Lumpektomi untuk Atasi Kanker Payudara

Rabu, 08 Januari 2020

Lumpektomi untuk Atasi Kanker Payudara

LinkSehat - Lumpektomi adalah operasi untuk mengambil dan menghilangkan tumor atau kanker payudara. Operasi lumpektomi akan tetap mempertahankan payudara alias tidak mengambil payudara seluruhnya, karena hanya mengambil benjolan yang muncul dan sedikit jaringan di sekitar benjolan.

Lumpektomi disarankan jika Anda dicurigai mempunyai kanker payudara dengan indikasi:

  • Tumor payudara berjumlah satu
  • Ukuran diameter tumor kurang dari 5 cm
  • Terdapat cukup jaringan di sekitar tumor sehingga saat diangkat tidak menyebabkan perubahan bentuk payudara yang signifikan

Sementara itu, lumpektomi untuk mengobati kanker payudara tidak dianjurkan jika:

  • Sedang hamil
  • Tumor payudara berjumlah lebih dari satu
  • Tumor payudara sangat besar (ukuran diameter lebih dari 5 cm)
  • Tumor telah menyebar ke pembuluh limfe atau jaringan lain disekitar payudara
  • Telah mendapat terapi radiasi di payudara yang sama sebelumnya

Berbeda dengan mastektomi (operasi pengangkatan seluruh payudara), pada lumpektomi dokter bedah Anda hanya akan mengangkat sel kanker berikut dengan sebagian jaringan payudara disekitarnya saja. Itu sebabnya, lumpektomi sering juga disebut mastektomi parsial atau biopsi eksisi.

Prosedur operasi lumpektomi

Lumpektomi merupakan terapi utama bagi Anda yang menderita kanker payudara stadium awal. Pada beberapa kasus, setelah menjalani lumpektomi, Anda akan dianjurkan melakukan terapi radiasi payudara untuk mengurangi risiko kanker tumbuh kembali.

1. Sebelum operasi

Anda akan dianjurkan untuk berpuasa selama 8-12 jam sebelum operasi dan menghentikan konsumsi obat-obat pengencer darah (bila ada). Jenis anestesi yang digunakan, lama operasi sekitar 1 – 2 jam, serta proses pemulihan dan kontrol selanjutnya juga akan dijelaskan oleh dokter menjelang operasi dilakukan.2.

2. Saat operasi

Dokter akan membius Anda menggunakan anestesi lokal. Namun ada juga beberapa kondisi pasien yang membutuhkan anestesi umum.

Pada saat tindakan, dokter bedah akan membuat sayatan kecil pada kulit payudara Anda. Setelah jaringan tumor terlihat, jaringan tersebut akan diangkat beserta jaringan di sekitarnya. Setelah jaringan terangkat, luka sayatan pada kulit akan ditutup oleh kasa dan Anda dikirim ke ruang pemulihan. Jaringan yang sudah diangkat juga akan dikirim ke laboratorium dan diperiksa di bawah mikroskop.

3. Setelah operasi

Beberapa rumah sakit dan dokter dapat mengijinkan Anda pulang setelah satu hari perawatan. Setelah tindakan, Anda mungkin akan merasa nyeri pada daerah bawah ketiak, dada, dan punggung. Maka dari itu, dokter akan memberikan obat pengurang rasa sakit dan juga antibiotik untuk mencegah infeksi.

Anda sebaiknya mengurangi aktivitas berat terlebih dahulu selama satu minggu pasca operasi, serta melakukan pemeriksaan ulang dua minggu pasca operasi.

Setelah hasil patologi selesai, dokter akan memberitahu penanganan selanjutnya saat Anda kontrol. Pilihan penanganan selanjutnya adalah:

  • Operasi ulang ketika margin tumor belum bebas dari sel-sel kanker
  • Rujuk ke onkologi untuk terapi radiasi/hormon/kemoterapi

Pemulihan setelah operasi lumpektomi

Lumpektomi dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Setiap tindakan operasi pasti memiliki resiko, demikian juga lumpektomi. Risiko pada lumpektomi adalah perdarahan, infeksi, rasa nyeri setelah operasi, bengkak pada payudara yang dioperasi untuk sementara, terdapat luka/jaringan parut, serta mungkin adanya perubahan bentuk payudara.

Luka operasi biasanya sembuh setelah 10-14 hari pasca operasi lumpektomi. Setelah jahitan diangkat atau luka sembuh, Anda dapat membasuh luka dan tidak perlu membalutnya lagi. Dokter mungkin saja menjahit luka dengan benang yang dapat diserap tubuh, sehingga tidak perlu dilepas.

Anda tidak perlu khawatir jika kulit di sekitar jahitan mengeras, karena merupakan proses penyembuhan tubuh terhadap luka. Biasanya 1-3 bulan keluhan akan berangsur menghilang. Namun, Anda perlu segera menemui dokter jika pada area bekas luka mengalami:

  • Bengkak dan kemerahan
  • Keluar cairan nanah di area luka

Hampir di semua rumah sakit dengan fasilitas bedah umum dapat melakukan operasi lumpektomi. Namun pada rumah sakit yang tidak dilengkapi dengan dokter patologi anatomi, sampel jaringan akan dikirimkan ke rumah sakit yang dapat memeriksanya.

Hasil pemeriksaan biasanya keluar dalam waktu kurang dari 1 minggu. Jika Anda membutuhkan perawatan lumpektomi, hubungi Medical Consultant melalui WhatsApp 0857 8000 8707 untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan Rumah Sakit di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait prosedur lumpektomi.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Breast cancer. (2015). What Is Lumpectomy?.
Mayoclinic. Patient Care & Health Information. Tests & Procedures. Lumpectomy.


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Fibroadenoma Mammae

Fibroadenoma mammae ditandai dengan kemunculan benjolan di payudara, jumlahnya bisa satu atau Baca Selengkapnya...

Kanker Payudara

Jika Anda menemukan adanya benjolan di payudara, dengan tekstur keras dan tidak rata, mungkin saja Baca Selengkapnya...

Abses Payudara

Meskipun jarang menyebabkan payudara terasa nyeri dan iritasi, ada beberapa tipe kanker payudara Baca Selengkapnya...

Pilihan Pengobatan untuk Kanker Payudara

Dokter akan memberikan rekomendasi perawatan dengan mempertimbangkan jenis, ukuran, dan penyebaran Baca Selengkapnya...