Cara Berobat ke Penang Saat Pandemi

Selasa, 12 Januari 2021

Cara Berobat ke Penang Saat Pandemi

Jika Anda harus segera berobat ke Penang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait aturan selama masa pandemi COVID-19. Lalu, bagaimana cara berobat ke Penang selama pandemi COVID-19? Simak informasi selengkapnya di sini.

Kebijakan RMCO

Negara Malaysia sempat memutuskan untuk lockdown guna mencegah penyebaran COVID-19. Pemerintah setempat mengumumkan bahwa masa Recovery Movement Control Order (RMCO) dimulai dari 10 Juni hingga Agustus 2020, namun diperpanjang hingga 31 Desember 2020.

RMCO adalah fase pemulihan yang diberlakukan setelah Movement Control Order (MCO). RMCO mirip seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di Indonesia. Pemerintah Malaysia menerapkan RMCO untuk memungkinkan lebih banyak bisnis yang dibuka kembali dan memungkinkan perjalanan antar negara bagian.

Warga negara asing (WNA) diperbolehkan untuk masuk Malaysia selama masa RMCO. Namun, ada banyak aturan kebijakan terkait pencegahan COVID-19 yang harus Anda jalani, termasuk surat izin masuk Malaysia.

Cara Berobat ke Penang Selama Pandemi

Untungnya, pemerintah setempat mulai melonggarkan lockdown di Malaysia untuk kepentingan berobat yang mulai berjalan efektif sejak 1 Juli 2020. Meskipun begitu, ada beberapa peraturan khusus selama pandemi yang harus Anda ketahui sebelum berobat ke Malaysia.

Sebelum Berangkat ke Malaysia

  • Pasien menghubungi rumah sakit terkait atau melalui LinkSehat dengan menghubungi WhatsApp kami di 0858 9000 8500 untuk mencarikan dokter yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.
  • Data hasil pemeriksaan sebelumnya atau resume medis lengkap pasien akan dikirimkan kepada pihak rumah sakit. Ini khusus untuk rumah sakit yang terdaftar di Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).
  • Rumah sakit akan menghubungi MHTC dan imigrasi untuk memperolehapproval letter, yaitu surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis.
  • Jika disetujui, makaapproval letterakan dikirimkan kepada pasien secara langsung atau melalui Link Medis Sehat yang akan diteruskan kepada pasien.
  • Jika diperlukan, ajukan visa untuk pasien dan pendamping. Pasien dewasa hanya boleh datang bersama 1 orang pendamping. Sedangkan pasien anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh darang maksimal bersama 2 orang pendamping.
  • Memesan private jet atau air ambulance dengan estimasi harga 23,000 USD yang sudah dilengkapi dengan medical support/team.
  • Melakukan tes PCR COVID-19 pertama maksimal 3 hari sebelum keberangkatan yang dihitung dari tanggal pemeriksaan. Tes PCR dilakukan di rumah sakit atau lab yang telah ditunjuk oleh MHTC.Untuk Kota Jakarta, Anda bisa melakukan tes PCR di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Rumah Sakit Mitra Keluarga. Sementara untuk Kota Surabaya, Anda bisa melakukan tes PCR di Permata Hati, National Hospital, dan Rumah Sakit Premier Surabaya.

Saat Kedatangan di Malaysia

  • Pasien dan pendamping akan disambut oleh perwakilan dari Malaysia Healthcare. Syarat yang diperlukan saat pasien sampai di Malaysia yaitu: (1) Salinan paspor pasien dan pendamping dengan masa berlaku 6 bulan, (2)Visa pasien dan pendamping bila diperlukan, (3)Hasil tes PCR COVID-19 pertama pasien dan pendamping, (4)Surat rujukan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit anggota MHTC, dan (5)Surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis atauapproval letterdari MHTC.
  • Pasien akan diantar ke rumah sakit untuk melakukan pendaftaran.
  • Tes PCR COVID-19 kedua dilakukan di rumah sakit untuk pasien dan pendamping. Biaya tes setiap orang sekitar RM500.
  • Pasien dan pendamping wajib melakukan karantina selama 14 hari di rumah sakit. Setiap rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing. Ada rumah sakit yang harus deposit sekitar RM10,000 atau paket 14 hari RM3,000.
  • Tes PCR COVID-19 ketiga dilakukan pada hari ke-13 masa isolasi.
  • Karantina dihitung sejak hari perawatan pertama.
  • Setelah selesai karantina dan menjalani pengobatan, pasien diperbolehkan pulang ke negara asal.
  • Aturan kepulangan disesuaikan dengan negara asal pasien.

Mitra Rumah Sakit di Penang

Berikut ini rekomendasi rumah sakit di Penang yang menyediakan layanan dengan fasilitas terbaik dan merupakan mitra LinkSehat:

  • Gleneagles Hospital Penang
  • Island Hospital
  • Mount Miriam Cancer Hospital
  • Pantai Hospital Penang

Penginapan di Penang

Saat berobat di Penang, usahakan untuk memilih hotel yang paling dekat dengan rumah sakit demi kenyamanan Anda selama menjalani pengobatan dan menghemat biaya.

Sangat direkomendasikan untuk memilih hotel berbintang dengan fasilitas mumpuni, seperti Vouk Hotel Suites di dekat Gleneagles Hospital Penang, Penang Homes LG di dekat Mount Miriam Cancer Hospital, dan Olive Tree Hotel Penang di dekat Pantai Hospital Penang.

Transportasi di Penang

Pusat kota Penang berukuran kecil, tapi tersedia berbagai moda transportasi umum, mulai dari becak hingga bus antar jemput gratis, bus kota, dan taksi. Anda bisa dengan mudah menemukan taksi. Pastikan Anda sudah menyetujui harga sebelum naik taksi, karena beberapa taksi tidak menggunakan argo.

Layanan Gratis Medical Assistant di LinkSehat

LinkSehat menyediakan layanan gratis medical assistance, bagi Anda yang ingin berobat ke Malaysia, Singapura, India, Korea Selatan atau di Indonesia. Berikut ini caranya:

  • Kunjungi situs assist.linksehat.com atau hubungi WhatsApp 0858 9000 8500
  • Pilih Malaysia sebagai lokasi pengobatan
  • Lalu cari rumah sakit unggulan di Malaysia
  • Pilih tipe fasilitas kesehatan, yaitu rumah sakit atau klinik
  • Pilih fasilitas, seperti transplantasi sumsum tulang, cath lab, MRI, dan lainnya
  • Kemudian pilih fasilitas kesehatan yang tersedia di Penang
  • Saat masuk ke dalam halaman profil fasilitas kesehatan, klik ‘Buat Janji’
  • Isi identitas lengkap Anda, termasuk nama, email, nomorhandphone, tanggal lahir, dan jenis kelamin
  • Tulis pertanyaan atau keluhan Anda di kolom yang tersedia
  • Setelah itu, klik ‘Kirim’

Konfirmasi jadwal pemeriksaan akan segera dikirimkan oleh LinkSehat. Selain membuat janji dokter, LinkSehat juga membantu Anda untuk booking paket medical check up, menghitung perkiraan biaya pengobatan di dalam dan luar negeri, dan mencari dokter dan rumah sakit di dalam dan luar negeri sesuai kondisi Anda. Download LinkSehat sekarang atau Anda dapat menghubungi HelpDesk kami dengan menghubungi WhatsApp 0858 9000 8500

Alasan Orang Indonesia Berobat ke Penang

Bagi Anda yang punya rencana berobat di luar negeri, ini beberapa alasan mengapa banyak orang memilih berobat di Penang:

1. Tersedia Banyak Penerbangan

Penang mudah diakses melalui penerbangan harian dari Bandara Internasional Penang yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Di Indonesia sendiri, penerbangan yang tersedia yakni dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya.

2. Biaya Lebih Terjangkau

Dilansir dalamThe Rakyat Post(TRP),Anda bisa menghemat antara 65% hingga 80% biaya medis dengan berobat di Malaysia. Saat ini sekitar 60% turis medis Indonesia memilih Malaysia sebagai destinasi pengobatan. Ini menunjukkan bahwa pengobatan di Malaysia lebih terjangkau.

3. Mudah Berkomunikasi dengan Dokter

Ada banyak kesamaan antara bahasa Melayu dan Indonesia, sehingga memudahkan Anda yang berobat ke sana. Bahkan sejumlah rumah sakit di Malaysia memiliki penerjemah bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Belanda, Norwegia, Rusia, dan lainnya.

4. Banyak Destinasi Wisata

Penang adalah pesisir dengan pulau tropis, sehingga ada banyak pantai indah di sana untuk bersantai, banyak jalur pendakian, dan pusat perbelanjaan. Penang juga terkenal dengan wisata kulinernya yang memanjakan lidah.

UPDATE:

Saat ini Anda sudah bisa berobat ke PenangHubungi kami melalui WhatsApp 0858 9000 8500 untuk bertanya perihal berobat ke Penang saat pandemi. Dapatkan rekomendasi dokter dan Rumah Sakit, perkiraan biaya berobat, dan buat janji temu dengan dokter.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by Tim LinkSehat Tim LinkSehat

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Panduan Berobat di Malaysia selama Pandemi COVID-19

Pemerintah mulai melonggarkan lockdown untuk kepentingan berobat yang sudah mulai berjalan efektif Baca Selengkapnya...

Panduan Berobat ke Luar Negeri Kala Pandemi

Banyak faktor yang memengaruhi keputusan seseorang untuk berobat ke luar negeri. Ada yang beralasan Baca Selengkapnya...

Perkiraan Biaya Berobat ke Malaysia

Jika sedang menyiapkan diri berobat ke Malaysia, Anda tentu sudah tahu kalau sejak 1 Juli 2020, Baca Selengkapnya...