Penyakit A-Z

Amaurosis Fugax - Seorang pria sedang melepas kacamatanya karena penglihatan mendadak buram

Amaurosis Fugax

Link Sehat - Amaurosis fugax adalah kondisi hilangnya penglihatan untuk sementara pada satu atau kedua mata akibat berkurangnya aliran pembuluh darah pada retina. Retina merupakan suatu lapisan tipis, terdiri dari jaringan saraf yang peka akan cahaya dan melapisi dinding belakang bola mata, yang berfungsi untuk membuat Anda melihat.

Gejala amaurosis fugax

Gejala dari amaurosis fugax adalah hilangnya penglihatan secara tiba-tiba, baik dari satu atau kedua mata. Gejala ini biasanya berlangsung selama beberapa detik sampai 20 atau 30 menit sebelum akhirnya penglihatan kembali normal.

Beberapa penderita menggambarkan hilangnya penglihatan ini sebagai bayangan hitam atau keabu-abuan yang menutupi mata. Jika Anda mengalami hilangnya penglihatan, segera hubungi dokter atau datang ke instalasi gawat darurat pada rumah sakit terdekat Anda. Tindakan yang cepat dan tepat pada amaurosis fugax sangatlah penting. Jika tidak ditangani, hilangnya penglihatan dapat terjadi secara permanen.

Penyebab amaurosis fugax

Amaurosis fugax sendiri tidak dapat dikatakan sebuah penyakit, melainkan sebuah tanda dari penyakit lain. Amaurosis fugax dapat disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya pembekuan darah atau plak yang menyumbat pembuluh darah di mata. Plak merupakan substansi keras yang bisa terbentuk dari timbunan lemak (kolesterol) atau zat lain.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena amaurosis fugax:

Amaurosis fugax juga dapat terjadi akibat penyakit yang diderita sebelumnya, seperti gangguan mata (contoh peradangan pada saraf mata atau neuritis optik), kelainan pembuluh darah (polyarteritis nodosa), nyeri kepala sebelah atau migrain, tumor otak, trauma kepala, dan/atau penyakit autoimun.

Bila Anda menderita salah satu penyakit di atas, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata rutin untuk melihat apakah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah mata Anda yang dapat menyebabkan terjadinya amaurosis fugax.

Diagnosis amaurosis fugax

Dokter akan melakukan wawancara mengenai keluhan Anda, lalu melakukan pemeriksaan mata dan sistem saraf secara menyeluruh. Pada beberapa kasus, pemeriksaan mata khusus akan menunjukkan dimana pembekuan atau plak yang menyumbat pembuluh darah.

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan, antara lain:

  • Ultrasonografi atau MRI scan untuk melihat pembuluh darah dan mencari sumber pembekuan darah atau plak
  • Laboratorium untuk mengecek kadar kolesterol atau gula dalam darah
  • Pemeriksaan jantung seperti elektrokardiogram untuk melihat aktivitas kelistrikan jantung.

Pengobatan amaurosis fugax

Penanganan amaurosis fugax sangat bergantung kepada penyebabnya. Ketika amaurosis fugax disebabkan oleh penyumbatan darah atau plak, penanganan yang tepat adalah mencegah terjadinya stroke. Beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya stroke diantaranya:

  • Menjalani pola hidup sehat (tidak merokok, menghindari makanan berlemak)
  • Jangan mengonsumsi lebih dari 1-2 gelas alkohol per hari.
  • Berolahraga teratur minimal 30 menit sehari jika Anda tidak kelebihan berat badan. Sedangkan jika Anda kelebihan berat badan, berolahragalah minimal 60-90 menit sehari.
  • Pastikan tekanan darah Anda berada di bawah 120 sampai 130/80 mm Hg. Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau riwayat terkena stroke sebelumnya, dokter Anda mungkin akan memberikan target tekanan darah yang lebih rendah.
  • Jika Anda memiliki penyakit diabetes, jantung, atau masalah pembuluh darah sebelumnya, target kolesterol dalam darah (LDL) Anda harus dibawah 70 mg/dL.
  • Ikuti anjuran dokter untuk menjalani pengobatan jika Anda menderita tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol tinggi dalam darah, atau penyakit jantung.

Pada beberapa kasus, dokter juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi pembekuan darah. Namun jika terdapat penyumbatan pada pembuluh darah yang lebih besar, tindakan pembedahan yang disebut dengancarotid endarterectomy mungkin dibutuhkan. Keputusan tindakan operasi ini sangat bergantung kepada kondisi kesehatan Anda secara umum. Silakan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan tindakan yang tepat.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Medline Plus. (2018). Amaurosis Fugax.
WebMD. (2018). Temporary blindness short term vision loss.


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Rabun Dekat

Penderita rabun dekat tidak bisa melihat objek dekat dengan jelas, dan lebih jelas saat melihat Baca Selengkapnya...

Rabun Jauh

Rabun jauh (miopi) berkebalikan dengan rabun dekat (hipermetropi). Di masyarakat, rabun jauh lebih Baca Selengkapnya...

Astigmatisme, Mata Silinder

Astigmatisme, disebut juga mata silinder, seringkali terjadi bersamaan dengan kelainan mata lainnya Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan