operasi ganti kelamin, linksehat, kavacare

Rabu, 26 April 2023

Operasi Ganti Kelamin Pria ke Wanita: Prosedur dan Biaya

Manusia dilahirkan dalam dua jenis kelamin umum, yaitu pria dan wanita. Akan tetapi, terdapat kondisi di mana seseorang merasakan identitas gender yang berbeda dari jenis kelamin yang dibawa sejak lahir. Kondisi yang dinamakan disforia gender ini seringkali menyebabkan penderitaan bagi penderitanya. Operasi ganti kelamin kadang dipilih untuk mengatasi kondisi ini.

Jika Anda tertarik merencanakan untuk menjalani prosedur ini di dalam atau luar negeri, layanan medical travel facilitator KavaLink dari Kavacare dapat membantu Anda. Hubungi konsultan medis kami melalui Whatsapp di nomor 0811-1446-777 hari ini. Dapatkan rekomendasi rumah sakit hingga estimasi biaya operasi ganti kelamin di rumah sakit afiliasi KavaLink!

Apa Itu Operasi Ganti Kelamin?

Operasi ganti kelamin merupakan prosedur yang membantu seseorang untuk mengubah karakteristik seksual secara fisik agar sesuai dengan identitas gender yang mereka rasakan. 

Prosedur ini biasa digunakan untuk mengobati masalah disforia gender, yaitu kondisi dimana pasien merasakan ketidaksesuaian antara jenis kelamin yang dibawa sejak lahir dengan identitas gender yang dirasakan.

Kapan Membutuhkan Operasi Ganti Kelamin?

Tidak semua orang merasakan bahwa mereka lahir dengan identitas gender yang tepat. Beberapa mengalami masalah disforia gender yang mengakibatkan ketidaknyamanan, bahkan gangguan kesehatan mental bagi seseorang. 

Oleh karena itu, operasi ganti kelamin kadang perlu dilakukan. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seseorang agar dapat melakukan operasi ini, yaitu:

  1. Riwayat adanya inkongruensi gender atau disforia gender, setidaknya selama enam bulan atau lebih;
  2. Kemampuan untuk membuat keputusan mandiri dengan informasi yang lengkap;
  3. Berusia lebih dari 16 tahun untuk operasi pada bagian atas tubuh atau 18 tahun untuk operasi bagian bawah tubuh. Kebanyakan rumah sakit mensyaratkan usia minimal 21 tahun atau mendapatkan persetujuan dari wali.
  4. Pastikan bahwa kondisi fisik dan mental dalam perawatan yang baik.
  5. Sebelum melakukan operasi kelamin, juga disarankan telah melakukan terapi hormonal sesuai dengan jenis kelamin yang dituju.

Anda juga akan perlu menyiapkan surat dukungan dari tenaga profesional kesehatan mental yang menyatakan bahwa Anda memang membutuhkan operasi ganti kelamin.

Persiapan Sebelum Operasi Ganti Kelamin

Operasi ganti kelamin tidak hanya melibatkan prosedur operasi, tetapi juga perubahan yang besar pada hidup Anda. Maka, sebelum Anda melakukan operasi ganti kelamin, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dengan matang agar adaptasi setelah operasi dapat berjalan lancar.

1. Persiapkan Mental

Hal terpenting dari operasi ganti kelamin adalah mempersiapkan mental Anda. Anda dapat berbicara dengan orang yang pernah melakukan operasi ini atau melakukan riset tentang operasi ganti kelamin yang dapat membantu Anda memahami lebih dalam tentang operasi dan konsekuensinya.

Anda juga perlu mempertimbangkan masa kesembuhan setelah operasi dan siapa saja orang-orang yang bisa membantu Anda untuk merawat Anda setelah operasi. Support system ini akan penting untuk kesehatan Anda, tidak hanya setelah operasi, tetapi juga dalam jangka panjang. 

Anda juga dapat meminta petunjuk tentang masa rehabilitasi setelah operasi sebelumnya supaya Anda dapat mempersiapkan diri.

2. Konsultasi dengan Dokter

Apabila Anda telah merasa yakin dengan keputusan Anda, langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan tim dokter yang akan melakukan operasi Anda untuk meninjau riwayat medis Anda dan berdiskusi tentang prosedur apa yang Anda ingin ketahui, serta menentukan rencana operasi. 

Konsultasi ini akan lebih efektif apabila Anda mempersiapkan data obat-obatan yang Anda konsumsi dan dokumen-dokumen rekam medis Anda. Ketahui dokumen apa saja yang diperlukan untuk operasi ganti kelamin di dalam atau luar negeri dengan konsultasi melalui Whatsapp di nomor 0811-1446-777.

3. Persiapan Tahap Pra-Operasi

Sebelum melakukan operasi, dokter biasanya akan meminta Anda untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Evaluasi kesehatan mental. Hal ini penting karena operasi dapat mempengaruhi kondisi mental Anda dan evaluasi ini untuk menilai kesiapan Anda untuk menghadapi tekanan fisik dan emosional yang mengikuti perubahan setelah operasi.
  2. Tes ‘dunia nyata’, di mana dokter meminta Anda untuk mencoba menjalani kehidupan sebagai seorang wanita pada keseharian Anda, baik secara sosial dan profesional. Melakukan tes laboratorium atau evaluasi medis.
  3. Menyertakan dua surat rekomendasi dari dua terapis mengenai diagnosa disforia gender yang Anda alami.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu atau menyesuaikan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi;
  5. Berhenti merokok;
  6. Menghindari konsumsi aspirin, obat-obatan anti radang, dan suplemen herbal karena dapat meningkatkan perdarahan.

Bagaimana Prosedur Operasi Ganti Kelamin Pria?

Berikut ini adalah prosedur yang biasa dilakukan pada operasi ganti kelamin dari pria ke wanita.

  1. Bilateral orchiectomy, yaitu prosedur pengangkatan kedua testis.
  2. Persiapan glan atau kepala penis lengkap dengan neurovaskuler
  3. Persiapan uretra
  4. Reseksi atau pengangkatan korpus kavernosum (batang penis) dan korpus spongiosum (jaringan yang membungkus uretra)
  5. Vaginoplasty, yang biasanya dilakukan dengan penile inversion procedure. Prosedur ini dilakukan dalam beberapa tahap berikut:
  6. Membuat rongga vagina antara rektum (ujung usus besar yang mengarah ke anus) dan uretra, lalu dinding vagina dibuat dari kulit penis.
  7. Bibir vagina bagian luar dibuat dari kulit skrotum (kantung kulit yang membungkus testis) dan klitoris dibuat dari bagian glans penis. Pembuatan insisi (sayatan) untuk vagina umumnya dilakukan dengan kedalaman 15 cm dengan kisaran antara 12-16 cm.
  8. Bagian prostat, yaitu kelenjar di bawah kandung kemih pria, tidak diangkat untuk mencegah komplikasi seperti inkontinensia urin (sulit menahan buang air kecil) dan striktur uretra (penyempitan uretra yang menghambat aliran urin). Selain itu, bagian prostat ini juga mempunyai bagian sensitif terhadap rangsang seksual.
  9. Apabila kulit yang diambil antara penis dan skrotum untuk membuat bibir vagina tidak mencukupi, maka dokter akan mengambil kulit dari panggul, perut bagian bawah, atau kulit paha bagian atas.
  10. Perlu dicatat karena metode ini tidak secara alami menghasilkan cairan vagina, maka Anda akan membutuhkan pelumas dari luar untuk penetrasi seksual.
  11. Kulit skrotum mempunyai banyak folikel rambut sehingga dokter mungkin akan melakukan elektrolisis, yaitu prosedur untuk menghancurkan folikel rambut dengan aliran listrik untuk mencegah rambut tumbuh kembali, sekurang-kurangnya tiga kali dalam kurun waktu 8-12 minggu.

Pasca Operasi Ganti Kelamin Pria

Setelah operasi ganti kelamin, masa kesembuhan Anda dapat bervariasi bergantung pada operasi apa saja yang Anda lakukan. Pembengkakan dapat berlangsung selama dua minggu untuk operasi wajah dan dapat berlangsung hingga empat bulan atau lebih apabila Anda melakukan operasi bokong.

Pastikan Anda tetap mengikuti kontrol rutin setelah operasi agar Anda dapat menjalani masa kesembuhan dengan baik. Dokter juga akan menetapkan rancangan perawatan jangka panjang yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga mungkin akan membutuhkan kontrol lanjutan dengan urologis (dokter spesialis saluran kemih) atau ginekolog (dokter spesialis reproduksi kewanitaan).

Pertanyaan Seputar Operasi Ganti Kelamin Pria

Apakah Prosedur Ini Aman Dilakukan?

Prosedur operasi ini aman untuk dilakukan selama syarat-syarat operasi dipenuhi dengan baik dan operasi ini sendiri melibatkan tim medis dari berbagai multidisiplin yang membantu agar prosedur dilakukan secara komprehensif sehingga kesehatan Anda terjamin. Tim medis yang terlibat dalam operasi ganti kelamin ini adalah ginekolog, urologis, dokter spesialis nyeri panggul, dan dokter bedah plastik rekonstruktif.

Berapa Biaya Operasi Ganti Kelamin?

Biaya operasi ganti kelamin dapat bervariasi tergantung prosedur operasi apa saja yang Anda lakukan. Umumnya, biaya operasi ganti kelamin mulai dari THB 400 ribu di Thailand, atau setara dengan Rp180.382.500 (berdasarkan nilai tukar kurs per 13 Februari 2023). Anda dapat melakukannya di:

Biaya operasi ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan rumah sakit. Untuk informasi lebih lanjut yang lebih akurat, hubungi layanan medical travel facilitator KavaLink.

Apa Risiko dari Operasi Ganti Kelamin?

Sekalipun operasi ini cukup aman dilakukan, operasi selalu melibatkan risiko tersendiri. Pada kasus ini, risiko yang mungkin terjadi adalah:

  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Penyembuhan luka sayat bekas operasi yang buruk\
  • Hematoma (penumpukan darah di luar pembuluh darah)
  • Cedera saraf
  • Stenosis vagina (penyempitan atau hilangnya fleksibilitas vagina)
  • Cedera pada saluran kemih
  • Hubungan abnormal antara uretra dan kulitnya
  • Rasa sakit ketika berhubungan intim
  • Risiko pada anestesi, seperti mual, muntah, mulut yang kering, sakit tenggorokan, nyeri otot, gatal, gemetar, dan rasa mudah mengantuk. 

 (Artikel ini telah direview oleh dr. Eddy Wiria, PhD, Co-Founder dan CEO Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
  1. Preparation and Procedures Involved in Gender Affirmation Surgeries. https://www.verywellhealth.com/gender-affirmation-surgery-2710288 diakses pada tanggal 13 Februari 2023
  2. Transfeminine Bottom Surgery: Feminizing Genital Surgery. https://www.plasticsurgery.org/reconstructive-procedures/transfeminine-bottom-surgery/safety diakses pada tanggal 13 Februari 2023
  3. Preparing for Gender Affirmation Surgery: Ask the Experts. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/preparing-for-gender-affirmation-surgery-ask-the-experts diakses pada tanggal 13 Februari 2023
  4. UCSF Transgender Care & Treatment Guidelines. https://transcare.ucsf.edu/guidelines/vaginoplasty diakses pada tanggal 13 Februari 2023
  5. What Is Gender Affirmation Surgery? https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-gender-affirmation-surgery diakses pada tanggal 13 Februari 2023

Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini