Seorang wanita sedang menjalani treatment laser hair removal di salon kecantikan

Rabu, 08 Januari 2020

Laser Hair Removal untuk Hilangkan Rambut

Link Sehat - Laser hair removal adalah cara menghilangkan rambut pada lokasi tubuh tertentu yang tidak diinginkan menggunakan laser. Metode ini dianggap paling efektif, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan rambut dalam waktu lama. Laser hair removal bisa dilakukan oleh siapa saja.

Laser hair removal dilakukan untuk mengurangi rambut pada lokasi tubuh yang tidak diinginkan. Misalnya, di area kaki, ketiak, dan bibir atas. Sebagian orang mungkin ingin menghilangkan rambut di hampir semua area tubuh, kecuali kelopak mata atau sekitarnya.

Diperlukan 6-12 kali perawatan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda mungkin harus mengulang laser hair removal setiap 6-12 bulan sekali.

Yang perlu diketahui adalah, laser hair removal tidak menjamin hasil permanen. Beberapa rambut bisa tahan terhadap perawatan laser dan tumbuh lagi setelahnya. Rambut yang baru tumbuh cenderung lebih halus dan warna lebih pudar.

Cara hair laser removal dilakukan

1. Sebelum perawatan

Sebelum mendapatkan laser hair removal, Anda harus membatasi tindakan mencukur (shaving), pencabutan rambut denganwaxing, dan elektrolisis selama enam minggu sebelum perawatan. Hal ini dikarenakan sinar laser menargetkan akar rambut, yang jika Anda melakukanshavingatauwaxingsebelumnya, akan hilang untuk sementara waktu.

Sebaiknya hindari paparan sinar matahari selama enam minggu sebelum dan sesudah perawatan. Paparan sinar matahari membuatlaser hair removal kurang efektif dan meningkatkan risiko komplikasi setelah perawatan.

Tepat sebelum prosedur, rambut Anda yang akan menjalani perawatan akan dipangkas hingga beberapa milimeter di atas permukaan kulit. Obat bius lokal diberikan 20-30 menit sebelum perawatan untuk meminimalisir rasa ketidaknyamanan selama perawatan. Peralatan laser yang digunakan nantinya akan disesuaikan sesuai dengan warna, ketebalan, serta lokasi rambut dan kulit Anda.

2. Selama perawatan

Saat perawatan berlangsung, sinar laser akan diarahkan langsung ke area tubuh berambut untuk menghancurkan akar rambut. Energi cahaya akan diserap oleh warna gelap rambut dan berubah menjadi energi panas, kemudian disalurkan ke akar rambut. Cara ini memungkinkan pertumbuhan rambut terhenti dan rambut rontok secara alami.

Hasil perawatan tergantung pada warna rambut dan jenis kulit. Namun biasanya, laser hair removal memberikan hasil lebih baik pada kulit berwarna gelap. Laser hair removal kurang efektif pada warna rambut terang, seperti abu-abu, merah, pirang, atau putih. Diskusikan dengan dokter Anda untuk pilihan perawatan pada warna rambut yang demikian..

3. Setelah perawatan

Ketika prosedur ini selesai, Anda mungkin diberikan kompres es, krim, lotion anti-inflamasi, atau air dingin untuk meredakan ketidaknyamanan. Anda dapat menjadwalkan perawatan berikutnya 4-6 minggu setelah perawatan. Anda akan mendapatkan perawatan sampai rambut berhenti tumbuh.

Laser hair removal bisa menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Pemulihan setelah laser hair removal

Sekitar 1-2 hari sesudah perawatan, area kulit yang dirawat akan terlihat dan terasa seperti terbakar matahari. Kompres dingin dan pelembab dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Selama beberapa bulan, rambut Anda yang dirawat akan rontok. Untuk mencegah perubahan pada warna kulit yang dirawat, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya.

Prosedur kecantikan ini bisa dilakukan di klinik kecantikan maupun rumah sakit. Jika Anda membutuhkan rekomendasi tempat untuk laser hair removal, hubungi kami di sini untuk konsultasi gratis.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Mayo Clinic. Patient care & health information. Tests & procedure. Laser hair removal.
WebMD. Healthy beauty. Laser hair removal.


Author Novi Sulistia Wati Novi Sulistia Wati
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini