RS Jepang terbaik, LinkSehat, Kavacare

Kamis, 16 Februari 2023

Daftar Rumah Sakit Terbaik di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang menarik perhatian masyarakat Indonesia sebagai tempat wisata. Namun, tidak hanya menarik untuk berwisata, negara ini telah membuktikan keunggulannya dalam kemajuan teknologi, termasuk bidang medis. Ditambah lagi, saat ini Jepang telah mulai memfokuskan pelayanan kesehatan bagi turis asing.

Memilih rumah sakit dan dokter di luar negeri bisa jadi cukup rumit karena Anda mungkin belum sepenuhnya mengenali situasi di sana. Layanan Medical Assistance Kavacare x LinkSehat dapat mempermudah perjalanan berobat ke luar negeri untuk Anda dan orang terkasih. Konsultasi dengan Konsultan Medis profesional secara gratis untuk mendapatkan rekomendasi rumah sakit dan dokter terbaik di Jepang, perhitungan estimasi biaya berobat, serta pengaturan akomodasi. Cukup dengan menghubungi kami di nomor WhatsApp di 0857 8000 8707.

Keunggulan Berobat di Jepang

Jepang telah diketahui sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesat serta teknologi yang maju. Tidak heran kalau Jepang juga menunjukkan kemajuan yang pesat dalam hal teknologi di bidang medis dan kedokteran, yang didukung oleh biaya pengeluaran medis yang tinggi.

Teknologi Medis yang Maju

Data dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan (Ministry of Health, Labour, and Welfare-MHLW) Jepang menunjukkan bahwa pasar alat medis Jepang pada 2020 mencapai USD 38 miliar (atau setara dengan Rp 591,692 triliun). Jepang terutama memfokuskan alat medis pada robot penolong operasi, smartwear solutions (alat medis yang dapat dipakai), telemedicine (alat konsultasi online), dan teknologi kesehatan lain, seperti alat pendukung peningkatan kualitas tidur dengan sensor, monitor bayi, dan lainnya.[2]

Biaya yang Lebih Terjangkau

Keunggulan lain dari berobat di Jepang adalah biaya yang cukup terjangkau. Pemerintah Jepang telah memberikan subsidi pada pelayanan kesehatan, termasuk kepada turis, apabila turis asing telah melengkapi diri dengan asuransi perjalanan. [3]

Pelayanan Kesehatan yang Memadai

Di Jepang, pasien mempunyai akses yang mudah dan universal ke fasilitas mana pun, bahkan tanpa rujukan dari dokter umum terlebih dahulu. Pasien umumnya dapat langsung memilih dokter spesialis yang mereka butuhkan sehingga membuat waktu tunggu untuk pelayanan kesehatan lebih singkat. Pasien juga dapat memilih untuk mendatangi fasilitas publik atau swasta tanpa perbedaan biaya.[4]

Tenaga Medis Tersertifikasi

Sejak tahun 2017, Jepang telah mengembangkan sistem organisasi pihak ketiga untuk menentukan sertifikasi dokter di Jepang. Dewan sertifikasi ini akan menilai dokter melalui 6 jenis kompetensi, yaitu perawatan berpusat pada orang, perawatan yang komprehensif, perawatan integratif, kerja antar profesional, orientasi pada masyarakat, profesionalisme, dan praktek berbasis sistem. Hal ini menunjukkan kepedulian yang tinggi dari pemerintah Jepang akan kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit, termasuk para tenaga medis.[5]

 

Rumah Sakit Terbaik di Jepang

The University of Tokyo Hospital

Rumah sakit ini termasuk salah satu rumah sakit terbaik di Jepang dan telah menerima akreditasi dari Japan Council for Quality Health Care (JCQHC). Pada tahun 2019, rumah sakit ini telah menerima pasien rawat jalan rata-rata sebanyak 2.784 orang per hari dan pasien rawat inap hingga 966 per hari. Prosedur operasi yang telah dilakukan University of Tokyo Hospital telah mencapai 11.327 yang dilakukan bagi pasien di seluruh kelompok usia. Rumah sakit ini terutama memfokuskan diri pada perawatan perinatal, kesehatan pediatrik, terapi transplantasi, perawatan kanker, perawatan intensif untuk kasus gawat darurat, dan pengobatan epilepsi.

St. Luke's International Hospital

Telah berdiri sejak tahun 1901, St. Luke’s International Hospital sekarang ini telah berkembang menjadi rumah sakit berkapasitas 520 tempat tidur dan menerima rata-rata sebanyak 2.550 pasien rawat jalan per harinya. Rumah sakit ini juga telah mendapatkan standar pelayanan kesehatan internasional dari Joint Commission International (JCI), bahkan rumah sakit ini juga telah mendapatkan akreditasi dari American Nurse Credentialing Center (ANCC). Tidak mengherankan kalau rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Jepang.

Juntendo University Hospital

Berlokasi di Bunkyo-ku, Tokyo, salah satu rumah sakit terbaik di Jepang ini berkapasitas hingga 1.017 tempat tidur dengan tempat tidur di bagian psikiatri sebanyak 15 tempat tidur. Juntendo University Hospital juga menerima rata-rata 4.493 pasien rawat jalan per hari dan rata-rata 986 pasien rawat inap per harinya. Pusat layanan unggulan di rumah sakit ini termasuk pusat jantung, payudara, pediatrik, onkologi atau kanker, perawatan paliatif, perawatan demensia, epilepsi, dan pengobatan olahraga bagi wanita.

Seirei Hamamatsu General Hospital

Telah mengantongi akreditasi dari JCI, tidak heran kalau Seirei Hamamatsu General Hospital menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Jepang. Setelah berhasil mendapatkan akreditasi JCI pada tahun 2012, rumah sakit ini juga berhasil memperbaharuinya dan kembali mendapatkan akreditasi JCI pada 2015. 

Toranomon Hospital

Rumah sakit berkapasitas hingga 819 tempat tidur ini rata-rata menerima pasien rawat jalan hingga 2.456 orang dan pasien rawat inap hingga 616 orang setiap harinya. Sama halnya dengan Seirei Hamamatsu General Hospital, rumah sakit ini juga telah bekerja sama dengan agen wisata medis dan Anda akan diarahkan untuk menghubungi salah satu dari agen yang bekerja sama dengan Toranomon Hospital.

Shonan Kamakura General Hospital

Rumah sakit ini telah mendapatkan akreditasi internasional dari JCI dan juga memperoleh akreditasi dari Japan Medical Service Accreditation for International Patients (JMIP). Shonan Kamakura menjadi rumah sakit pertama yang memperoleh akreditasi ini. Teknologi di rumah sakit ini juga telah mengikuti perkembangan teknologi medis termutakhir, seperti penggunaan proton therapy sebagai pengobatan kanker, Da Vinci XI (operasi endoskopi yang dibantu oleh robot), mamografi, mammotome, PET-CT Scan, dan lainnya. Shonan Kamakura sendiri memfokuskan penelitian mereka pada pengobatan regenerasi payudara, kulit, dan kosmetik, pengobatan regenerasi general, tumor klinis, perawatan klinis umum, dan pengobatan radiasi.[*] 

University of Tsukuba Hospital

University of Tsukuba Hospital mempunyai akreditasi dalam bidang pelayanan medis terhadap pasien internasional dan juga merupakan salah satu rumah sakit yang memenuhi standar sebagai Rumah Sakit Internasional Jepang oleh Medical Excellence JAPAN, organisasi yang bergerak dalam kerja sama kesehatan bersama pemerintah Jepang.

Aizawa Hospital

Rumah sakit ini dilengkapi dengan teknologi medis termutakhir, seperti Proton Therapy, Gamma Knife, dan Tomotherapy sebagai pengobatan melawan kanker. Untuk menunjang pemeriksaan medis, terdapat alat-alat radiologi seperti MRI, CT-Scan 320-slice, PET-CT Scanner, dan peralatan angiografi.

Salah satu keunggulan rumah sakit Aizawa adalah penanganan terhadap pasien internasional. Aizawa Hospital mempunyai departemen khusus yang menangani pasien internasional, yaitu International Patient Services yang dapat membantu Anda berkoordinasi dengan pihak rumah sakit selama Anda berobat.

 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Eddy Wiria, PhD., Co-Founder dan CEO Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini