Seorang dokter sedang tersenyum dan siap memberikan layanan telekonsultasi di tengah pandemi COVID-19

Jumat, 08 Mei 2020

Manfaat Telekonsultasi di Tengah Pandemi Covid-19

Link Sehat - Dengan adanya anjuran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah, semakin banyak orang berada di rumah. Pertanyaannya adalah, bagaimana jika seseorang mengalami gejala sakit? Apakah mereka harus tetap harus diam saja di rumah? Atau bolehkah datang ke RS?

Datang ke RS di tengah wabah COVID-19 tentu bukan pilihan utama, apalagi jika gejala sakit yang dialami masih dapat ditangani dari rumah. Maka itu, telekonsultasi hadir untuk membantu pasien bertemu dokter secara online. Saat ini banyak tersedia layanan telekonsultasi, salah satunya LinkSehat.

Manfaat telekonsultasi semasa pandemi COVID-19

Manfaat telekonsultasi bukan hanya untuk pasien, tetapi juga dokter. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, tiap orang berisiko menularkan dan/atau tertular oleh virus SARS-CoV-2. 

Berikut ini lima manfaat telekonsultasi di tengah wabah COVID-19:


1. Akses konsultasi dengan dokter kapan saja dan dimana saja

Yang diperlukan hanyalah mengunduh aplikasi telekonsultasi yang saat ini banyak tersedia gratis. Saat gejala sakit muncul, Anda bisa langsung memilih dan berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus datang ke RS. Dengan begitu, Anda akan lebih aman berobat di rumah tanpa harus khawatir tertular virus.


2. Tahu pertolongan pertama saat sakit

Sehingga gejala yang muncul dapat segera ditangani. Selalu ingat bahwa telekonsultasi hadir bukan untuk menggantikan pemeriksaan fisik. Telekonsultasi hadir sebagai pertolongan pertama pada pasien dan hasil akhirnya hanya berupa diagnosis awal serta rekomendasi obat. Diagnosis pasti akan diperoleh setelah pemeriksaan fisik di fasilitas kesehatan terdekat (jika memang diperlukan).


3. Rujukan secara online

Layanan telekonsultasi memungkinkan Anda berbicara dengan dokter umum dan/atau spesialis. Apabila Anda memulai konsultasi dengan dokter umum, pada kondisi tertentu, Anda mungkin langsung dirujuk ke spesialis terkait sehingga tidak perlu bingung dalam memilih dokter yang tepat untuk menangani keluhan Anda.


4. Buat janji temu di rumah sakit lebih mudah

Selain rekomendasi obat, kini banyak aplikasi kesehatan yang memiliki fitur booking appointment. Anda tidak perlu menunggu lama di RS sehingga mengurangi risiko paparan terhadap virus. Yang perlu dilakukan adalah menentukan dokter, fasilitas kesehatan, dan jadwal kunjungan. Kemudian Anda bisa datang ke RS sesuai jadwal yang ditetapkan dan bisa bertemu dokter tanpa perlu mengantre lama.


5. Catat riwayat kesehatan lebih mudah

Anda tidak perlu menyimpan banyak berkas mengenai riwayat kesehatan pribadi. Setelah berkonsultasi dengan dokter, informasi yang diperoleh akan tercatat secara otomatis di dalam aplikasi dan Anda bisa melihatnya kapan saja jika dibutuhkan. Catatan ini bisa ditunjukkan ke spesialis saat melakukan kunjungan/pemeriksaan fisik di RS.

Jika ingin merasakan manfaat telekonsultasi di tengah wabah COVID-19, unduh aplikasi LinkSehat di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Healthline. 2015. What Are the Benefits and Advantages of Teleconsultation?.
Healthline. 2020. Why a Virtual Visit to the Doctor May Be the Safest, Most Affordable Option.


Author Novi Sulistia Wati Novi Sulistia Wati
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Saat pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak berkunjung ke RS kecuali dalam keadaan darurat.

Kapan Harus ke Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19?

Sebaiknya Anda menunda kunjungan ke rumah sakit, kecuali mengalami kondisi berikut: