Flek hitam

Jumat, 28 Agustus 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Hitam

LinkSehat - Flek hitam adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap dibanding kulit di area sekitarnya. Ini merupakan masalah kulit yang sering muncul selain jerawat dan kulit kusam.

Kemunculan flek hitam ditandai dengan bercak atau bintik kecoklatan/kemerahan di kulit, seringkali muncul di kulit wajah, lengan, dada, ataupun leher. Anda sebaiknya segera ke dokter kulit jika flek hitam tumbuh menonjol (tekstur tidak rata, bergelombang), berubah warna, atau terasa nyeri saat disentuh.

Penyebab flek hitam

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin (pigmen penentu warna kulit), terutama setelah terpapar sinar UV matahari. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, semakin gelap kulit Anda sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Selain paparan sinar UV matahari, Anda berisiko tinggi memiliki flek hitam jika berkulit putih dan/atau punya keluarga dengan kondisi serupa (faktor genetik).

Cara mengatasi flek hitam

Flek hitam sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya (misalkan, dengan menghindari paparan sinar UV matahari) dan/atau seiring bertambahnya usia. Namun jika kemunculan flek hitam mempengaruhi rasa percaya diri Anda, berikut ini beberapa pilihan untuk menyamarkan flek hitam:

1. Tabir surya

Gunakan tabir surya minimal SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan, terutama pada jam 10.00-14.00. Oleskan tabir surya secara merata 20 menit sebelum keluar rumah dan gunakan ulang tiap 2-3 jam sekali agar perlindungannya maksimal.

2. Krim pemutih atau retinoid

Pilih krim pemutih yang mengandung hydroquinone untuk mengatasi flek hitam. Kandungan tersebut dapat menekan produksi melanin sekaligus mencerahkan area kulit yang gelap. Krim retinoid juga bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam, karena mengandung senyawa vitamin A (seperti tretinoin topikal).

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai krim pemutih/retinoid, karena pada kasus tertentu, penggunaan krim secara sembarangan justru dapat memperburuk kondisi kulit.

3. Perawatan di klinik kecantikan

Misalnya, dengan terapi laser atau chemical peeling.

Terapi laser dapat menyamarkan flek hitam sekaligus mencerahkan kulit. Metode ini dilakukan dengan memancarkan sinar laser ke area kulit dengan flek hitam. Sedangkan, chemical peeling menggunakan cairan kimia khusus (seperti asam alfa hidroksi atau asam trikloroasetat) untuk mengangkat sel-sel kulit bermasalah sehingga mendorong proses regenerasi kulit.

Perawatan di klinik kecantikan harus dilakukan beberapa kali agar hasilnya optimal.

4. Cryosurgery

Cryosurgery adalah prosedur untuk membekukan dan menghancurkan sel kulit bermasalah menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah. Meski aman dan waktu pemulihannya singkat, tidak semua jenis flek dapat diatasi dengan cara ini.

Itulah beberapa cara menyamarkan flek hitam. Jika Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar flek hitam, Konsultasi Dokter Online dengan dokter kulit dan kecantikan di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Kids Health. What Are Freckles?.
WebMD. (2019). Freckles and How They Differ from Other Skin Spots.
WebMD. (2019). Moles, Freckles, and Skin Tags.



Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Chemical Peeling Agar Wajah Makin Glowing

Chemical peeling banyak dilakukan untuk memperbaiki tampilan kulit serta menyamarkan garis-garis Baca Selengkapnya...

Dermal Filler untuk Samarkan Kerutan di Wajah

Dermal filler dilakukan sesuai indikasi dan keinginan Anda, sehingga perlu berkonsultasi dengan Baca Selengkapnya...

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

Meski kehadirannya seringkali tidak diinginkan, jerawat tetap bisa muncul di area wajah, leher, Baca Selengkapnya...