Endovascular Aotic Aneurysm Repair, EVAR, linksehat, kavacare

Jumat, 17 November 2023

Endovascular Aotic Aneurysm Repair (EVAR): Manfaat dan Prosedur

Aneurisma aorta adalah kondisi medis yang serius dan dapat membahayakan nyawa penderitanya. Namun, seiring perkembangan ilmu medis, hadirnya Endovascular Aotic Aneurysm Repair (EVAR) tentu memberikan harapan hidup baru bagi penderita aneurisma aorta.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Tindakan EVAR di dalam negeri ataupun luar negeri, layanan Medical Travel Facilitator KavaLink dari Kavacare siap membantu Anda. Hubungi Konsultan Medis profesional kami melalui Whatsapp di nomor 0857-8000-8707 dan mulai konsultasi gratis sekarang.

Apa Itu Endovascular Aotic Aneurysm Repair (EVAR)?

Endovascular Aotic Aneurysm Repair atau EVAR adalah tindakan atau prosedur yang dapat memperbaiki aneurisma tanpa menggunakan sayatan terbuka. Perbaikan aneurisma menggunakan teknik ini melibatkan penyisipan cangkok ke dalam tonjolan melalui sayatan kecil di selangkangan.

Metode EVAR dalam menangani aneurisma termasuk ke teknik invasif minimal. Oleh karena itu, teknik ini lebih aman bila dibandingkan dengan operasi konvensional. Selain itu, perbaikan aneurisma aorta dengan EVAR memiliki hasil yang lebih baik dan penyembuhan yang cepat serta hanya sedikit menimbulkan rasa sakit.

Kapan Membutuhkan Endovascular Aotic Aneurysm Repair?

Tindakan ini termasuk tindakan invasif minimal yang cukup efektif dalam menangani aneurisma aorta. Akan tetapi, tidak semua pasien cocok untuk mendapatkan prosedur EVAR. Salah satu contohnya adalah aneurisma yang timbul di dekat atau di atas ginjal.

Untuk mendapatkan prosedur ini, pasien harus menjalani beberapa pemeriksaan termasuk pemindaian. Di mana pemeriksaan tersebut untuk melihat letak dan ukuran pertumbuhan aneurisma aorta apakah dinilai membahayakan. Jika letak dan ukuran tonjolan sesuai untuk tindakan EVAR, mungkin dokter bedah Anda akan merekomendasikan prosedur ini.

Salah satu kriteria untuk menggunakan metode ini adalah leher aorta yang harus 15 mm di bawah arteri ginjal. Selain itu juga harus bebas dari trombus dan angulasi berlebihan.

Persiapan Sebelum Melakukan Prosedur EVAR

Sebelum melakukan prosedur Endovascular Aotic Aneurysm Repair (EVAR), pasien perlu melakukan beberapa persiapan berikut.

●      Setelah Anda menyetujui pengobatan aneurisma aorta dengan metode EVAR, maka Anda akan diminta menandatangani formulir persetujuan. Baca formulir dengan seksama dan ajukan pertanyaan pada dokter Anda jika ada yang kurang jelas.

●      Selain melihat riwayat kesehatan, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan kesehatan Anda. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan tes darah dan tes diagnostik lainnya.

●      Anda akan diminta untuk berpuasa selama 8 jam sebelum tindakan bedah.

●      Menghentikan konsumsi obat antikoagulan atau pengencer darah, aspirin, serta obat lain yang mempengaruhi pembekuan darah.

●      Anda harus menghentikan kebiasan merokok beberapa hari sebelum melakukan prosedur EVAR.

●      Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan persiapan khusus lainnya, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Bagaimana Prosedur Endovascular Aotic Aneurysm Repair?

Berikut step by step prosedur perbaikan aneurisma aorta dengan metode EVAR.

●      Pertama-tama, Anda akan diberikan anestesi dan dipasangi selang pernapasan.

●      Selanjutnya dokter bedah akan melakukan sayatan kecil untuk memasang kateter di area selangkangan dan lengan Anda.

●      Kemudian dokter akan memasukkan kateter melalui pembuluh darah menuju ke aneurisma.

●      Dengan menggunakan kateter dan alat kecil, ahli bedah vaskular akan menempatkan stent endograft atau tabung kain di dalam aneurisma. Stent tersebut berbentuk seperti pipa baru untuk melapisi pipa aneurisma yang pecah. Tindakan ini berguna untuk mengurangi tekanan pada aneurisma dan mencegahnya untuk pecah.

Pasca Tindakan Endovascular Aotic Aneurysm Repair

Setelah tindakan EVAR biasanya pasien akan dirawat inap selama satu sampai tiga hari. Anda bisa makan dan minum dengan normal setelah bangun dari ruang operasi. Perawat mungkin akan membuat Anda untuk duduk dan berjalan. Setelah Anda bisa bangun, Anda mungkin sudah bisa meninggalkan rumah sakit.

Anda mungkin perlu mengkonsumsi tablet penghilang rasa sakit selama seminggu. Hal ini karena sayatan bedah mungkin akan terasa nyeri dalam beberapa hari.

Selama masa pemulihan, penting bagi Anda untuk menjaga area bedah tetap bersih dan kering. Dokter Anda mungkin akan memberikan instruksi untuk mandi khusus.

Mayoritas pasien aneurisma aorta yang menjalani EVAR bisa kembali beraktivitas secara normal setelah dua minggu. Namun, beberapa orang lainnya membutuhkan waktu pemulihan hingga beberapa bulan.

Pertanyaan Umum Seputar EVAR

Berikut beberapa pertanyaan umum mengenai Endovascular Aotic Aneurysm Repair yang mungkin bisa membantu Anda semakin memahami prosedur ini.

Apakah Ada Efek Samping EVAR?

Tentu saja ada. Seperti halnya tindakan operasi lainnya, EVAR juga memiliki efek samping pada beberapa pasien yang menjalani prosedur ini. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah melakukan prosedur Endovascular Aotic Aneurysm Repair.

●      Infeksi pada cangkok yang digunakan untuk menggantikan aorta.

●      1 dari 10 pria mungkin mengalami kesulitan mempertahankan ereksi.

●      Serangan jantung.

●      Stroke.

●      Gagal ginjal.

●      Berisiko terkena DVT atau trombosis vena dalam.

Seberapa Efektif Prosedur Ini?

Prosedur ini sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi masalah aneurisma aorta. Apalagi tindakan invasif minimal ini lebih sedikit rasa sakit dan memiliki proses penyembuhan yang cepat daripada tindakan operasi dengan sayatan terbuka.

Hanya saja masalah ketahanan pencangkokan dengan prosedur EVAR tidak lebih aman daripada operasi terbuka. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemindaian lanjutan untuk memastikan cangkok stent endograft tidak terlepas. Bahkan diperkirakan 1 sampai 10 pasien yang melakukan metode EVAR memerlukan intervensi lanjutan.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
  1. England, A., & Mc Williams, R. (2013). Endovascular aortic aneurysm repair (EVAR). The Ulster medical journal, 82(1), 3–10.
  1. Cleveland Clinic. 2022. Aortic Aneurysm. Diakses pada 1 Oktober 2023 dari https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16742-aorta-aortic-aneurysm
  1. Circulation foundation The Vascular Charity. Endovascular Aneurysm repair (EVAR). Diakses pada 1 Oktober 2023 dari https://www.circulationfoundation.org.uk/help-advice/abdominal-aortic-aneurysm/endovascular-aneurysm-repair-evar
  1. Stanford Medicine Health Care. Before our Endovascular Aneurysm Repair (EVAR). Diakses pada 1 Oktober 2023 dari https://stanfordhealthcare.org/medical-treatments/e/endovascular-aneurysm-repair/procedures/before.html
  1. Penn Medicine. Endovascular Repair of Abdominal Aortic Aneurysm (EVAR). Diakses pada 2 Oktober 2023 dari https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/find-a-program-or-service/heart-and-vascular/vascular-surgery-and-endovascular-therapy/vascular-procedures/endovascular-repair-of-abdominal-aortic-aneurysm         

 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)


Author Tim Kavacare Tim Kavacare

Nilai Artikel Ini