brow lift, pengecangan alis, linksehat, kavacare

Selasa, 28 November 2023

Brow Lift: Persiapan dan Prosedur

Apa Itu Brow Lift?

Brow lift atau pengencangan alis, adalah prosedur bedah kosmetik yang mengubah posisi dahi untuk menaikkan alis, mengurangi kerutan, dan membuat wajah secara keseluruhan tampak lebih muda. Hal ini juga dikenal sebagai pengencangan dahi atau peremajaan dahi. Brow lift umumnya dilakukan untuk memperbaiki penampilan dahi, alis, dan area di sekitar mata. Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan lunak dan kulit dahi serta alis.

Prosedur ini dapat dilakukan sendiri atau dilakukan bersamaan dengan prosedur wajah yang lain, seperti operasi kelopak mata atau pengencangan wajah Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh seputar tindakan brow lift di dalam atau luar negeri, layanan Medical Travel Facilitator KavaLink dari Kavacare siap membantu Anda. Hubungi Konsultan Medis profesional kami melalui Whatsapp di nomor 0857-8000-8707 dan mulai konsultasi gratis sekarang.

Kapan Membutuhkan Brow Lift?

Secara alami, penuaan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Ditambah dengan akumulasi efek kerusakan yang ditimbulkan sinar matahari pada kulit,kulit dan jaringan lunak wajah kehilangan kemampuan untuk kembali ke tempatnya, termasuk di daerah sekitar mata. Garis kerutan dapat muncul di kulit antara kedua alis yang membuat wajah seseorang terlihat serius atau marah. Bagian luar alis pun dapat terlihat turun sehingga wajah tampak sedih atau lelah. Bila Anda ingin memperbaiki perubahan alami yang terjadi pada wajah Anda ini, brow lift dapat menjadi pilihan prosedur yang tepat untuk Anda.

Singkatnya, brow lift dapat membantu memperbaiki masalah yang timbul di wajah Anda, seperti:

-        Mengurangi garis kerut yang muncul secara horizontal di dahi, serta yang muncul di pangkal hidung di antara kedua mata.

-        Memperbaiki garis kerutan yang berupa lipatan vertikal di antara kedua alis.

-        Menaikkan alis kendur atau menurun yang menutupi kelopak mata atas.

-        Menempatkan alis dalam posisi waspada dan awet muda.

Persiapan Sebelum Brow Lift

Awalnya, Anda akan berbicara dengan ahli bedah plastik wajah atau ahli bedah plastik tentang pengencangan alis. Selama kunjungan pertama Anda, dokter bedah Anda kemungkinan akan:

-        Tinjau riwayat kesehatan Anda. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang kondisi medis saat ini dan masa lalu. Bicarakan tentang obat apa pun yang Anda konsumsi atau baru saja Anda konsumsi, serta operasi apa pun yang pernah Anda jalani. Beritahu dokter bedah Anda jika Anda alergi terhadap obat apa pun.

-        Lakukan pemeriksaan fisik. Untuk menentukan pilihan pengobatan Anda, dokter bedah Anda akan memeriksa dan mengukur berbagai bagian wajah Anda dengan mata terbuka dan tertutup. Foto mungkin diambil untuk rekam medis Anda.

-        Diskusikan harapan Anda. Jelaskan mengapa Anda menginginkan pengencangan alis, dan bagaimana Anda ingin merawatnya setelah prosedur tersebut. Pastikan Anda memahami manfaat dan risikonya.

Sebelum melakukan pengencangan alis, Anda mungkin juga perlu:

-        Berhenti merokok. Merokok menurunkan aliran darah di kulit dan dapat memperlambat proses penyembuhan. Jika Anda merokok, berhentilah merokok sebelum operasi dan selama pemulihan.

-        Hindari obat-obatan tertentu. Anda mungkin harus menghindari penggunaan aspirin, obat antiinflamasi, dan suplemen herbal, yang dapat meningkatkan pendarahan.

-        Atur bantuan selama pemulihan. Buatlah rencana bagi seseorang untuk mengantar Anda pulang setelah Anda meninggalkan rumah sakit dan menemani Anda setidaknya selama malam pertama pemulihan Anda di rumah.

Bagaimana Prosedur Brow Lift?

Teknik pengencangan alis bervariasi tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Teknik spesifik yang dipilih dokter bedah akan menentukan lokasi sayatan dan bekas luka yang dihasilkan.

Dokter bedah mungkin menggunakan salah satu teknik berikut:

Pengangkatan Alis Endoskopi

Dalam prosedur ini, beberapa sayatan kecil dibuat di belakang garis rambut. Sebuah tabung tipis panjang dengan lampu dan kamera kecil dipasang di ujungnya dimasukkan melalui salah satu sayatan untuk melihat otot dan jaringan di bawahnya. Dengan menggunakan instrumen yang dimasukkan melalui sayatan lain, ahli bedah mengangkat jaringan dahi dan mengikatnya dengan jahitan, sekrup kecil, atau teknik lain. Sayatan kemudian ditutup dengan jahitan atau klip kecil.

Pengangkatan Alis Sementara

Prosedur ini dilakukan melalui sayatan kecil tepat di belakang garis rambut dekat pelipis.

Pengangkatan Alis Langsung

Prosedur ini dilakukan dengan membuang kulit di atas alis. Pengencangan alis langsung biasanya dilakukan pada orang dengan alis lebat. Ini juga merupakan operasi yang lebih singkat dan dapat dilakukan dengan anestesi lokal, yang hanya membuat sebagian tubuh mati rasa.

Pengangkatan Alis Koronal

Prosedur ini melibatkan pembuatan sayatan di belakang garis rambut di bagian atas kepala, dari telinga ke telinga, atau terutama di bagian atas kepala. Kemudian dahi diangkat ke posisi barunya, dengan kulit kepala di depan sayatan tumpang tindih dengan kulit kepala di belakangnya. Kulit kepala yang tumpang tindih kemudian dihilangkan, dan sisa kulit kepala dijahit menjadi satu. Teknik ini biasanya tidak dilakukan pada orang yang memiliki garis rambut tinggi, rambut tipis, atau orang yang cenderung mengalami kerontokan rambut.

Pengangkatan Alis Garis Rambut

Untuk prosedur ini, sayatan dibuat antara bagian atas dahi dan awal garis rambut. Sejumlah kecil kulit dan jaringan dihilangkan dari bagian atas dahi, bukan dari kulit kepala Anda. Ini dapat memperbaiki garis rambut yang tinggi. Pengangkatan alis garis rambut sering kali digunakan jika seseorang memiliki garis rambut yang tinggi dan surut. Namun, bekas luka mungkin terlihat di sepanjang garis rambut, bergantung pada lokasi sayatan, penyembuhan bekas luka, dan gaya rambut.

Perawatan Pasca-Prosedur

Setelah pengencangan alis, dahi Anda mungkin dibalut dengan longgar untuk meminimalkan pembengkakan. Sebuah tabung kecil mungkin dipasang di sepanjang lokasi sayatan untuk mengalirkan kelebihan darah atau cairan.

Dokter akan memberi Anda petunjuk spesifik tentang cara merawat sayatan Anda. Dalam beberapa hari pertama setelah pengencangan alis:

·       Beristirahatlah dengan kepala terangkat dan minum obat pereda nyeri seperti yang direkomendasikan oleh penyedia Anda.

·       Oleskan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan.

·       Hindari membuat sayatan Anda terkena tekanan atau gerakan berlebihan.

·       Saat sayatan Anda sembuh, Anda mungkin mengalami rasa gatal dan mati rasa, yang kemungkinan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika sayatan Anda dibalut perban, kemungkinan besar sayatan tersebut akan dilepas dalam 1 hingga 3 hari. Jahitan biasanya akan dilepas dalam waktu 7 hingga 10 hari setelah operasi.

Tanyakan kepada dokter kapan boleh melanjutkan aktivitas sehari-hari, seperti mencuci dan mengeringkan rambut serta mandi. Ingatlah bahwa pembengkakan bisa berlangsung beberapa minggu. Garis sayatan akan memudar seiring waktu. Anda mungkin menggunakan riasan untuk menyembunyikan memar yang berkepanjangan.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
  1. Brow Lift | American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/brow-lift. Diakses 31 Agustus 2023.
  2. Brow lift - Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/brow-lift/about/pac-20393257. Diakses 31 Agustus 2023.

 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)


Author Tim Kavacare Tim Kavacare

Nilai Artikel Ini