Langkah dan Biaya Berobat ke Penang

Selasa, 11 Mei 2021

Langkah dan Biaya Berobat ke Penang

LinkSehat - Penang, Malaysia sudah cukup dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan perawatan kesehatan hingga pengobatan ketika sakit. Selain terkait biaya yang cenderung lebih murah, fasilitas kesehatan yang lengkap pun menjadi alasan utama banyak orang Indonesia memilih Penang. 

Berikut adalah Langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum berobat ke Penang:

1. Pilih RS/dokter sesuai keluhan

Tiap rumah sakit memiliki pusat keunggulan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih RS yang sesuai atau hubungi Medical Consultant kami untuk mendapatkan rekomendasi RS/dokter untuk menangani keluhan Anda. 

Berikut ini RS Penang terbaik yang sering dikunjungi orang Indonesia:

Kami juga bisa membantu Anda berobat ke rumah sakit lain di Malaysia [klik untuk lihat daftar rumah sakit].

2. Buat janji konsultasi

Setelah menentukan rumah sakit, kami bisa membantu Anda untuk mengecek jadwal dokter dan booking konsultasi agar Anda dapat mengefisiensi waktu. 

Berikut ini caranya.

  • Beritahu kami perkiraan tanggal Anda mau berobat ke Penang..
  • Kami akan mengkonfirmasi apakah dokternya tersedia/tidak pada tanggal tersebut.
  • Apabila dokter tersedia, kami akan membantu Anda untuk booking konsultasi. Harap kirimkan foto paspor dan pendamping untuk proses administrasi. Namun jika dokter tidak tersedia, kami akan memberitahu waktu terdekat dokternya ada.
  • Setelah janji temu dengan dokter dikonfirmasi pihak RS, kami akan mengirimkan bukti tersebut ke Anda.

3. Booking tiket pesawat dan hotel

Langkah untuk berobat ke Penang selanjutnya adalah booking tiket pesawat dan hotel, namun ini bisa dilakukan setelah Anda mendapatkan kepastian waktu konsultasi. Jika Anda punya kesibukan dan tidak punya waktu untuk mengurus transportasi/akomodasi selama berobat, kami bisa melakukannya untuk Anda.

Usahakan untuk memilih hotel yang paling dekat dengan rumah sakit demi kenyamanan Anda selama menjalani pengobatan dan menghemat biaya. Sangat direkomendasikan untuk memilih hotel berbintang dengan fasilitas mumpuni, seperti Vouk Hotel Suites di dekat Gleneagles Hospital Penang, Penang Homes LG di dekat Mount Miriam Cancer Hospital, dan Olive Tree Hotel Penang di dekat Pantai Hospital Penang.

4. Booking slot jemputan ke RS dan hotel

Beberapa rumah sakit di Penang sudah menyediakan layanan jemputan bagi pasien ke RS dan hotel secara gratis. Untuk melakukan booking slot jemputan, Anda akan diminta untuk mengirimkan tiket pesawat agar kami dapat melakukan proses booking untuk Anda.

5. Mempersiapkan Dokumen Penting

Berikut ini adalah beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan sebelum Anda berobat ke Penang:

  • Dokumen kesehatan. Yang dimaksud dokumen kesehatan adalah rekam medis pasien terkait kondisi yang ingin ditangani, meliputi: informasi hasil diagnosis, riwayat penyakit/alergi, daftar obat yang rutin dikonsumsi, serta hasil tes darah, radiologi, CT scan dan pencitraan medis lainnya. Anda bisa memperoleh dokumen kesehatan dari rumah sakit/dokter. 
  • Dokumen perjalanan. Terutama paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan. Anda tidak perlu khawatir soal visa karena saat ini sudah ada kebijakan bebas visa selama 90 hari, berlaku bagi turis Indonesia yang hendak ke Malaysia.

Berapa biaya berobat ke Penang?

Biaya berobat ke Penang tergantung pada rumah sakit, tindakan medis, obat dan perawatan yang dijalani. Namun sebagai gambaran, berikut ini adalah perkiraan biaya untuk menjalani pengobatan di Penang:

  • Konsultasi dokter spesialis sekitar RM 100 - 300an atau IDR 340 - 1 jutaan
  • Bypass jantung sekitar RM 40.000 - 60.000 atau IDR 130 - 207 jutaan
  • Pasang ring jantung sekitar 20,000 - 40,000 atau IDR 60 -138 jutaan (tergantung jumlah ring yang dipasang)
  • Endoskopi sekitar RM 1,500 - 4000 atau sekitar IDR 5 - 13 jutaan
  • Operasi katarak sekitar RM 3,000 - 8,000 atau IDR 10 - 30 jutaan
  • Operasi kelopak mata sekitar RM 4,000 atau sekitar IDR 13 jutaan
  • Total knee replacement sekitar RM 38,000 - 42,000 atau IDR 130 - 145 jutaan
  • Medical check up sekitar RM 1,000 atau IDR 3 jutaan (tergantung paket)

Selain karena biaya dan kelengkapan fasilitas, banyak pasien dari Indonesia akhirnya memilih Penang sebagai tempat Berobat adalah karena banyaknya jadwal penerbangan yang tersedia, kemudahan komunikasi dengan Dokter dan Perawat yang menggunakan bahasa melayu serta banyaknya tempat destinasi wisata juga sering dijadikan alasan untuk memilih Penang dibanding tempat lain.

Update: Cara Berobat ke Penang Saat Pandemi Covid-19

Pemerintah Malaysia telah memberikan kelonggaran dan membuka jalan bagi para pasien yang ingin berobat ke Penang selama Pandemi Covid-19. Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 1 Juli 2020, namun terdapat beberapa peraturan yang harus dilakukan oleh pasien sebelum dan saat berada di Penang.

Sebelum berangkat

  1. Pasien menghubungi rumah sakit terkait atau melalui aplikasi LinkSehat untuk mencarikan dokter yang sesuai dengan kondisi.
  2. Data hasil pemeriksaan sebelumnya atau resume medis lengkap pasien akan dikirimkan kepada pihak rumah sakit. Ini khusus untuk rumah sakit yang terdaftar di Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).
  3. Rumah sakit akan menghubungi MHTC dan imigrasi untuk memperoleh approval letter, yaitu surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis.
  4. Jika disetujui, maka approval letter akan dikirimkan kepada pasien secara langsung atau melalui Link Medis Sehat yang akan diteruskan kepada pasien.
  5. Jika diperlukan, ajukan visa untuk pasien dan pendamping. Pasien dewasa hanya boleh datang bersama 1 orang pendamping. Sedangkan pasien anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh darang maksimal bersama 2 orang pendamping.
  6. Memesan private jet atau air ambulance dengan estimasi harga 23,000 USD yang sudah dilengkapi dengan medical support/team. 
  7. Melakukan tes PCR COVID-19 pertama maksimal 3 hari sebelum keberangkatan yang dihitung dari tanggal pemeriksaan. Tes PCR dilakukan di rumah sakit atau lab yang telah ditunjuk oleh MHTC. Untuk Kota Jakarta, Anda bisa melakukan tes PCR di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Rumah Sakit Mitra Keluarga. Untuk Kota Surabaya, Anda bisa melakukan tes PCR di Permata Hati, National Hospital, dan Rumah Sakit Premier Surabaya. 

Saat kedatangan

  1. Pasien dan pendamping akan disambut oleh perwakilan dari Malaysia Healthcare. Syarat yang diperlukan saat pasien sampai di Malaysia yaitu: a) Salinan paspor pasien dan pendamping dengan masa berlaku 6 bulan, b) Visa pasien dan pendamping bila diperlukan, c) Hasil tes PCR COVID-19 pertama pasien dan pendamping, d) Surat rujukan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit anggota MHTC, dan e) Surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis atau approval letter dari MHTC.
  2. Pasien akan diantar ke rumah sakit untuk melakukan pendaftaran.
  3. Tes PCR COVID-19 kedua dilakukan di rumah sakit untuk pasien dan pendamping. Biaya tes setiap orang sekitar RM500.
  4. Pasien dan pendamping wajib melakukan karantina selama 14 hari di rumah sakit. Setiap rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing. Ada rumah sakit yang harus deposit sekitar RM10,000 atau paket 14 hari RM3,000.
  5. Tes PCR COVID-19 ketiga dilakukan pada hari ke-13 masa isolasi.
  6. Karantina dihitung sejak hari perawatan pertama.
  7. Setelah selesai karantina dan menjalani pengobatan, pasien diperbolehkan pulang ke negara asal.
  8. Aturan kepulangan disesuaikan dengan negara asal pasien.

Hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini untuk Anda yang ingin bantuan berobat ke Penang saat pandemi COVID-19. Anda juga bisa melakukan Konsultasi Dokter online melalui Aplikasi Dokter Online LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Rekomendasi Rumah Sakit Jantung Terbaik di Penang

Berikut ini rekomendasi Rumah Sakit Jantung terbaik di Penang yang menjadi favorit pasien Indonesia.

4 Rumah Sakit Spesialis Kanker di Penang

Banyak pasien Indonesia yang berobat ke rumah sakit kanker di Penang berikut karena kualitasnya.

7 Rumah Sakit Terbaik di Penang

Penang menjadi destinasi favorit berobat karena biaya relatif terjangkau,

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.