Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung

Selasa, 19 Januari 2021

Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung

LinkSehat - Program bayi tabung menawarkan kesempatan bagi Anda dan pasangan yang memiliki masalah kesuburan dan ingin memiliki keturunan. Namun, Anda harus tahu seberapa tinggi tingkat keberhasilan bayi tabung, karena ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilannya.

Beberapa faktor bisa Anda kendalikan lewat perubahan gaya hidup sehat, sedangkan beberapa faktor lainnya tidak bisa dikendalikan. Bagi Anda yang berencana mengikuti prosedur bayi tabung, simak informasi seputar tingkat keberhasilan bayi tabung di bawah ini.

Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung Berdasarkan Usia

National Summary Reportmembagikan data terkait tingkat keberhasilan bayi tabung berdasarkan usia. Hasilnya menunjukkan:

  • Wanita berusia di bawah 35 tahun, kelahiran bayi mencapai 54,7%.
  • Wanita berusia antara 35 sampai 37 tahun, kelahiran bayi mencapai 40,6%.
  • Wanita berusia antara 38 sampai 40, kelahiran bayi mencapai 25,6%.
  • Wanita berusia antara 41 sampai 42, kelahiran bayi mencapai 12,8%.
  • Wanita berusia di atas 42 tahun, kelahiran bayi mencapai 4,4%.

Dari data di atas, ditemukan bahwa tingkat keberhasilan bayi tabung semakin menurun seiring bertambahnya usia wanita. Penurunan yang paling signifikan terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Oleh sebab itu, kebanyakan wanita berusia 40 tahun ke atas menggunakan donor sel telur, karena tingkat keberhasilannya tidak begitu bergantung pada usia wanita.

Fresh Embryo dan Frozen Embryo

Pakar IVF tidak setuju tentang fresh embryo transfer atau frozen embryo transfer (transfer embrio beku) ke rahim pasien akan menawarkan hasil bayi yang sehat. Teknik terbaik untuk setiap wanita mungkin berbeda-beda, tergantung seberapa banyak telur yang diproduksi.

Untuk fresh embryo transfer, Anda akan mengonsumsi hormon selama beberapa minggu untuk merangsang produksi sel telur. Dokter mengambil sel telur, membuahinya, dan menempatkan satu atau lebih embrio pada ibu selama prosedur yang sama berlangsung. Namun, banyak klinik yang merekomendasikan pembekuan embrio dan menunggu beberapa minggu sampai Anda memasuki siklus menstruasi baru.

Menurut Suheil Muasher, MD, spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Duke, dalam lima tahun terakhir, beberapa klinik membekukan embrio dikarenakan adanya kemungkinan bahwa proses stimulasi sel telur membuat dinding rahim tidak siap untuk kehamilan.

MenurutNational Summary Report, angka kelahiran bayi dari transfer embrio beku sekitar 43,1%. Ini sedikit lebih rendah dibandingkan fresh embryo transfer yang keberhasilannya mencapai 49,2%.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa transfer embrio beku belum tentu cenderung menghasilkan persalinan prematur dan bayi yang kurus. Tapi menurut penelitian di Duke, menunggu selama beberapa minggu mungkin menguntungkan bagi wanita yang memproduksi 15 sel telur atau lebih setelah stimulasi hormon.

Namun, wanita yang menghasilkan 14 telur atau kurang setelah stimulasi hormon, fresh embryo transfer menyebabkan tingkat kehamilan dan kelahiran yang lebih baik dibandingkan transfer embrio beku.

Kalkulator SART

Society for Assisted Reproductive Technology (SART) telah mengembangkan kalkulator prediksi keberhasilan bayi tabung berdasarkan hampir 500.000 siklus terapi kepada lebih dari 320.000 wanita di seluruh Amerika Serikat sejak tahun 2006

Kalkulator ini dibuat untuk membantu Anda memahami peluang melahirkan bayi tabung. Jawaban atas setiap pertanyaan yang diajukan akan memengaruhi kemungkinan keberhasilan bayi tabung.

Beberapa jawaban yang mungkin Anda ketahui seperti tinggi dan berat badan. Sedangkan jawaban lain seperti diagnosis penyebab infertilitas akan merujuk pada hasil pemeriksaan dokter dan dapat berubah selama masa pengobatan. Perhitungan ini mengasumsikan bahwa Anda belum pernah menjalani perawatan IVF sebelumnya.

Berikut ini langkah-langkah mengisi kalkulator SART:

  • Kunjungi situs sartcorsonline.com/Predictor/Patient.
  • Pertama-tama isi bagian ‘Background and Reproductive History’.
  • Isi usia, tinggi badan dalam satuan kaki atau meter, berat badan dalam satuan lbs atau kgs, jumlah kehamilan sebelumnya (termasuk kehamilan ektopik, kehamilan biokimia, dan kehamilan yang berakhir dengan aborsi terapeutik, aborsi spontan, lahir mati, atau lahir hidup), dan berapa banyak kelahiran cukup bulan (≥37 minggu) yang pernah Anda alami.
  • Setelah itu isi bagian ‘Diagnosis’.
  • Pilih salah satu diagnosis yang pernah diberikan oleh dokter Anda terkait infertilitas. Anda dapat memilih lebih dari satu diagnosis. Contoh pilihan yang tersedia yaitu faktor laki-laki (seperti rendahnya jumlah sperma), endometriosis, gangguan ovulasi, tidak ada penyebab yang jelas, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu pilih rencana prosedur bayi tabung Anda. Apakah menggunakan sel telur Anda sendiri atau donor sel telur.
  • Klik ‘Calculate my success rate’ untuk melihat hasilnya atau ‘Clear data and start over’ untuk menghapus dan mengulang pengisian data.

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung

Tingkat keberhasilan bayi tabung tergantung pada sejumlah faktor, beberapa di antaranya tidak bisa Anda kendalikan, dan beberapa di antaranya dapat ditingkatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

SART telah menciptakan kalkulator prediksi keberhasilan bayi tabung yang dapat menawarkan peluang yang sedikit lebih pribadi. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan mudah. Faktor-faktor berikut dipertimbangkan saat menghitung peluang Anda:

  • Usia.
  • Tinggi dan berat.
  • Jumlah kelahiran penuh sebelumnya.
  • Jumlah total kehamilan (termasuk keguguran).
  • Apakah Anda berencana untuk menggunakan telur Anda sendiri atau telur donor.
  • Penyebab infertilitas Anda (jika diketahui).

Univfy juga mengembangkan alat serupa, yang tidak gratis tetapi memperhitungkan lebih banyak data daripada SART. Alat Univfy bisa digunakan jika sebelumnya Anda pernah menjalani IVF. Masukkan data kesuburan pribadi, termasuk diagnosis, usia, berat badan, dan keberhasilan sebelumnya dengan perawatan kesuburan untuk mencari tahu peluang Anda saat ini.

Baca Juga: Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia

Tingkat Keberhasilan Klinik Bayi Tabung

ART (Assisted Reproductive Technology) mencakup semua perawatan kesuburan. Jenis utama ART adalahin vitro fertilization (IVF) yang melibatkan pengambilan sel telur, membuahi sel telur di laboratorium, dan mentransfer embrio yang dihasilkan ke dalam rahim wanita melalui serviks.

Data ART ini menjadi sumber informasi yang dapat memberikan gambaran bagi Anda tentang peluang rata-rata keberhasilan tindakan ART. Tingkat keberhasilan ART sangat bervariasi tergantung faktor-faktor yang memengaruhi tingkat keberhasilan bayi tabung. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan pilihan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Berdasarkan “CDC’s2017 Fertility Clinic Success Rates Report” ada sebanyak 284.385 siklus ART yang dilakukan di 448 klinik di Amerika Serikat selama tahun 2017, menghasilkan 68.908 kelahiran hidup dan 78.052 bayi lahir hidup.

Meskipun penggunaan ART masih relatif jarang, tapi penggunaannya meningkat dua kali lipat selama satu dekade terakhir. Sekitar 1,7% dari semua bayi yang lahir di Amerika Serikat setiap tahun merupakan hasil ART.

Untuk memeriksa tingkat keberhasilan klinik bayi tabung, ikuti langkah-langkah berikut ini (khusus di Amerika Serikat)

  • Kunjungi situs cdc.gov/art/artdata/index.html.
  • Pilih negara bagian.
  • Tulis kode pos.
  • Kemudian pilih jarak untuk mendeteksi klinik bayi tabung di sekitar Anda.

Lakukan Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat dengan dokter spesialis kandungan melalui aplikasi LinkSehat terlebih dahulu jika Anda memiliki rencana bayi tabung. Dokter akan membantu Anda memilih prosedur yang tepat dan memprediksi tingkat keberhasilan bayi tabung sesuai hasil diagnosis. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Program Bayi Tabung

Program bayi tabung diperuntukkan bagi pasangan yang sulit memiliki anak karena adanya permasalahan Baca Selengkapnya...

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.

Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia

Praktek bayi tabung di Indonesia paling banyak dilakukan oleh pasangan yang berusia kurang dari 35 Baca Selengkapnya...

KITA Indonesia, Komunitas Bayi Tabung untuk Pejuang Dua Garis

LinkSehat telah melakukan wawancara dengan salah satu pendiri KITA, Ika Pramesti, dan berikut Baca Selengkapnya...