sakit maag, linksehat, kavacare

Senin, 22 Mei 2023

Pertolongan Pertama Sakit Maag yang Perlu Diketahui

Sakit maag? Tampaknya kondisi satu ini sudah menjadi penyakit yang wajar bagi masyarakat Indonesia. Disebabkan oleh bermacam-macam hal, satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah mengenai pertolongan pertama sakit maag jika Anda mengalami gejalanya. Tak perlu khawatir, pertolongan pertama ini cukup aman dipilih meskipun sebaiknya Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan tenaga medis. Hal itu mengingat, setiap penderita sakit maag memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Anda dapat menghubungi Kavacare untuk mendapatkan layanan medis setelah mendapatkan pertolongan pertama saat sakit maag. Kavacare juga menyediakan layanan homecare yang siap membantu menangani masalah kesehatan Anda di rumah. Hubungi kami di nomor WhatsApp 0811-1446-777.

Apa Itu Sakit Maag?

Sakit maag (indigestion) atau juga disebut dispepsia adalah kondisi ketika Anda merasakan ketidaknyamanan di perut bagian atas yang biasanya disertai dengan rasa nyeri terbakar di belakang tulang dada (heartburn). Kedua rasa tersebut dapat terjadi bersamaan atau sendiri-sendiri.

Biasanya sakit maag muncul segera setelah Anda makan atau minum yang digambarkan seperti rasa sakit perut atau perasaan kenyang setelah Anda mulai makan. Yang perlu Anda waspadai, sakit maag juga bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit yang menyerang pencernaan.

Meskipun sakit maag adalah hal biasa, setiap orang mungkin mengalami kondisi ini dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian orang mungkin merasakan gejalanya sesekali, tapi sebagian yang lain mungkin merasakannya setiap hari. Karena itulah, Anda membutuhkan pertolongan pertama sakit maag saat kondisi itu terjadi. Untuk menanganinya, biasanya Anda diharuskan untuk mengubah gaya hidup hingga dengan bantuan obat-obatan.

Apa Penyebab Umum Sakit Maag?

Sakit maag sering kali disebabkan oleh asam lambung yang mengiritasi lapisan lambung atau tenggorokan. Jika sampai disertai muntah, maka kondisi ini disebut refluks asam. Asam lambung tersebut memecah lapisan hingga menyebabkan iritasi dan peradangan. Karena itulah Anda akan merasa kesakitan.

Dalam kebanyakan kasus, sakit maag sangat berkaitkan dengan makanan. Meski demikian, kondisi ini juga bisa dipicu ataupun diperburuk oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

●        Makanan dan minuman tertentu, seperti kopi, tomat, alkohol, cokelat, dan makanan berlemak atau pedas.

●        Kelebihan berat badan.

●        Merokok.

●        Kehamilan.

●        Stres dan kecemasan.

●        Obat-obatan, termasuk obat penghilang rasa sakit antiinflamasi seperti ibuprofen.

●        Hernia hiatus, ketika bagian perut Anda bergerak naik ke dada.

Sakit maag juga bisa disebabkan oleh luka terbuka di lapisan perut Anda (tukak lambung) dan sebagian kecil kasus merupakan tanda penyakit serius seperti kanker perut.

Bagaimana Gejala Sakit Maag?

Berikut beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan jika Anda mengalami sakit maag. Apa saja?

●        Rasa kenyang lebih awal saat makan. Anda belum makan banyak, tetapi Anda sudah merasa kenyang dan mungkin tidak bisa menyelesaikan makan.

●        Rasa kenyang yang tidak nyaman setelah makan. Perasaan kenyang bertahan lebih lama dari yang seharusnya.

●        Ketidaknyamanan di perut bagian atas. Anda merasakan nyeri ringan hingga parah di area antara bagian bawah tulang dada dan pusar.

●        Rasa terbakar di perut bagian atas. Anda merasakan panas yang tidak nyaman atau sensasi terbakar di antara bagian bawah tulang dada dan pusar.

●        Kembung di perut bagian atas. Anda merasakan sensasi sesak yang tidak nyaman di perut bagian atas.

●        Mual. Anda merasa seperti ingin muntah.

●        Muntah dan bersendawa, tetapi gejala ini jarang terjadi.

Terkadang penderita maag juga merasakan heartbun atau rasa nyeri terbakar di dada. Gejala satu ini dapat menyebar ke leher atau punggung selama atau setelah makan. Apabila Anda merasakan gejala dari sakit maag di atas, maka Anda perlu melakukan pertolongan pertama sakit maag. Bagaimana caranya?

Pertolongan Pertama pada Sakit Maag

Banyak orang mungkin tidak tahu bagaimana jika mereka sedang berhadapan dengan sakit maag. Jika itu terjadi, Anda perlu melakukan pertolongan pertama sakit maag yang sebenarnya cukup sederhana. Beberapa obat atau bahan lain yang dijual bebas dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan dengan cepat. Apa saja pertolongan pertama sakit maag itu?

Antasida yang Dijual Bebas

Antasida yang tersedia secara komersial merupakan pengobatan yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan nyeri maag secara cepat. Membantu meningkatkan pH lambung, Anda dapat menggunakan antasida untuk meredakan ketidaknyamanan sakit maag yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Refluks asam hingga heartburn akibat sakit maag biasanya merespons obat antasida dengan baik.

Baking Soda (Sodium bicarbonate)

Sodium bikarbonat atau baking soda memiliki pH yang tinggi karena itu ia mampu menetralkan asam di perut dan dapat membantu meredakan kembung. Untuk melakukan penanganan ini, campurkan satu setengah sendok teh baking soda ke dalam sekitar empat ons air, lalu minumlah.

Namun perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumi sodium bikarbonat dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman, termasuk kram perut, mual, sembelit, atau diare. Jika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, Anda harus memberi jeda setidaknya dua jam antardosis.

Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak baking soda untuk mengatasi sakit maag juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda berusia lanjut. Menurut para ahli, orang dewasa di bawah usia 60 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari tujuh setengah sendok teh baking soda dalam waktu 24 jam. Sedangkan mereka yang berusia di atas 60 tahun tidak boleh minum lebih dari tiga setengah sendok teh dalam 24 jam.

Peppermint atau Chamomile

Para peneliti mengungkap bahwa peppermint adalah obat alami yang efektif untuk mengurangi sakit perut yang berhubungan dengan maag. Anda dapat menyesap teh peppermint karena air hangat akan membantu menenangkan perut Anda. Tak hanya itu, jika Anda memiliki minyak esensial mint, itu juga bisa Anda gunakan.

Selain peppermint, chamomile juga dapat membantu meredakan sakit maag karena secara alami mengurangi peradangan dan kejang. Jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan chamomile  untuk membantu memperbaiki sakit maag Anda.

Akar Licorice

Untuk meredakan sakit maag, Anda bisa mengunyah akar licorice atau menambahkannya ke dalam air panas untuk membuat teh. Namun harap berhati-hati, jangan mengonsumsi terlalu banyak. Licorice dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit ketika dikonsumsi berlebihan. Wajarnya, tetaplah dengan dosis 2,5 gram atau kurang per hari.

Jahe

Jahe sudah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk sakit maag. Itu karena mengandung senyawa yang menurut peneliti dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Senyawa yang ada dalam jahe tersebut juga dapat membantu Anda meredakan mual dan diare yang mungkin menyertai maag dan mengurangi muntah.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa suplementasi jahe dapat meredakan gejala maag sebesar 35% hingga 73% pada pasien dengan maag yang berkaitan dengan Helicobacter Pylori. Saat dikonsumsi, Anda akan merasa lebih lega dan tenang.

Selain itu, obat-obatan berikut dapat jadi opsi penanganan sakit maag. Namun, Anda hanya boleh mengonsumsinya sesuai resep dan petunjuk dokter.

●        Proton Pump Inhibitors (PPI): PPI dapat menghambat produksi asam lambung Anda. Obat ini mungkin akan direkomendasikan jika Anda mengalami heartburn bersamaan dengan sakit maag.

●        Penghambat Reseptor H-2: Obat ini juga dapat mengurangi sekresi asam lambung.

●        Prokinetik: Obat ini mungkin berguna jika perut Anda kosong secara perlahan.

●        Antibiotik: Antibiotik dapat membantu jika bakteri H. pylori yang menyebabkan sakit maag Anda.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

1.    10 Ways to Get Rid of Indigestion Fast. https://healthcareassociates.com/10-ways-to-get-rid-of-indigestion-fast/, diakses pada Rabu, 18 Januari 2023.

2.    Indigestion. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211, diakses pada Rabu, 18 Januari 2023.

3.    Indigestion. https://www.nhs.uk/conditions/indigestion/, diakses pada Rabu, 18 Januari 2023.

4.    Indigestion. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/indigestion, diakses pada Rabu, 18 Januari 2023.

5.    Does ginger relieve symptoms of dyspepsia?. https://journals.lww.com/ebp/Citation/2021/12000/Does_ginger_relieve_symptoms_of_dyspepsia_.30.aspx#:, diakses pada 12 Mei 2023.

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)


Author Tim Kavacare Tim Kavacare

Nilai Artikel Ini