Seorang petugas kesehatan sedang meneteskan cairan di atas kulit tangan seorang pasien

Rabu, 08 Januari 2020

Tes Alergi Kulit

Link Sehat - Allergy skin test (lebih dikenal sebagai tes alergi kulit) adalah prosedur untuk mengetahui faktor penyebab reaksi alergi pada tubuh.

Tes alergi kulit dianjurkan bagi Anda yang mengalami reaksi alergi tanpa diketahui penyebab pastinya. Tes ini dilakukan untuk membantu Anda mengetahui penyebab munculnya reaksi alergi. Hasil pemeriksaan dapat membantu Anda mengetahui penyebab reaksi alergi serta membantu dokter menentukan rencana terapi dan pengobatan.

Tes alergi kulit banyak dilakukan untuk mendiagnosis berbagai kondisi alergi, seperti hay fever, asma, eksim, serta alergi makanan, penicillin, racun lebah, dan latex. Meski aman dilakukan pada siapa saja, tes ini tidak dianjurkan pada orang dengan kondisi berikut:

  • Memiliki riwayat terjadinya reaksi alergi berat yang mengancam nyawa
  • Sedang minum obat yang dapat berpengaruh pada hasil pemeriksaan, seperti antihistamin
  • Mengalami kelainan kulit, seperti eksim atau psoriasis di tempat biasanya tes dilakukan

Prosedur tes alergi kulit

Prosedur tes alergi kulit biasanya dilakukan melalui tiga cara, yaitu:

  • Scratch test, dikenal juga denganpuncture atauprick test. Bagian lengan depan atau punggung Anda akan dibersihkan dengan alkohol, lalu ditandai dan diberi nama menggunakan pulpen. Setelahnya, zat alergen akan digoreskan ke permukaan kulit area tersebut.
  • Intradermal test, zat alergen akan disuntikkan dalam jumlah kecil dibawah kulit.
  • Patch test, zat alergen dalam bentukpatch akan ditempelkan pada lengan atau punggung.

Hasil yang positif menandakan bahwa Anda alergi terhadap bahan tertentu. Semakin banyak ruam kemerahan pada kulit setelah zat alergen diteteskan (kaligata), semakin besar tingkat sensitivitas kulit terhadap zat alergen tersebut.

Allergy skin test dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Pemulihan setelah tes alergi kulit

Setelah dilakukan tes, pencetus dan tinta pulpen akan dibersihkan dari kulit. Setelahnya, dokter mungkin akan memberikan krim anti radang untuk mengurangi rasa gatal dan obat oral lain. Hasil tes akan digunakan untuk merencanakan terapi lanjutan untuk Anda.

Anda bisa menghubungi Medical Consultant kami di sini untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan Rumah Sakit di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait prosedur tes alergi kulit.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Mayo Clinic. (2019). Patient care & health information. Tests & procedures. Allergy skin tests.
WebMD. Allergies. If you get skin testing for allergies.



Author dr. Elrika Anastasia W. dr. Elrika Anastasia W.
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Rhinitis Non Alergi

Rhinitis non alergi adalah peradangan yang tidak disertai gejala gatal di hidung, mata, atau Baca Selengkapnya...

Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi tidak bisa sembuh total, namun gejala penyakit bisa ditekan dengan minum obat yang Baca Selengkapnya...

Imunoterapi untuk Atasi Kanker

Terdapat beberapa tipe pengobatan imunoterapi yang telah disetujui untuk mengobati beberapa penyakit Baca Selengkapnya...