berobat luar negeri, linksehat, kavacare

Jumat, 23 Desember 2022

Persiapan Berobat ke Luar Negeri: Cara dan Rekomendasi Negara

Berobat ke luar negeri bukan lagi hal asing. Banyak pasien dalam negeri yang memilih mencari peluang kesembuhan dengan menjalani pengobatan di negara tetangga. Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk berobat ke luar negeri, berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Jika Anda ingin berobat ke luar negeri, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan medis terpercaya dari Kavacare x LinkSehat. Hubungi kami melalui Whatsapp di 0857 8000 8707 untuk berkonsultasi gratis seputar berobat ke luar negeri.

Alasan Banyak Pasien Indonesia Berobat ke Luar Negeri

Setiap tahunnya diperkirakan 1 juta orang Indonesia menjalani pengobatan ke luar negeri. Walau fasilitas kesehatan dalam negeri terbilang baik, ada hal-hal yang sering jadi dorongan pasien untuk berobat ke luar negeri, misalnya:

1. Mencari Second Opinion

Berobat ke luar negeri jadi cara untuk mencari pendapat lain atau second opinion. Bisa jadi, pengalaman dokter yang berbeda dan teknologi di luar negeri memungkinkan adanya metode pengobatan lain yang dilakukan, dengan kesempatan sembuh lebih tinggi.

2. Teknologi Lebih Canggih

Beberapa metode pengobatan yang membutuhkan teknologi terbaru bisa jadi belum tersedia di Indonesia sehingga jika ingin menjalani terapi tersebut, harus mencari rumah sakit di negara yang memiliki teknologi mumpuni.

3. Menemui Dokter Spesialis Lebih Cepat

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan perbandingan ideal adalah 23 dokter spesialis untuk 100 pasien. Namun perbandingan jumlah dokter spesialis dengan pasien di dalam negeri masih jauh dari angka tersebut, sehingga akses pasien untuk menemui dokter spesialis tidak bisa selalu cepat. Dengan berobat ke luar negeri, waktu tunggu bertemu dokter spesialis mungkin relatif lebih sebentar. Bahkan bisa lebih cepat dibanding saat berobat di dalam negeri.

4. Privasi

Banyak pasien dan keluarga yang memilih berobat ke luar negeri untuk kenyamanan proses pengobatan. Termasuk mengurangi intensitas interaksi dengan orang-orang yang terus menanyakan seputar penyakit dan perawatan. Terutama untuk pasien dengan penyakit berat, mungkin terasa kurang nyaman jika terus menerus ditanya terkait penyakitnya, bahkan bisa menimbulkan stres.

5. Liburan

Mengunjungi negara baru saat berobat bisa jadi perjalanan liburan sekaligus. Tidak ada salahnya berekreasi di tengah upaya pengobatan untuk relaksasi serta mengurangi stres menjalani proses perawatan.

Kapan Sebaiknya Berobat ke Luar Negeri?

Berobat ke luar negeri adalah jalan tambahan untuk mencapai kesembuhan. Namun untuk menjalani pengobatan ke luar negeri butuh pertimbangan dan persiapan yang matang.

 

Anda bisa mencoba berobat ke luar negeri jika:

●      Adanya metode pengobatan di luar negeri yang terbukti dapat meningkatkan peluang sembuh, tetapi belum tersedia di dalam negeri. Misalnya untuk pasien autoimun yang membutuhkan terapi khusus, atau pasien kanker yang hendak mencoba teknologi pengobatan terbaru

●      Setelah berkonsultasi ke beberapa dokter belum menemukan terapi atau pengobatan yang efektif

●      Menemukan rumah sakit di luar negeri yang memiliki perawatan atau terapi dengan hasil sesuai harapan Anda

●      Pengobatan terasa berjalan lambat karena kesulitan menemui dokter spesialis

●      Akses ke luar negeri lebih mudah dibanding ke rumah sakit besar di dalam negeri (misalnya Anda berada di Batam, sehingga lebih dekat dan cepat ke Singapura)

●      Setelah mempertimbangkan, lebih efisien waktu maupun biaya untuk berobat ke luar negeri dibanding di dalam negeri

Panduan dan Cara Berobat ke Luar Negeri

Berbeda dengan persiapan berobat di dalam negeri, saat Anda memutuskan untuk menjalani pengobatan di luar negeri maka ada serangkaian hal yang perlu dilakukan supaya Anda dan keluarga bisa berangkat. Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui:

1. Mencari Rumah Sakit dan Dokter

Untuk berobat ke luar negeri, Anda mungkin harus mandiri untuk menemukan rumah sakit, klinik, atau dokter yang sesuai dengan kebutuhan pengobatan.Informasi yang wajib Anda ketahui antara lain fasilitas yang disediakan, kompetensi dokter, serta pastikan rumah sakit atau klinik tersebut memiliki review positif.

2. Menghubungi Rumah Sakit atau Klinik Tujuan

Hubungi lebih dulu rumah sakit atau klinik tujuan untuk memastikan apakah mereka menerima pasien internasional, serta memiliki fasilitas pengobatan yang memang Anda perlukan. Buatlah janji lebih dulu, disesuaikan dengan tanggal keberangkatan Anda.

3. Mempersiapkan Kelengkapan Dokumen

Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan serta proses pengobatan. Jangan sampai ada dokumen yang terlewat. Segera urus dokumen-dokumen penting jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

4. Mempersiapkan Akomodasi

Anda mungkin perlu menginap 1 - 2 hari, dan bisa lebih lama. Pasien yang perlu dirawat tentu bisa menginap di rumah sakit. Tetapi bagi pengantar dan persiapan setelah masa perawatan selesai, perlu akomodasi seperti hotel atau menyewa apartemen.

 

Pilih penginapan yang aksesnya mudah, dekat dengan rumah sakit atau klinik, serta tidak sulit mencari makanan maupun keperluan hidup lainnya.

Persiapan Berobat ke Luar Negeri

Persiapan untuk berobat ke luar negeri tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Sebaiknya, Anda sudah mencicil hal-hal penting yang tidak boleh ketinggalan untuk berobat ke luar negeri, yaitu:

1. Dokumen Penting

Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen perjalanan seperti paspor dan visa. Sebelum berangkat pastikan paspor Anda dan keluarga masih bisa digunakan. Jika butuh visa, maka urus lebih dulu dokumen visa.

2. Dokumen Medis

Bawa selengkap-lengkapnya dokumen terkait pengobatan. Selain mengandalkan pemeriksaan yang akan dilakukan, Anda bisa mempermudah proses pengobatan dengan memperlihatkan dokumen-dokumen seperti:

●      Rekam medis

●      Hasil laboratorium/radiologi

●      Resep obat-obatan yang diberikan

3. Biaya

Berobat ke luar negeri butuh persiapan biaya yang tidak sedikit. Tentunya harus disesuaikan pula dengan kurs mata uang negara tujuan. Disarankan mempersiapkan biaya lebih dari hasil perhitungan untuk berjaga-jaga adanya pengeluaran tak terduga.

4. Metode Pembayaran

Anda bisa menggunakan kartu debit, kredit, atau uang tunai. Pastikan kartu Anda adalah jenis kartu yang dapat digunakan untuk transaksi luar negeri. Jika Anda menggunakan uang tunai, pastikan telah menukar ke valuta asing sebelum keberangkatan agar lebih mudah.

Anda yang hendak membayar dengan asuransi pun sebelumnya harus memastikan jika rumah sakit atau klinik tersebut menerima jaminan asuransi yang Anda gunakan.

5. Konsultasi dengan Konsultan Medis

Persiapan berobat ke luar negeri memang cukup rumit. Terlebih bagi Anda yang belum pernah berobat ke luar negeri. Namun Anda tidak perlu cemas, karena bisa berkonsultasi lebih dulu dengan jasa konsultan medis profesional. Konsultan medis dapat membantu dan mengarahkan Anda agar proses berobat ke luar negeri lebih mudah serta lancar.

Rekomendasi Negara dan Rumah Sakit di Luar Negeri

1. Malaysia

Selain jarak yang tergolong dekat, rumah sakit di Malaysia pun menawarkan pelayanan kesehatan terbaik dengan dokter-dokter spesialis terkenal di bidangnya.

Beberapa rumah sakit terbaik di Malaysia, antara lain:

●      Island Hospital Penang                      

●      Gleneagles Hospital Penang             

●      Penang Adventist Hospital                

●      Beacon Hospital Kuala Lumpur                     

●      Sunway Medical Centre                    

●      Pantai Hospital                      

●      Mount Miriam Hospital

2. Singapura

Singapura jadi salah satu tujuan berobat warga Indonesia karena jaraknya pun cukup dekat, serta memiliki fasilitas yang lengkap. Berikut rekomendasi rumah sakit terbaik di Singapura:

●      Parkway Hospital                   

●      Mount Elizabeth Orchard                   

●      Mount Elizabeth Novena                   

●      Mount Alverina                       

3. Thailand

Banyak orang berminat berobat ke Thailand terutama untuk operasi plastik. Selain itu mudah untuk masuk ke Thailand karena tidak perlu menggunakan visa. Rekomendasi rumah sakit terbaik di Thailand, yaitu:

●      Bangkok Siriroj Hospital - Phuket Plastic Surgery Institute                                      

●      Kamol Cosmetic Hospital                                                      

●      Samitivej Hospital                                                      

●      Pattaya Hospital                                                        

●      Phyathai Hospital                                                       

●      Thonburi Hospital                                                      

4. Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki teknologi medis terbaik. Terutama untuk bedah plastik, banyak yang berminat berobat ke Korea Selatan. Rekomendasi rumah sakit terbaik di Korea Selatan, antara lain:

●      Samsung Medical Center

●      Wonjin Plastic Surgery Clinic                                    

●      Banobagi Plastic Surgery and Aesthetic Clinic                                             

●      JK Plastic Surgery Clinic                                           

5. India

India memiliki fasilitas medis terbaik untuk perawatan kanker, bedah jantung dan saraf, serta prosedur transplantasi organ. Beberapa rumah sakit yang bisa jadi pilihan untuk berobat di India antara lain:

●      Narayana Health Hospital                 

●      Apollo Hospital                       

 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Eddy Wiria, PhD., Co-Founder & CEO Kavacare)

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

1.     10 Reasons Why Medical Tourism Is Becoming Popular Around the World. https://shifainternationalpatients.com/blog/10-reasons-why-medical-tourism-is-becoming-popular-around-the-world diakses 1 Agustus 2022

2.     Mengapa Orang Indonesia Lebih Memilih Berobat ke Luar Negeri? https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/10/160157820/mengapa-orang-indonesia-lebih-memilih-berobat-ke-luar-negeri?page=all diakses 1 Agustus 2022

3.     Medical Tourism. https://wwwnc.cdc.gov/travel/yellowbook/2020/travel-for-work-other-reasons/medical-tourism diakses 1 Agustus 2022

4.     Why Medical Tourism Is Drawing Patients, Even in a Pandemic. https://www.nytimes.com/2021/01/19/travel/medical-tourism-coronavirus-pandemic.html diakses 1 Agustus 2022

5.     Ini Alasan Sebagian Orang Memilih Berobat ke Luar Negeri https://www.republika.co.id/berita/phtetv349/ini-alasan-sebagian-orang-memilih-berobat-ke-luar-negeri diakses 1 Agustus 2022

6.     Medical Tourism Guide: Countries, Benefits, and Risks. https://www.verywellhealth.com/understanding-medical-tourism-4069869 diakses 1 Agustus 2022


Author Tim Kavacare Tim Kavacare
Reviewed by Dr. Eddy Wiria, PhD Dr. Eddy Wiria, PhD

Nilai Artikel Ini