7 Tips Konsultasi Dokter Online Efektif dan Efisien

Senin, 22 Maret 2021

7 Tips Konsultasi Dokter Online Efektif dan Efisien

Saat ini ada banyak platform konsultasi dokter online yang memudahkan Anda dalam mengakses layanan kesehatan. Di masa pandemi COVID-19, telekonsultasi menawarkan efektivitas tanpa perlu keluar rumah. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter di dalam dan luar negeri, rumah sakit, klinik, atau praktik.

Dengan perkembangan internet, kurangnya tenaga medis di pedesaan atau daerah berkembang mendukung kebutuhan akan nasihat medis dari jarak jauh. Anda hanya memerlukan smartphone untuk mengirim pesan teks, telepon, atau video call bersama dokter untuk melakukan telekonsultasi kapan pun Anda membutuhkannya.

Ikuti tips konsultasi dokter online di bawah ini agar konsultasi dokter online Anda lebih efektif dan efisien.

Tips Konsultasi Dokter Online

Jika Anda berencana melakukan telekonsultasi bersama dokter melalui aplikasi atau website yang sah, ikuti tips konsultasi dokter online berikut ini:

1. Pastikan koneksi internet stabil

Sebelum memulai konsultasi dokter online, pastikan Anda sedang berada di tempat yang tenang dengan koneksi internet yang stabil, sehingga dokter dapat melihat dan mendengar Anda dengan jelas. 

Jika keterbatasan teknologi di lingkungan Anda menyebabkan dokter merasa bahwa mereka tidak dapat berkomunikasi secara efektif, mereka dilatih untuk tidak melanjutkan konsultasi. 

Prioritas utama selama melakukan konsultasi online adalah memberikan perawatan berkualitas tinggi kepada Anda. Jika dokter tidak dapat melakukannya, mereka akan mengarahkan Anda ke sumber daya alternatif.

2. Menyiapkan jawaban terkait riwayat medis

Selama konsultasi dokter mungkin mengajukan beberapa pertanyaan dasar untuk memulai pemeriksaan. Akan sangat berguna jika Anda menyiapkan ringkasan medis untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Persiapan yang matang akan membantu mempermudah dokter menganalisis kondisi Anda, serta membantu dokter menyesuaikan pertanyaan dan konsultasi secara efisien. Proses ini juga bermanfaat untuk konsultasi tatap muka, tetapi kebanyakan orang tidak meluangkan waktu untuk menyiapkan jawaban riwayat medis.

Hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan meliputi:

  • Onset, durasi, lokasi, dan masalah medis.
  • Pengobatan apa pun yang telah dicoba sejauh ini dan apa saja pengobatan yang berhasil.
  • Daftar tes laboratorium atau diagnostik yang telah dilakukan.
  • Riwayat medis masa lalu yang signifikan dan riwayat bedah.
  • Buat daftar obat apa pun yang saat ini sedang digunakan dan alergi yang membuat Anda rentan terhadap pengobatan.

3. Usahakan suara dan gambar Anda jelas saat konsultasi

Konsultasi online bisa dilakukan melalui chat, telepon, atau video call. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat mengganggu proses konsultasi. Berikut ini tips konsultasi dokter online melalui telepon atau video call:

  • Hindari cahaya di belakang tubuh dan lampu di atas kepala, karena lampu yang ditempatkan tepat di atas akan membuat bayangan menutupi wajah Anda.
  • Idealnya sumber cahaya berada di belakang kamera yang mengarah ke Anda.
  • Kamera harus selalu sejajar dengan mata dan setidaknya mencakup seluruh wajah hingga bahu Anda.
  • Pastikan latar belakang rapi dan bebas dari gangguan.
  • Jangan berbicara terlalu cepat, hindari kebisingan suara yang keras.

4. Pilih aplikasi yang terpercaya

Saat ini banyak tersedia layanan telekonsultasi bersama dokter di dalam dan luar negeri. Pilih aplikasi atau website yang memiliki proses pendaftaran, sehingga mereka mengumpulkan informasi pribadi Anda dan menyimpan catatan medis Anda.

Mereka harus menyatakan dengan jelas kasus penggunaan yang berlaku untuk layanan mereka. Perhatikan juga kebijakan privasi yang menyatakan bahwa mereka hanya akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk tujuan menyediakan layanan yang Anda minta.

Mereka harus memiliki proses persetujuan di mana mereka memberi tahu Anda tentang batasan layanan mereka, persyaratan penggunaan, dan harga konsultasi. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengakses riwayat konsultasi Anda di aplikasi atau website tersebut.

LinkSehat adalah aplikasi kesehatan yang memiliki berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam mengakses layanan kesehatan. Ini meliputi konsultasi online (telekonsultasi), buat janji telekonsultasi atau rawat jalan, artikel kesehatan, daftar tes COVID-19, dan medical assistance.

5. Sampaikan gejala Anda dengan jujur

Jujurlah sepenuhnya tentang gejala penyakit yang Anda alami. Ini sangat penting karena dokter tidak dapat memeriksa Anda secara fisik dan jika Anda ragu-ragu untuk mendiskusikan gejala yang Anda alami, dokter mungkin akan meresepkan obat yang tidak sesuai dengan penyakit Anda.

Gejala merupakan bukti adanya penyakit atau kelainan pada tubuh. Contoh gejala termasuk nyeri, demam, benjolan, penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau susah tidur.

Sampaikan dengan jelas dan ringkas saat menjelaskan gejala Anda. Pemeriksaan fisik dan tes medis memberikan informasi yang berharga, tetapi gejala Anda mengarahkan dokter pada hasil diagnosis yang akurat.

Pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter yaitu:

  • Kapan gejala mulai muncul?
  • Jam berapa mulai kambuh? 
  • Berapa lama gejala dapat bertahan?
  • Seberapa sering gejala terjadi?
  • Apakah gejala Anda tampak semakin buruk atau lebih baik?
  • Apakah gejala tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari Anda?

6. Pilih mode sesuai kondisi penyakit Anda

Tips konsultasi dokter online yang berikutnya adalah memilih mode sesuai kondisi penyakit Anda. Biasanya platform telekonsultasi menyediakan mode teks, telepon, dan video call. 

Saat memanfaatkan layanan konsultasi online, pastikan Anda menggunakan mode yang paling sesuai dengan penyakit Anda. Misalnya, penyakit kulit apa pun dapat dijelaskan dan diberi pengarahan lebih baik melalui video call daripada pesan teks. 

Namun, pastikan Anda yakin sepenuhnya untuk berbicara dengan dokter melalui video call, karena pertukaran informasi antara dokter dan pasien harus berdasarkan kesepakatan.

Cara Buat Janji Telekonsultasi di Aplikasi LinkSehat

Hadirnya aplikasi LinkSehat membantu kemudahan Anda dalam mengakses pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk rumah sakit, klinik, dan praktik pribadi. Cara buat janji konsultasi online di aplikasi LinkSehat yaitu:

  1. Buka aplikasi LinkSehat.
  2. Pilih menu ‘Buat Janji’ di halaman utama.
  3. Pilih rumah sakit, klinik, atau praktik pribadi. 
  4. Pilih dokter yang tersedia dan tentukan jadwal konsultasi yang diinginkan untuk konsultasi online (telekonsultasi) atau kunjung langsung di RS.
  5. Konfirmasi dan lakukan pembayaran. 

Itulah tips konsultasi dokter online yang bisa Anda terapkan demi proses pemeriksaan yang lebih efektif dan hasil diagnosis dokter yang lebih akurat. 

Aplikasi LinkSehat memudahkan Anda melakukan konsultasi online (telekonsultasi) dengan dokter di dalam dan luar negeri kapan pun Anda membutuhkannya. Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by Tim LinkSehat Tim LinkSehat

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Saat pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak berkunjung ke RS kecuali dalam keadaan darurat.

Konsultasi Online: Apakah Diagnosis yang Diberikan Akurat?

Meski kehadiran telekonsultasi memudahkan pasien bertemu dokter, yang seringkali menjadi persoalan Baca Selengkapnya...

Manfaat Telekonsultasi di Tengah Pandemi Covid-19

Datang ke RS saat COVID-19 tentu bukan pilihan utama, apalagi jika gejala sakit yang dialami masih Baca Selengkapnya...