Frozen Shoulder, Kondisi Nyeri dan Kaku Bahu

Jumat, 12 Juni 2020

Frozen Shoulder, Kondisi Nyeri dan Kaku Bahu

LinkSehat - Nyeri bahu sering menjadi keluhan pekerja kantoran, karena terlalu lama duduk dan bekerja di depan laptop. Dalam istilah medis, keluhan ini disebut dengan frozen shoulder, yaitu kondisi kaku dan nyeri bahu.

Frozen shoulder adalah suatu kondisi yang memengaruhi sendi bahu. Biasanya melibatkan rasa sakit dan kekakuan yang berkembang secara bertahap, memburuk, dan akhirnya sembuh. Penyembuhannya bisa memakan waktu sekitar 1 hingga 3 tahun.

Frozen shoulder paling sering menyerang orang berusia antara 40 hingga 60 tahun, dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Selain itu, penderita diabetes berisiko lebih tinggi mengalami penyakit ini.

Bahu terdiri dari 3 tulang yang membentuk sendi ball-and-socket, yaitu sendi yang bergerak paling leluasa di antara sendi lainnya. Ini termasuk lengan atas (humerus), tulang belikat (skapula), dan tulang selangka (klavikula). Bahu memiliki kapsul yang bekerja menyatukan semuanya. 

Jika mengidap frozen shoulder, kapsul menjadi sangat tebal dan kencang sehingga sulit untuk digerakkan. Jaringan parut terbentuk dan lebih sedikit cairan sinovial untuk menjaga agar sendi tetap terlumasi dengan baik. 

Gejala atau tanda frozen shoulder

Gejala frozen shoulder yang utama adalah nyeri dan kekakuan yang membuatnya sulit atau tidak bisa digerakkan. Jika Anda mengidap frozen shoulder, Anda mungkin akan merasakan nyeri di salah satu bahu. Anda mungkin juga merasakan nyeri pada otot bahu yang melingkari bagian atas lengan dan di lengan atas Anda. 

Nyeri bisa bertambah parah di malam hari, sehingga bisa membuat Anda sulit tidur. Biasanya Anda akan melalui 3 fase frozen shoulder, yaitu:

Tahap pertama (freezing stage)

Rasa sakit (terkadang parah) berkembang di bahu setiap kali Anda menggerakkannya. Perlahan-lahan rasa sakitnya menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu dan mungkin lebih menyakitkan di malam hari.

Kondisi ini bisa berlangsung dari 6 hingga 9 bulan. Selama itu, pergerakan bahu Anda terbatas. 

Tahap kedua (frozen stage)

Rasa nyeri mungkin membaik di tahap ini, tetapi kekakuan semakin parah. Anda akan menjadi lebih sulit menggerakkan bahu dan semakin sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Tahap ini bisa berlangsung selama 4 hingga 12 bulan.

Tahap ketiga (thawing stage)

Pada tahap ini, rentang gerak Anda mulai kembali normal. Prosesnya bisa memakan waktu mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Dokter spesialis untuk frozen shoulder

Konsultasikan dengan dokter spesialis ortopedi untuk melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik guna menangani kondisi frozen shoulder Anda. Dokter akan membantu menemukan penyebab dan menentukan metode pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda. 

Untuk buat janji Konsultasi Dokter Online atau Kunjungan Langsung di Rumah Sakit, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Frozen shoulder bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan dan membuat frustrasi, tetapi kebanyakan orang bisa cepat sembuh dengan sedikit arahan dari dokter atau ahli terapi fisik.

Jika Anda merasa memiliki gejala frozen shoulder, segera dapatkan bantuan dari dokter atau terapis, sehingga Anda dapat menghindari rasa sakit dan keterbatasan gerak selama bertahun-tahun.

Biaya berobat frozen shoulder

Besaran biaya pengobatan frozen shoulder tergantung pada kondisi pasien, jenis tindakan medis yang dilakukan, serta pilihan rumah sakit. 

Untuk perkiraan biaya pengobatan frozen shoulder di dalam atau luar negeri, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Penyebab frozen shoulder

Kapsul jaringan ikat membungkus tulang, ligamen, dan tendon yang membentuk sendi bahu. Frozen shoulder terjadi ketika kapsul ini menebal dan mengencang di sekitar sendi bahu, sehingga membatasi pergerakannya.

Belum diketahui mengapa frozen shoulder terjadi pada beberapa orang, meskipun lebih mungkin terjadi pada orang yang menderita diabetes atau orang yang baru-baru ini harus imobilisasi bahu dalam waktu lama, seperti setelah operasi atau patah tulang lengan.

Diagnosis frozen shoulder

Frozen shoulder memengaruhi rentang gerak aktif dan pasif. Selama pemeriksaan fisik, dokter mungkin meminta Anda untuk bergerak dengan cara tertentu untuk memeriksa nyeri dan mengevaluasi rentang gerak Anda (rentang gerak aktif). Kemudian dokter mungkin meminta Anda untuk mengendurkan otot saat dia menggerakkan lengan Anda (rentang gerak pasif). 

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyuntik bahu Anda dengan anestesi untuk menentukan rentang gerak pasif dan aktif Anda.

Frozen shoulder biasanya dapat didiagnosis dari tanda dan gejalanya, tetapi dokter mungkin menyarankan tes pencitraan, seperti X-ray atau MRI untuk mengidentifikasi masalah lain.

Cara mengobati frozen shoulder

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dijual bebas seperti aspirin atau ibuprofen, dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan bahu. Jika obat-obatan tersebut tidak membantu, dokter mungkin meresepkan obat yang lebih kuat.

Anda mungkin harus pergi ke ahli terapi fisik untuk latihan penguatan dan peregangan agar meningkatkan rentang gerak. 

Jika gejala frozen shoulder intens atau tidak membaik seiring waktu, dokter mungkin merekomendasikan jenis perawatan lain, termasuk:

  • Suntikan kortikosteroid di sendi bahu untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rentang gerak.
  • Distensi sendi untuk membantu Anda lebih mudah menggerakkan bahu.
  • Terapi fisik memberikan hasil yang beragam pada pengobatan frozen shoulder. Terapi ini mungkin digunakan pada beberapa fase tertentu. 
  • Operasi sangat jarang diperlukan untuk menangani frozen shoulder, tetapi jika perawatan lain tidak membantu, dokter mungkin menyarankan operasi. 
  • Manipulasi bahu dapat membantu mengendurkan jaringan bahu, tetapi prosedur ini sangat jarang dilakukan. Ahli bedah akan menggerakkan bahu Anda yang sudah dibius total. Namun, prosedur ini meningkatkan risiko komplikasi termasuk patah tulang.

Bisakah frozen shoulder disembuhkan?

Setelah melalui 3 fase frozen shoulder, kondisi bahu cenderung membaik, meskipun pemulihan sepenuhnya bisa memakan waktu hingga 3 tahun. Terapi fisik yang berfokus pada pengurangan nyeri dan mengembalikan kekuatan serta rentang gerak bahu adalah rekomendasi perawatan utama untuk menyembuhkan frozen shoulder. Namun, tanpa perawatan agresif, kondisi frozen shoulder bisa menjadi permanen.

Berapa lama waktu untuk sembuh dari frozen shoulder?

Masing-masing pasien memiliki waktu penyembuhan yang berbeda-beda. Setelah menjalani pengobatan dan melalui semua fase penyembuhan frozen shoulder, penyembuhannya bisa memakan waktu sekitar 1 hingga 3 tahun.

Cara mencegah frozen shoulder

Frozen shoulder hanya bisa dicegah jika disebabkan oleh cedera yang membuat penderitanya sulit menggerakan bahu. Siapa pun yang mengalami cedera seperti itu harus memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan rekomendasi latihan fisik untuk menjaga mobilitas dan fleksibilitas sendi bahu.

Cara merawat pasien frozen shoulder di rumah

Terus gunakan bahu dan anggota gerak yang bermasalah sebanyak mungkin untuk mengurangi rasa sakit dan memperluas jangkauan gerak. Mengaplikasikan panas atau dingin ke bahu dapat membantu meredakan nyeri.

Hubungi dokter spesialis ortopedi melalui aplikasi LinkSehat jika Anda memiliki gejala frozen shoulder dan membutuhkan pengobatan. 

Aplikasi LinkSehat memungkinkan Anda melakukan Konsultasi Dokter Online (telekonsultasi) dari rumah. Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Fisioterapi

Fisioterapi adalah prosedur untuk mengembalikan pergerakan dan fungsi organ yang terkena dampak Baca Selengkapnya...

Dislokasi Sendi

Seluruh sendi pada tubuh dapat mengalami dislokasi, tetapi paling sering terjadi pada sendi bahu, Baca Selengkapnya...