Langkah dan Biaya Berobat ke Penang

Kamis, 17 Maret 2022

Langkah dan Biaya Berobat ke Penang

LinkSehat - Berobat ke Penang menjadi destinasi favorit pasien Indonesia untuk mendapatkan perawatan terbaik. Selain terkait biaya yang terjangkau, fasilitas kesehatan yang lengkap pun menjadi alasan utama banyak orang Indonesia memilih Penang.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum berobat ke Penang:

1. Pilih rumah sakit dan dokter

Tiap rumah sakit memiliki pusat keunggulan yang berbeda-beda. Pilih rumah sakit dan dokter yang Anda percaya untuk menangani keluhan Anda. Berikut rekomendasi rumah sakit terbaik di Penang:

  • Penang Adventist Hospital
  • Island Hospital Penang
  • Mount Miriam Cancer Hospital Penang
  • Sunway Medical Centre Penang
  • Genesis IVF & Women’s Specialist Centre Penang

2. Buat janji konsultasi

Buat janji konsultasi setelah Anda menentukan rumah sakit dan dokter yang sesuai. Pastikan Anda sudah menentukan jadwal temu dengan dokter sebelum memesan tiket pesawat dan hotel. Biasanya Anda perlu mengirimkan foto paspor (termasuk pendamping) untuk proses administrasi. Setelah janji temu dengan dokter dikonfirmasi pihak RS, kami akan mengirimkan bukti tersebut ke Anda.

3. Booking tiket pesawat dan hotel

Pesan tiket pesawat dan hotel setelah Anda mendapatkan kepastian waktu konsultasi. Usahakan untuk memilih hotel yang paling dekat dengan rumah sakit demi kenyamanan Anda selama menjalani pengobatan dan menghemat biaya.

4. Booking slot jemputan ke RS dan hotel

Beberapa rumah sakit di Penang sudah menyediakan layanan jemputan bagi pasien ke RS dan hotel secara gratis. Untuk melakukan booking slot jemputan, Anda akan diminta untuk mengirimkan tiket pesawat untuk melakukan proses booking untuk Anda.

5. Pastikan kelengkapan dokumen

Berikut ini adalah beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan sebelum Anda berobat ke Penang:

  • Dokumen kesehatan seperti informasi hasil diagnosis, riwayat penyakit/alergi, daftar obat yang rutin dikonsumsi, serta hasil tes darah, radiologi, CT scan dan pencitraan medis lainnya. Anda bisa memperoleh dokumen kesehatan dari rumah sakit/dokter. 

  • Dokumen perjalanan. Terutama paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan. Anda tidak perlu khawatir soal visa karena saat ini sudah ada kebijakan bebas visa selama 90 hari, berlaku bagi turis Indonesia yang hendak ke Malaysia.

Perkiraan Biaya Berobat ke Penang

Biaya berobat ke Penang tergantung pada rumah sakit, tindakan medis, obat dan perawatan yang dijalani. Namun sebagai gambaran, berikut perkiraan biaya untuk menjalani pengobatan di Penang:

  • Konsultasi dokter spesialis sekitar RM 100 - 300an atau IDR 340 - 1 jutaan
  • Bypass jantung sekitar RM 40.000 - 60.000 atau IDR 130 - 207 jutaan
  • Pasang ring jantung sekitar 20,000 - 40,000 atau IDR 60 -138 jutaan
  • Endoskopi sekitar RM 1,500 - 4000 atau sekitar IDR 5 - 13 jutaan
  • Operasi katarak sekitar RM 3,000 - 8,000 atau IDR 10 - 30 jutaan
  • Operasi kelopak mata sekitar RM 4,000 atau sekitar IDR 13 jutaan
  • Total knee replacement sekitar RM 38,000 - 42,000 atau IDR 130 - 145 jutaan
  • Medical check up sekitar RM 1,000 atau IDR 3 jutaan (tergantung paket)

Selain karena biaya dan kelengkapan fasilitas, banyak pasien dari Indonesia akhirnya memilih Penang sebagai tempat Berobat adalah karena banyaknya jadwal penerbangan yang tersedia, kemudahan komunikasi dengan Dokter dan Perawat yang menggunakan bahasa melayu serta banyaknya tempat destinasi wisata juga sering dijadikan alasan untuk memilih Penang dibanding tempat lain.

Update: Cara Berobat ke Penang Saat Pandemi

Per Maret 2022, pasien asal Indonesia sudah bisa berobat ke beberapa rumah sakit di Penang seperti Island Hospital, Gleneagles Penang, dan Loh Guan Lye. Jika Anda sedang merencanakan pengobatan di Penang, berikut ini beberapa aturan yang perlu diketahui:

1. Pilih rumah sakit dan dokter

Pasien menghubungi rumah sakit terkait atau hubungi WhatsApp LinkSehat 0857 8000 8707 untuk mendapatkan rekomendasi rumah sakit dan dokter, booking janji temu, dan lainnya. Setelah memilih dokter dan rumah sakit, Anda akan diminta mengirimkan hasil pemeriksaan dan rekam medis terbaru. Ini khusus untuk rumah sakit yang terdaftar d i Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

2. Persetujuan dokter dan MHTC

Rumah sakit akan menghubungi MHTC dan imigrasi untuk memperoleh approval letter, yaitu surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis. Proses pengajuan membutuhkan waktu 1-2 minggu. Jika disetujui, approval letter akan dikirimkan kepada pasien secara langsung atau melalui LinkSehat yang akan diteruskan kepada pasien.

3. Booking transportasi dan tes PCR

Sebelum membeli tiket pesawat, pastikan masa berlaku paspor Anda dan pendamping lebih dari 6 bulan. Jika berobat ke Island Hospital, Anda bisa menggunakan penerbangan shared charter flight dengan biaya RM500 per orang. Untuk tujuan berobat ke Gleneagles Penang dan Loh Guan Lye bisa dengan pesawat komersil (transit di Kuala Lumpur). Pemeriksaan PCR pasien dan pendamping maksimal 2 hari sebelum keberangkatan dengan hasil tes negatif. 

Pasien dewasa hanya boleh datang bersama 1 orang pendamping. Sedangkan pasien anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh darang maksimal bersama 2 orang pendamping.

4. Asuransi COVID-19

Pasien dan pendamping wajib memiliki asuransi COVID-19 sebagai syarat berobat ke Penang. Polis asuransi perlu dikirimkan ke pihak rumah sakit sebelum berangkat. Aturan ini berlaku mulai 22 November 2021.

Setibanya di Malaysia, Anda dan pendamping yang berobat ke Penang akan melalui proses berikut:

  • Pasien dan pendamping akan disambut oleh perwakilan dari Malaysia Healthcare.
  • Pasien akan diantar ke rumah sakit untuk melakukan pendaftaran.
  • Tes PCR kedua dilakukan di rumah sakit untuk pasien dan pendamping. Tes PCR terakhir dilakukan pada hari ke-5 karantina yang dihitung sejak hari perawatan pertama.
  • Pasien dan pendamping wajib melakukan karantina selama 7 hari (jika sudah vaksinasi primer lengkap) atau 10  hari (jika belum) di rumah sakit. Setiap rumah sakit memiliki kebijakan masing-masing.
  • Setelah selesai karantina dan menjalani pengobatan, pasien diperbolehkan pulang ke negara asal. Aturan kepulangan disesuaikan dengan negara asal pasien.

Berobat ke Penang dengan LinkSehat

Ingin berobat ke Penang? Sekarang Anda bisa lebih mudah berobat ke Penang dengan bantuan LinkSehat. Kami siap membantu Anda berobat ke Penang dengan layanan terbaiknya sebagai berikut:

  • Bebas biaya konsultasi untuk mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit
  • Gratis hitung estimasi biaya berobat
  • Buat janji konsultasi online atau tatap muka dengan dokter
  • Booking transportasi dan akomodasi selama berobat
  • Daftar medical check up atau program bayi tabung

Ingin berobat ke Penang? Dapatkan informasi dan bantuan berobat ke Penang saat pandemi dari LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Rekomendasi Rumah Sakit Jantung Terbaik di Penang

Berikut ini rekomendasi Rumah Sakit Jantung terbaik di Penang yang menjadi favorit pasien Indonesia.

4 Rumah Sakit Spesialis Kanker di Penang

Banyak pasien Indonesia yang berobat ke rumah sakit kanker di Penang berikut karena kualitasnya.

7 Rumah Sakit Terbaik di Penang

Penang menjadi destinasi favorit berobat karena biaya relatif terjangkau,

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.