Cara Mengobati dan Mencegah Cantengan

Selasa, 16 Februari 2021

Cara Mengobati dan Mencegah Cantengan

Cantengan adalah kondisi umum di mana ujung atau sisi kuku tumbuh ke dalam daging yang lembut. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan terkadang infeksi, serta biasanya akan memengaruhi jempol kaki Anda.

Penyakit cantengan biasanya dapat dirawat sendiri. Jika rasa sakitnya parah atau menyebar, dokter akan mengambil langkah-langkah tertentu untuk meredakan rasa tidak nyaman dan membantu menghindari komplikasi akibat cantengan.

Jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah ke kaki menjadi buruk, kemungkinan Anda berisiko lebih besar mengalami komplikasi akibat cantengan.

Cara Mengobati Cantengan di Rumah

Untuk mencegah infeksi, penting untuk merawat kuku kaki yang cantengan. Kasus cantengan ringan mungkin memerlukan perawatan ringan dengan pengobatan rumahan. Sedangkan kasus yang serius mungkin memerlukan pembedahan. Berikut ini langkah-langkah mengobati cantengan di rumah yang bisa Anda coba:


1. Rendam kaki dalam air sabun yang hangat

Merendam kaki yang cantengan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri. Anda dapat merendam kaki di dalam air sabun yang hangat sebanyak tiga kali sehari selama 20 menit setiap merendam. Anda dapat menggunakan sabun kastil atau menambahkan garam Epsom ke dalam air untuk memberikan kenyamanan ekstra.


2. Rendam kaki dalam cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat tradisional, termasuk untuk mengobati cantengan. Diyakini memiliki kemampuan antiseptik, anti-inflamasi, dan pereda nyeri, meskipun bukti ilmiah masih terbatas.

Untuk mencoba metode ini, siapkan satu baskom berisi air hangat yang dikombinasikan dengan 1/4 cangkir cuka sari apel. Kemudian rendam kaki yang cantengan selama 20 menit setiap hari. Setelah itu keringkan kaki Anda secara menyeluruh setelah direndam.


3. Bungkus area cantengan dengan benang gigi atau kapas

Tempatkan kapas atau benang gigi di bawah kuku kaki Anda. Setelah merendam kaki, letakkan kapas atau benang gigi yang telah di-wax di bagian bawah tepi kuku yang tumbuh ke dalam. Ini akan membantu kuku tumbuh di atas tepi kulit. Namun tidak semua dokter setuju mengenai metode ini.


4. Oleskan salep antibiotik

Menggunakan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Oleskan salep ke kuku kaki yang cantengan sesuai petunjuk yang tertera di kemasan, biasanya dioleskan tiga kali sehari. Salep ini termasuk Neosporin, Polysporin, dan Bactroban. Pastikan untuk membalut kuku kaki setelah salep atau krim diaplikasikan.


5. Kenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman

Sepatu dan kaus kaki yang terlalu ketat bisa membuat jari kaki sesak. Ini merupakan penyebab utama cantengan. Untuk membantu mencegah cantengan semakin memburuk, kenakan sepatu dan kaus kaki yang pas, tetapi tetap menyisakan ruang yang cukup di ujung jari kaki. Selama proses penyembuhan, hindari menggunakan sepatu. Sebisa mungkin kenakan sandal untuk meminimalisir tekanan pada kuku kaki.


6. Gunakan pelindung jari kaki

Pelindung jari kaki menyediakan penghalang bantalan untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Pelindung jari kaki tersedia seperti cincin yang dipasang di sekitar area yang terkena atau sebagai penutup seluruh jari kaki.

Beberapa merek pelindung jari kaki dilengkapi dengan obat gel untuk membantu melembutkan kuku kaki agar mudah dipotong. Gunakan perawatan sesuai petunjuk sampai Anda sembuh dari cantengan.


7. Gunakan penjepit jari kaki

Toe braceatau penjepit kaki biasanya terbuat dari bahan komposit tipis dan dilengkapi perekat sehingga bisa direkatkan ke bagian atas jari kaki. Alat ini berfungsi untuk membantu melindungi kulit Anda dari kuku yang tajam dan tumbuh ke dalam, serta mengangkat tepi kuku saat kuku Anda tumbuh.


8. Pertimbangkan untuk mencabut kuku

Jika cantengan tidak membaik dengan pengobatan rumahan, mungkin diperlukan pengangkatan sebagian atau seluruh kuku. Dokter akan mengangkat bagian tepi kuku, dasar kuku, atau bagian tengah lempeng pertumbuhan menggunakan anestesi lokal.


Pilihan Pengobatan Cantengan

Dokter dapat mendiagnosis cantengan berdasarkan gejala, serta pemeriksaan fisik kuku dan kulit di sekitarnya. Jika pengobatan rumahan tidak mampu mengatasi cantengan, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan antibiotik topikal atau oral, terutama jika jari kaki terinfeksi atau berisiko terinfeksi.

Selain itu dokter mungkin merekomendasikan pilihan pengobatan lainnya, seperti:


1. Mengangkat kuku

Untuk kuku yang sedikit tumbuh ke dalam dengan gejala kemerahan dan nyeri tanpa nanah, dokter mungkin dengan hati-hati mengangkat tepi kuku yang tumbuh ke dalam dan meletakkan kapas, benang gigi, atau belat di bawahnya. Ini berguna untuk memisahkan kuku dari kulit di atasnya dan membantu kuku tumbuh di atas tepi kulit. Rendam jari kaki dan mengganti bahannya setiap hari.


2. Mencabut sebagian kuku

Untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam dengan kondisi lebih parah serta gejala kemerahan, nyeri, dan keluar nanah, dokter mungkin akan memotong atau mengangkat bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Sebelum prosedur ini dilakukan, dokter mungkin akan membius jari kaki Anda untuk sementara waktu dengan suntikan anestesi.


3. Mengangkat kuku dan jaringan

Jika Anda mengalami masalah berulang kali pada jari kaki yang sama, dokter mungkin menyarankan pengangkatan sebagian kuku bersama dengan jaringan di bawahnya. Prosedur ini dapat mencegah bagian kuku Anda tumbuh kembali. Dokter akan menggunakan bahan kimia, laser, atau metode lain.


Cara Mencegah Cantengan

Ikuti cara mencegah cantengan di bawah ini:


1. Potong kuku kaki dengan lurus

Jangan potong melengkung kuku kaki Anda agar sesuai dengan bentuk bagian depan jari kaki. Jika Anda telah melakukan perawatan kuku kaki di salon, pastikan untuk memberi tahu ahli pedikur untuk memotong kuku Anda secara lurus. Jika memiliki kondisi yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki dan Anda tidak dapat memotong kuku, temui ahli penyakit kaki secara teratur untuk memotong kuku kaki Anda.


2. Pertahankan kuku kaki dengan panjang sedang

Potong kuku kaki sehingga sejajar dengan ujung jari kaki Anda. Jika Anda memotong kuku kaki terlalu pendek, tekanan dari sepatu pada jari kaki dapat mengarahkan kuku untuk tumbuh ke dalam jaringan dan menyebabkan cantengan.


3. Kenakan sepatu dengan ukuran yang pas

Sepatu yang terlalu sempit akan menekan jari kaki atau menjepitnya dapat menyebabkan cantengan. Sebab itu, berhati-hatilah saat membeli dan memakai sepatu.


4. Kenakan alas kaki pelindung

Jika pekerjaan Anda berisiko melukai jari kaki Anda, kenakan alas kaki pelindung.


5. Rutin memeriksa kaki

Jika Anda menderita diabetes, periksa kaki Anda setiap hari untuk mencari gejala cantengan atau masalah kaki lainnya.

Cantengan berisiko menyebabkan komplikasi serius pada beberapa orang. Temui dokter jika Anda mengalami cantengan dan Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan sirkulasi yang buruk. Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Flat Feet, Telapak Kaki Rata yang Bikin Nyeri

Flat feet adalah keadaan dimana lengkung pada telapak kaki tidak ada atau telapak kaki datar.

Sindrom Kaki Gelisah Saat Tidur pada Anak, Normalkah?

Anak yang mengidap sindrom kaki gelisah memiliki perasaan tidak nyaman pada kaki mereka ketika Baca Selengkapnya...