berobat di india, pengobatan di india, linksehat, kavacare

Rabu, 17 Mei 2023

Daftar Layanan Pengobatan Unggulan di India

India dikenal dengan negara yang masih menjunjung tinggi budaya dan tradisi serta bidang entertainment yang mendunia. Selain itu, wisata India juga digemari banyak wisatawan mancanegara untuk mengunjungi negara tersebut. Namun, India juga sering dijadikan sebagai pilihan warga asing sebagai tempat pengobatan.

Negara dengan penduduk terbanyak kedua di dunia ini memiliki pusat layanan kesehatan. India mempunyai 10 terbaik lembaga kanker yang menyediakan pengobatan kanker terbaik. Selain itu, biaya pengobatan yang terjangkau menyebabkan layanan pengobatan unggulan India menjadi tujuan pengobatan warga lokal maupun luar negeri.

Jika Anda tertarik untuk berobat ke India, layanan Medical Assistance KavaLink dari Kavacare siap membantu Anda. Hubungi Konsultan Medis profesional kami melalui Whatsapp di nomor 0857-8000-8707 dan mulai konsultasi gratis sekarang.

 

India sebagai Tujuan Berobat Unggulan

Selain pengobatan kanker, layanan pengobatan unggulan India lainnya yakni transplantasi organ dengan biaya yang terjangkau. Negara ini telah memiliki lebih dari 36 rumah sakit yang bersertifikat Joint Commission International (JIC) dan diakui kualitasnya oleh dunia.

Perawatan kesehatan di India telah meningkat pesat selama bertahun-tahun. Pemerintah telah melakukan investasi besar dalam sistem perawatan kesehatan, meningkatkan kualitas perawatan, serta memperluas akses ke perawatan medis. Tenaga kesehatan di India memiliki standar yang setara dengan tenaga medis di negara-negara maju seperti di Amerika Serikat. India juga berinvestasi dalam teknologi baru, seperti telemedicine dan tele-education guna meningkatkan akses ke layanan kesehatan.

Biaya yang terjangkau juga menjadi daya tarik warga lokal maupun luar negeri untuk memilih India sebagai tempat pengobatan. Dibandingkan dengan negara Amerika dan Eropa, India memiliki biaya pengobatan yang lebih murah dengan kualitas tingkat internasional, sehingga tidak kalah dengan negara-negara maju lainnya.

Daftar Layanan Pengobatan Unggulan di India

Beberapa layanan medis unggulan yang disediakan di India antara lain:

Transplantasi Organ

India merupakan salah satu negara terkemuka di dunia untuk transplantasi organ, dengan lebih dari 200.000 transplantasi berhasil dilakukan sejak pertama dilakukan pada tahun 1994. Pemerintah India telah menerapkan sejumlah langkah guna memastikan donasi dan transplantasi organ yang etis dan aman, termasuk pembentukan National Organ and Tissue Transplant Organization (NOTTO) untuk mengawasi proses, memberikan panduan dan dukungan. Beberapa organ yang sering ditransplantasikan yaitu liver, ginjal, jantung, dan paru-paru.

Layanan Jantung

Layanan pengobatan unggulan India lainnya yaitu layanan jantung atau kardiovaskular. Layanan ini muncul setelah adanya krisis kesehatan jantung masyarakat India, dimana 35 hingga 45 persen kematian di India disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Pemerintah India menaruh perhatian besar untuk mengurangi angka kematian kardiovaskular dengan memajukan sektor kesehatan, terutama pada bidang kardiovaskular.

Layanan Ortopedi

India memiliki pusat ortopedi khusus bagi warga lokal maupun luar negeri yang berkualitas internasional. Selain itu, pemerintah setempat juga meningkatkan akses ke perawatan medis untuk masalah patah tulang, penggantian sendi serta masalah tulang belakang. Untuk meningkatkan salah satu layanan pengobatan unggulan India ini, pemerintah juga terus menambah jumlah ahli ortopedi guna menjangkau seluruh pasien dalam dan luar negeri. India juga cukup popular sebagai tujuan untuk melaksanakan prosedur limb lengthening.

Layanan Fisioterapi

Layanan fisioterapi di India dilengkapi dengan fisioterapis profesional yang sangat terlatih guna mengidentifikasi akar penyebab kondisi gangguan kesehatan, serta membantu membuat rencana perawatan guna mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, perawatan fisioterapi di India juga berfokus pada perawatan pencegahan dan pendidikan pasien, serta membantu mengurangi kemungkinan cedera di masa mendatang.

Layanan Pengobatan Kanker

Dalam menangani penyakit kanker, negara India telah membuat kemajuan dalam penelitian kanker dan pengembangan perawatan, obat-obatan, serta teknologi baru. Selain itu, tersedia dokter spesialis yang siap membantu pasien dalam mengatasi dan menyembuhkan kanker dengan standar layanan internasional. India sendiri merupakan rumah untuk beberapa rumah sakit spesialis kanker ternama yang menjadi tujuan pengobatan pasien dalam maupun luar negeri.

Estimasi Biaya Pengobatan di India

Berikut perkiraan biaya pengobatan di India, dengan catatan bahwa biaya bisa berubah sewaktu-waktu bergantung layanan medis dan kurs yang ada.

Tindakan

Estimasi Biaya dalam Rupee

Estimasi Biaya dalam Rupiah

Pengobatan Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih

Mulai dari 600 - 7700

Mulai dari Rp 113.234 - Rp 1.459.390

Pengobatan Penyakit Kardiovaskular

Mulai dari 70000 - 880000

Mulai dari Rp 13.267.187 - Rp 166.787.500

Pengobatan Batu Empedu

Mulai dari 21800 - 317000

Mulai dari Rp 4.131.781 - Rp 60.081.406

Pengobatan Katarak

Mulai dari 8000 - 184000

Mulai dari Rp 1.516.250 - Rp 34.873.750

Pengobatan Angioplasti

Mulai dari 45000 - 550000

Mulai dari Rp 8.528.906 - Rp 104.242.188

 

Rekomendasi Rumah Sakit untuk Pengobatan Unggulan di India

India memiliki banyak rumah sakit yang menyediakan layanan unggulan. Berikut daftar rumah sakit dengan layanan unggulan tersebut:

Narayana Hospital India

Narayana Hospital telah mendapatkan akreditasi JCI dan diakui secara internasional. Tersedia 5.859 tempat tidur operasional dengan menyediakan 6 pusat layanan jantung, 19 fasilitasi perawatan primer serta dokter spesialis yang ahli di bidangnya. Tersedia juga layanan bahasa Inggris untuk mempermudah pasien luar negeri untuk dapat berkomunikasi dan mendapatkan fasilitas kesehatan. Rumah sakit ini memiliki lebih dari 30 spesialisasi, termasuk Bedah Jantung, Ortopedi, Gastroenterologi, Perawatan Kanker dan Neurologi.

Apollo Hospital India

Apollo Hospital India merupakan salah satu rumah sakit swasta yang menyediakan lebih dari 12.000 tempat tidur dan lebih dari 120 dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan pasien dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini, Apollo Hospital telah mendapat kepercayaan lebih dari 150 juta pasien dari 140 negara. Rumah sakit ini memiliki beberapa spesialisasi dan pusat kesehatan terpadu, seperti Apollo Cancer Centre, Kardiovaskular, bedah saraf, Transplant Institute dan Ortopedi.

Medanta The Medicity

Layanan pengobatan unggulan India lainnya yakni Medanta The Medicity yang telah mendapat akreditasi internasional JCI. Hingga saat ini, tersedia lebih dari 2.467 tempat tidur pasien dengan memberikan perawatan end-to-end yang canggih dan terjangkau. Rumah sakit ini dilengkapi teknologi canggih dan dipadukan dengan kemajuan perawatan kesehatan. Tersedia layanan internasional bagi pasien luar negeri, sehingga pasien tidak terkendala bahasa. Beberapa spesialisasi di rumah sakit ini seperti pusat layanan jantung, pusat layanan kanker, urologi, transplantasi hati dan transplantasi paru-paru.

Breach Candy Hospital India

Rumah sakit swasta di India ini telah melayani pasien lebih dari 50 tahun dengan dokter dan tenaga medis ahli di bidangnya. Breach Candy Hospital telah mendapatkan pengakuan nasional sebagai pemimpin dalam kardiologi intervensi dan diakui secara internasional melalui akreditasi JCI. Beberapa spesialisasi yang tersedia adalah gastrologi, kardiovaskular, transplantasi organ, pusat layanan ginjal dan neurologi.

Fortis Hospital India

Fortis Hospital merupakan rumah sakit swasta dari jaringan rumah sakit Fortis Healthcare Limited (FHL). Berpusat di Gurgaon, jaringan ini memiliki 27 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh India. Spesialisasi unggulannya antara lain pusat kardiovaskular, gastroenterologi, hematologi, nefrologi, neurologi, dan onkologi.

Konsultasi Gratis untuk Berobat di India

Berobat ke negara lain memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi serta kendala bahasa dan waktu. Selain itu, Anda juga perlu mengatur akomodasi selama melakukan pengobatan di negara tujuan. Untuk Anda yang ingin berobat ke India, Kavacare menyediakan layanan konsultasi gratis, cepat dan tepat.

Layanan Medical Assistance KavaLink akan membantu Anda mendapatkan informasi lengkap dan terbaru mengenai apa saja yang Anda butuhkan untuk berobat ke India, termasuk: Rumah sakit terbaik di India sesuai dengan kondisi kesehatan dan Anda

  •          Rumah sakit terbaik di India sesuai dengan kondisi kesehatan dan budget Anda
  •          Pengaturan janji temu dengan dokter di rumah sakit tujuan
  •          Pengurusan akomodasi dan transportasi yang dibutuhkan selama pengobatan
  •          Penghitungan estimasi biaya yang diperlukan selama pengobatan di India.

Layanan ini sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali berobat ke luar negeri atau untuk Anda yang memiliki waktu terbatas dan ingin mendapat pengobatan terbaik di India. Konsultasi KavaLink gratis dan tidak akan menambah beban biaya pengobatan Anda.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

1.    Narayana Health https://www.narayanahealth.org/about-us diakses 9 Desember 2022

2.    Apollo Hospitals https://www.apollohospitals.com/departments/ diakses 9 Desember 2022

3.    Medanta https://www.medanta.org/about/ diakses 9 Desember 2022

4.    Breach Candy Hospital Trust https://www.breachcandyhospital.org/index.php/speciality-departments diakses 9 Desember 2022

5.    India Health System Review https://apo.who.int/publications/i/item/india-health-system-review diakses 10 Desember 2022

6.    India Brand Equity Foundation https://www.ibef.org/industry/healthcare-india diakses 10 Desember 2022

7.    Fortis Medical Centre https://www.fortishealthcare.com/ diakses 15 Mei 2023

(Artikel ini telah direview oleh dr. Eddy Wiria, PhD, Co-Founder dan CEO Kavacare)


Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini