker, serta meningkatkan kualitas hidup Anda.

Mengenal istilah ‘remisi’ dan ‘relaps’ pada penderita kanker

Hal yang perlu diketahui adalah, seseorang dengan kanker tidak bisa dinyatakan sembuh. Istilah yang tepat adalah remisi. Remisi berarti penderita kanker sudah menjalani terapi dan hasil pengamatan menunjukkan bahwa di dalam tubuhnya sudah tidak terdapat sel-sel kanker. Istilah remisi jelas berbeda dengan sembuh total, karena Anda masih harus kontrol secara teratur dan menjalani hidup sehat.

Selain remisi, istilah yang juga sering digunakan dalam perjalanan pengobatan kanker adalah relaps, untuk menggambarkan kondisi kekambuhan kanker pasca pengobatan.

Oleh karena prinsip kesembuhan dalam kanker tidak sama dengan penyakit lainnya, maka tujuan pengobatan kanker dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Perawatan primer. Tujuannya untuk menghilangkan dan/atau membunuh sel-sel kanker dari dalam tubuh. Jenis perawatan primer yang paling banyak dilakukan adalah operasi, terapi radiasi, atau kemoterapi.
  • Pengobatan tambahan. Tujuannya untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tersisa setelah perawatan primer untuk mengurangi kemungkinan kanker akan kambuh. Pengobatan kanker apa pun dapat digunakan sebagai terapi tambahan, meliputi kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi hormon.
  • Perawatan paliatif dapat membantu meringankan efek samping dari perawatan, serta tanda dan gejala yang disebabkan karena pertumbuhan sel-sel kanker. Perawatan paliatif meliputi operasi, radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon. Perawatan paliatif dapat digunakan bersamaan dengan perawatan lain untuk menyembuhkan kanker Anda.

Terapi neoadjuvant dapat dilakukan, tetapi perawatan digunakan sebelum perawatan primer agar perawatan lebih mudah atau lebih efektif dijalankan.

Berbagai pilihan pengobatan kanker

Pilihan perawatan kanker Anda akan tergantung pada beberapa faktor, antara lain jenis dan stadium kanker, kondisi kesehatan, dan preferensi Anda. Bersama dengan dokter, Anda dapat menimbang manfaat dan risiko dari setiap pilihan perawatan kanker untuk menentukan mana yang terbaik.

Berikut ini pilihan pengobatan kanker yang bisa Anda jalani, yakni:

1. Operasi

Operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat sel-sel kanker dalam tubuh, terutama pada jenis kanker organ padat (bukan kanker darah) yang masih berada pada stadium awal. Selain membuang sel-sel kanker, operasi juga bertujuan untuk mencegah pertumbuhan tumor dan mengurangi gejala kanker.

Prosedur operasi akan disesuaikan dengan tujuan, jumlah jaringan yang diangkat, bagian tubuh yang dioperasi, dan kehendak Anda sebagai pasien.

2. Kemoterapi

Kemoterapidilakukan untuk meringankan gejala, mencegah penyebaran sel-sel kanker, sekaligus menghancurkan sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Metode ini bekerja dengan cara menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar energi berdaya tinggi, seperti sinar-X atau proton, untuk membunuh sel kanker. Perawatan radiasi dapat berasal dari mesin di luar tubuh Anda (radiasi sinar eksternal) atau ditempatkan di dalam tubuh (brachytherapy).

4. Imunoterapi

Imunoterapi, juga dikenal sebagai terapi biologis, menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan kanker. Kanker dapat bertahan hidup tanpa terkendali dalam tubuh Anda karena sistem kekebalan tubuh Anda tidak mengenalnya sebagai pengganggu. Imunoterapi dapat membantu sistem kekebalan Anda "melihat" kanker dan menyerangnya.

5. Terapi hormon

Beberapa jenis kanker dipicu oleh hormon di dalam tubuh Anda. Maka itu, salah satu cara mengatasi kanker adalah dengan menghilangkan dan/atau mencegah efek keberadaan hormon pemicu kanker dari dalam tubuh.

6. Terapi obat yang ditargetkan

Perawatan obat yang ditargetkan berfokus pada kelainan spesifik dalam sel kanker yang memungkinkan sel-sel tersebut untuk bertahan hidup.

7. Cryoablation

Cryoablation adalah teknik pembekuan jaringan yang cepat dengan mengalirkan cairan bersuhu dingin melalui jarum tipis seperti tongkat (disebut cryoprobe).

Selama cryoablation, cryoprobe dimasukkan melalui kulit Anda dan langsung ke tumor kanker. Gas dipompa ke dalam cryoprobe untuk membekukan jaringan. Kemudian jaringan dibiarkan mencair. Proses pembekuan dan pencairan diulang beberapa kali selama sesi perawatan yang sama untuk membunuh sel kanker.

8. Ablasi frekuensi radio

Perawatan ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan sel-sel kanker hingga mati. Selama ablasi frekuensi radio, dokter memandu jarum tipis melalui kulit atau melalui sayatan dan masuk ke jaringan kanker. Energi frekuensi tinggi melewati jarum dan menyebabkan jaringan di sekitarnya memanas dan membunuh sel-sel di dekatnya.

Jika Anda atau keluarga tercinta sedang menghadapi kanker dan membutuhkan rekomendasi/second opinion, hubungi Medical Consultant kami di sini. Kami bisa membantu proses pendaftaran dan booking konsultasi dengan dokter spesialis di rumah sakit dalam negeri dan luar negeri (Malaysia, Singapura, India dan Korea Selatan).

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Mayo Clinic. (2019). Patient care & health information. Tests & procedures. Cancer treatment.



Author Novi Sulistia Wati, S.KM Novi Sulistia Wati, S.KM
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Kemoterapi

Kemoterapi umumnya dilakukan untuk meredakan gejala yang dialami penderita kanker, termasuk membunuh Baca Selengkapnya...

Radioterapi

Radioterapi dapat digunakan pada hampir semua jenis kanker yang melibatkan organ padat.

Imunoterapi untuk Atasi Kanker

Terdapat beberapa tipe pengobatan imunoterapi yang telah disetujui untuk mengobati beberapa penyakit Baca Selengkapnya...