Chest Tube Thoracostomy, Prosedur Pemasangan Selang Dada

Rabu, 08 Januari 2020

Chest Tube Thoracostomy, Prosedur Pemasangan Selang Dada

Link Sehat - Chest tube thoracostomy adalah prosedur pemasangan selang dada untuk mengalirkan cairan atau udara (pneumothorax)  yang berlebihan  di celah paru (rongga pleura).

Siapa yang perlu menjalani chest tube thoracostomy?

Anda dianjurkan untuk menjalani chest tube thoracostomy jika mengalami kelainan rongga pleura. Di antaranya akibat terisi oleh nanah, darah, cairan plasma, atau udara. Rongga pleura semestinya hanya berisi 10-20 cc cairan pleura. Jika jumlahnya berlebih, fungsi kerja paru menjadi terhambat.

Bagaimana prosedur pemasangan chest tube thoracostomy?

Anda perlu menjalani foto rontgen dada, cek darah, dan pemeriksaan fisik sebelum operasi. Selama pemasangan chest tube thoracostomy, Anda akan diposisikan setengah duduk dan diberikan obat bius lokal. 

Kulit akan disayat sekitar 2 cm hingga ke lapisan pleura, kemudian selang dimasukkan ke rongga pleura. Selang disambungkan dengan selang lain dan harus dalam keadaan terendam air.

Setelah tindakan selesai, luka akan dijahit dan ditutup dengan kasa steril. Selanjutnya, selang diplester ke tubuh agar tidak tercabut.

Chest tube thoracostomy dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Bagaimana pemulihan pasca chest tube thoracostomy?

Setelah cairan, darah, atau udara dialirkan telah habis, chest tube thoracostomy dapat dilepas. Namun jika cairan, nanah, atau udara tidak kunjung habis, kemungkinan Anda memerlukan tindakan perawatan lebih lanjut.

Saat pelepasan chest tube thoracostomy, jahitan pada bekas sayatan akan ditinggalkan hingga luka sembuh. Setelah 1-2 minggu, jahitan boleh dilepas. 

Sebaiknya Anda mengawasi apakah bekas jahitan merah dan terasa nyeri. Jika gejala tersebut muncul, sebaiknya Anda segera temui dokter.

Di mana chest tube thoracostomy dapat dilakukan?

Sebagian prosedur pemasangan chest tube thoracostomy merupakan tindakan darurat, sehingga dapat dikerjakan di IGD. Anda bisa menghubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan Rumah Sakit di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait prosedur chest tube thoracostomy.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Medical News Today. Chest tube insertion: Procedure, complications, and removal.
Medscape
. Drugs & diseases. Clinical Procedures. Tube thoracostomy.
NCBI. (2019). Physiology, Pleural Fluid.



Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Pleuritis

Pleuritis akan menyebabkan rasa nyeri di daerah dada, terutama saat ada pergerakan yang melibatkan Baca Selengkapnya...