Ptosis Correction, kelopak mata, linksehat, kavacare

Sabtu, 23 Desember 2023

Ptosis Correction: Persiapan dan Prosedur

Seiring bertambahnya usia, otot levator yang mengangkat kelopak mata atas meregang dan melemah, menyebabkan kelopak mata kendur atau kondisi yang disebut ptosis. Kondisi ini pun dapat mempengaruhi fungsional penglihatan maupun dari segi penampilan (kosmetik). Bila Anda memiliki ptosis yang mengganggu, prosedur ptosis correction bisa menjadi pengobatan yang efektif.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tindakan Ptosis Correction di dalam negeri ataupun luar negeri, layanan medical travel facilitator KavaLink dari Kavacare siap membantu Anda. Hubungi Konsultan Medis profesional kami melalui Whatsapp di nomor 0857-8000-8707 dan mulai konsultasi gratis sekarang.

Apa Itu Ptosis Correction?

Ptosis merupakan suatu kondisi medis yang terjadi ketika otot levator melemah dan gagal mengangkat kelopak mata atas dengan baik sehingga satu atau kedua kelopak mata atas turun lebih rendah dari yang seharusnya. Dalam beberapa kasus yang parah, ptosis dapat menyebabkan kelopak mata kendur sehingga menghalangi sebagian pandangan.

Selain karena faktor penuaan, ptosis juga dapat disebabkan oleh kelainan otot neurologis tertentu. Kondisi ini juga dapat terjadi saat lahir atau dalam tahun pertama anak yang disebut dengan ptosis bawaan atau kongenital.

Ptosis correction (koreksi ptosis) adalah operasi untuk mengencangkan otot yang mengangkat kelopak mata bagian atas. Jika kelopak mata Anda mengganggu penglihatan, penglihatan Anda akan membaik dengan prosedur ini. Selain itu, bentuk mata juga dapat lebih tampak mempesona dengan kelopak mata yang lebih terbuka dan tampilan pupil yang lebih jelas.

Pada penderita anak-anak, disarankan untuk menunggu hingga anak lebih besar sebelum menjalani operasi koreksi ptosis. Hal ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan pasien yang lebih baik serta karena fitur wajah anak dapat tumbuh dan matang, dokter juga bisa lebih akurat dalam melakukan pengukuran pra operasi. Selain itu, pemulihan pasca operasi mungkin terlalu menyusahkan untuk dialami oleh anak kecil.

Kapan Membutuhkan Ptosis Correction?

Metode ptosis correction digunakan kebanyakan pasien yang mengalami pengaburan penglihatan dan hilangnya bidang penglihatan perifer yang disebabkan oleh kelopak mata yang terkulai.

Kontraindikasi

Metode ini tidak direkomendasikan pada pasien dengan kondisi:

●      Memiliki mata kering yang parah.

●      Menderita ptosis miogenik seperti oftalmoplegia eksternal progresif kronis.

●      Menderita fenomena poor bell.

●      Ptosis yang berhubungan dengan kelumpuhan saraf okulomotor.

●      Myasthenia gravis.

Jenis-jenis Prosedur Ptosis Correction

Prosedur yang paling umum digunakan untuk mengatasi ptosis pada orang dewasa yaitu:

●      Levator repair (pendekatan anterior): Ini memperpendek otot levator atau otot yang mengangkat kelopak mata guna meninggikan posisi kelopak mata.

●      Muller’s muscle-conjunctival resection (pendekatan posterior): Biasanya digunakan untuk pasien dengan ptosis ringan dan fungsi levator yang sangat baik, atau ptosis sekunder akibat sindrom Horner dan socket anophthalmic.

Persiapan Sebelum Melakukan Ptosis Correction

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur koreksi ptosis:

1. Konseling dan Persetujuan Pasien

Bersama ahli bedah, Anda akan mendapatkan penjelasan yang jelas tentang tujuan pembedahan, termasuk informasi mengenai teknik pembedahan yang digunakan, ukuran sayatan, dan sifat luka pasca operasi. Seorang ahli bedah biasanya juga akan menunjukkan foto pasien lain sebelum dan sesudah operasi sehingga Anda tahu apa yang diharapkan.

Ini juga mencakup pemahaman tentang kemungkinan overkoreksi, under koreksi, asimetri kontur kelopak mata, lagophthalmos pasca operasi, dan kemungkinan efek lainnya. Anda akan mendapat informed consent atau persetujuan untuk tindakan medis

2. Foto Sebelum Operasi

Sebelum menjalani prosedur, Anda perlu mengambil foto klinis dengan tatapan berikut:

●      Tatapan lurus

●      Kelopak mata tertutup

●      Melihat ke bawah

●      Melihat ke atas

●      Tampilan miring

Setelah 2 bulan pasca operasi, Anda perlu menjalani foto klinis kembali dengan posisi yang sama untuk perbandingan.

3. Perubahan Gaya Hidup

Dokter merekomendasikan perubahan gaya hidup tertentu untuk membantu meningkatkan keberhasilan prosedur. Hal ini termasuk olahraga teratur, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, menghindari alkohol, dan menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan perdarahan.

Bagaimana Prosedur Ptosis Correction?

1. Skin Marking

Ketepatan bedah dimulai dengan skin marking (penandaan kulit). Pada tahap ini, dokter bedah secara tepat menandai kulit kelopak mata sebagai persiapan untuk eksisi bedah.

2. Anestesi

Anestesi umum adalah pilihan yang lebih disukai untuk pasien anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa digunakan anestesi lokal dengan sedasi intravena. Infiltrasi anestesi lokal dilakukan dengan lidokain 2% yang mengandung 1-100.000 epinefrin.

3. Operasi

Prosedur koreksi ptosis bisa berbeda tergantung metode yang digunakan. Pilihan metode yang dapat digunakan meliputi:

●      Metode operasi koreksi ptosis non-insisi. Metode ini melibatkan pembuatan lubang mikro (bukan sayatan) sebesar 1-2mm sepanjang garis lipatan. Kemudian ahli bedah akan menyelaraskan otot mata dan memperbaikinya dengan menggunakan benang.

●      Metode operasi koreksi ptosis dengan insisi  Metode insisi direkomendasikan untuk pasien yang memiliki gejala ptosis yang parah. Ahli bedah akan membuat sayatan dan dilanjutkan dengan menghilangkan kulit, otot, atau lemak berlebih yang tidak diperlukan dan memperbaiki otot mata yang menyebabkan gejala ptosis. Pada langkah terakhir, ahli bedah menjahit sayatan dengan benang khusus.

Perawatan Pasca-Prosedur

Biasanya Anda bisa pulang beberapa jam setelah menjalani prosedur. Guna mempercepat proses pemulihan, dokter mungkin menganjurkan beberapa hal berikut ini:

●      Hindari membasahi kelopak mata, jangan berenang selama 4 minggu.

●      Hindari menggunakan riasan selama beberapa minggu dan lindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari.

●      Hindari minum alkohol selama beberapa minggu.

●      Olahraga teratur dapat membantu Anda kembali ke aktivitas normal sesegera mungkin. Namun, sebelum Anda mulai berolahraga mintalah saran dari dokter Anda.

●      Jika merasakan rasa sakit atau nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan, obat pereda rasa sakit dan kompres dingin dapat membantu.

Perlu diketahui pula bahwa prosedur ptosis correction adalah bentuk usaha bukan jaminan kesembuhan yang mana dan terdapat beberapa risiko komplikasi yang bisa terjadi. Beberapa komplikasi setelah ptosis correction antara lain yaitu:

●      Undercorrection (kurang koreksi)

●      Overcorrection (koreksi berlebihan)

●      Lagophthalmos dan keratitis paparan

●      Cacat kontur kelopak mata

●      Prolaps konjungtiva

●      Ptosis bulu mata

●      Granuloma jahitan

Pertanyaan Seputar Ptosis Correction

Adakah Tindakan Alternatif Yang Bisa Dilakukan?

Operasi koreksi ptosis menjadi salah satu cara terbaik dan efektif untuk mengobati ptosis. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin memperbaiki tampilan kelopak mata tanpa menjalani operasi. Jika Anda memiliki ptosis ringan yang disebabkan oleh penuaan, beberapa prosedur non-bedah berikut mungkin bermanfaat bagi Anda:

●      Botox

●      Dermal filler

●      Terapi radiofrekuensi

●      Terapi laser

Sedangkan ptosis ringan pada anak, terkadang dapat diobati melalui obat tetes mata atau alat khusus penyangga kelopak mata yang disebut kruk ptosis. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas perawatan non-bedah akan bergantung pada penyebab kondisi ptosis dan tingkat keparahannya.

Berapa Estimasi Biaya Prosedur Ptosis Correction?

Biaya prosedur koreksi ptosis sangat bervariasi. Di Indonesia, mulai dari belasan juta hingga puluhan juta.

Di luar negeri seperti Singapura, biaya operasi koreksi ptosis mulai $5.000 atau sekitar Rp 78 juta. Biaya sebenarnya bergantung pada faktor-faktor seperti teknik bedah yang digunakan, kompleksitas kondisi pasien, serta biaya ahli bedah, biaya dokter anestesi, biaya fasilitas operasi, dan obat yang diresepkan.

Anatomi kelopak mata atas sangatlah rumit dan prosedur koreksi ptosis adalah prosedur yang sulit. Oleh karena itu sangat penting untuk bekerja sama dengan ahli bedah spesialis yang memiliki tingkat pengalaman dan keahlian ahli bedah dalam melakukan operasi koreksi ptosis untuk mendapatkan hasil terbaik.

Konsultasikan gratis dengan Medical Travel Facilitator KavaLink seputar rencana operasi ptosis correction Anda.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
  1. Ptosis Correction. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK539828. Diakses 29 September 2023.
  2. Ptosis Surgery (Adult). https://www.healthdirect.gov.au/surgery/ptosis-surgery. Diakses 29 September 2023.
  3. Ptosis Treatment Without Surgery. https://shensclinic.com/ptosis-treatment-without-surgery Ptosis Correction. Diakses 29 September 2023.
  4. Ptosis Correction. https://www.vippskorea.com/face/eye-surgery/ptosis-correction.html. Diakses 29 September 2023.
  5. Ptosis Correction For Children. https://www.allureplasticsurgery.sg/ptosis-correction-for-children. Diakses 29 September 2023.

 

(Artikel ini telah direview oleh dr. Keyvan Fermitaliansyah, Care Pro & Dokter Umum di Kavacare)


Author Tim Kavacare Tim Kavacare

Nilai Artikel Ini