Ingin Awet Muda? Ini Rahasia Perawatan Kulit Anti-Aging

Rabu, 16 Desember 2020

Ingin Awet Muda? Ini Rahasia Perawatan Kulit Anti-Aging

LinkSehat - Wajah awet muda menjadi impian banyak orang. Namun, penuaan kulit adalah proses biologis kompleks yang akan dialami setiap orang dari waktu ke waktu. Karena kesehatan kulit dianggap mewakili kesehatan tubuh secara keseluruhan, maka strategi-strategianti-aging sedang dikembangkan juga.

Ada banyak produkanti-agingyang dikembangkan selama beberapa tahun terakhir. Perhatikan kandungan bahan di setiap produk demi mencapai wajah awet muda. Ingin tahu apa saja rahasia perawatan kulit awet muda? Simak selengkapnya di bawah ini.

Hubungi dokter spesialis kulit atau dokter spesialis bedah plastik melalui aplikasi LinkSehat untuk memenuhi kebutuhan estetika Anda.

Apakah Produk Anti-Aging Bermanfaat?

Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di departemen dermatologi di Mount Sinai Medical Center di New York City, mengatakan bahwa produkanti-agingsepertitopical retinoids, krim pemutih, dan peptida dapat membantu meremajakan kulit seperti sedia kala.

Namun, ada pula produkanti-agingyang tidak bekerja dengan baik. Penting bagi Anda untuk mengetahui produk palsu. Hindari produk yang mengklaim memberikan hasil seperti botox atau laser di kemasan.

Asisten profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran University of Southern California,Jessica Wu, MD, mengatakan jika ada produk kemasan yang mengklaim dapat memberikan hasil sepertibotox dan laser, mungkin orang-orang sudah berhenti menggunakan keduatreatmenttersebut sejak bertahun-tahun yang lalu.

Kandungan Penting dalam Produk Anti-Aging

Dokter kulit merekomendasikan untuk mulai melakukan perawatan kulitanti-agingdi usia 30 tahun. MenurutDr. Zeichner, usia 30 tahun adalah waktu ketika pergantian sel kulit mulai melambat dan ketika garis dan bintik hitam mulai muncul.

Namun, Anda bisa mulai melakukan perawatan kulit sejak usia remaja atau sekitar 20 tahun. Ini merupakan cara yang bagus jika Anda mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

Secara umum, ada 3 hingga 4 bahan penting yang harus dimasukkan ke dalam produk perawatan kulitanti-agingAnda, yaitu:

  • Sunscreen. Seorang dokter kulit di New York City bernamaHoward Sobel, MD,mengatakan bawah tidak ada yang dapat melawan kerutan dan garis halus selain produksunscreenyang tepat.
  • Antioksidan. Bekerja dengan menetralkan reaksi radikal bebas yang terjadi pada kulit setelah terpapar sinar matahari atau polutan. Ada sejumlah pilihan efektif, seperti vitamin C, vitamin E, teh hijau, kedelai, idebenone(serum), dan asam ferulat.
  • Retinol. Bekerja dengan cara menembus dari lapisan atas kulit ke dalam lapisan elastin dan kolagen untuk merangsang produksi dan peremajaan sel kulit, serta memperkecil ukuran pori-pori.
  • Pelembap. Menjaga kelembapan kulit adalah kunci utama agar terlihat awet muda.

Adakah Bagian Wajah yang Harus Diprioritaskan?

Penuaan ini berasal dari kombinasi faktor endogen atau intrinsik (genetika, metabolisme selular, hormon, dan proses metabolisme secara keseluruhan) dan eksogen atau ekstrinsik (paparan cahaya kronis, polusi, radiasi pengion, bahan kimia, dan racun).

Faktor-faktor tersebut menyebabkan perubahan struktural dan fisiologis, serta perubahan progresif pada setiap lapisan kulit. Inilah yang menyebabkan perubahan penampilan kulit Anda, terutama pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Penuaan kulit adalah bagian dari penuaan alami manusia yang semakin lama semakin jelas di beberapa organ, jaringan, dan sel. Sementara tanda-tanda penuaan pada organ dalam yang bisa disamarkan adalah area mata.

Area mata menjadi bagian wajah yang penting untuk dirawat, karena kulit di sekitarnya tipis, tidak memiliki kelenjar minyak, dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, mata, yang menjadi bagian wajah yang digunakan untuk mengekspresikan emosi, kemungkinan besar memiliki lebih banyak garis dan kerutan yang lebih jelas, seperti garis kerutan di dahi dan di sekitar mulut Anda.

Hanya karena Anda melihat lebih banyak garis halus dan kerutan di satu area, bukan berarti Anda harus merawat bagian itu saja dan mengabaikan bagian wajah lainnya. Rawat pula bagian wajah dan leher Anda.

Tips Merawat Kulit Agar Awet Muda

Allison Derrick, MD, seorang ahli bedah plastik, mengatakan dalam Gundersen Health System bahwa ada banyak cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, tetapi hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan merawat kulit Anda sebaik mungkin.

Mulailah perawatan kulit sejak dini supaya membuahkan hasil dalam jangka panjang. Berapapun usia Anda, ikuti perawatan kulit awet mudah berikut ini:

  • Gunakan sunscreen. Sinar ultraviolet berbahaya bagi kesehatan kulit jika tidak diberi perlindungan. Kerusakan pada kulit ini bersifat jangka panjang dan Anda berpotensi mengalami penuaan dini, seperti bintik hitam, warna kulit tidak merata, dan kerutan, hingga risiko kanker kulit. Jadi selalu gunakansunscreendengan SPF 30 selama 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  • Exfoliate. Saat melakukan eksfoliasi, sel kulit mati akan mengelupas dan meregenerasi kulit baru yang lebih halus. Lakukan eksfoliasi sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk menghilangkan kulit mati dan sisa minyak di wajah yang menyumbat pori, kotoran, dan riasan.
  • Singkirkan barang lama. Ganti riasan dan produk perawatan kulit yang sudah tidak terpakai dan buang kuas rias yang sudah usang, pengeriting bulu mata, danpuffyang dapat menampung bakteri berbahaya. Buang produk yang tidak terpakai lebih dari 1 tahun dan 3 bulan untuk maskara.
  • Menutrisi kulit. Nutrisi yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Makanan sehat seperti alpukat, oatmeal, dandark chocolate dikenal dapat membuat kulit lebih sehat dan awet muda.
  • Jam tidur cukup. Tidur memungkinkan kulit mengembalikan keseimbangan alaminya. Selama tidur, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak protein, seperti kolagen dan elastin yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan merevitalisasi kulit.
  • Terapkan gaya hidup sehat. Olahraga tidak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit Anda. Olahraga, pola makan yang baik, hidrasi yang tepat, jam tidur yang cukup, dan tidak merokok adalah pilihan yang tepat. Terapkan gaya hidup sehat, terutama saat Anda masih muda, demi menciptakan fondasi kulit yang lebih sehat seumur hidup.

Kapan Hasilnya akan Terlihat?

Semakin rajin dan sabar Anda dalam merawat kulit, semakin besar pula kemungkinan sebuah produk akan membuahkan hasil. Aplikasikan produkanti-agingsetidaknya 60 hingga 90 hari untuk mulai bekerja.

Banyak produk kecantikan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bekerja dan harus digunakan secara teratur. Dr. Zeichner mengatakan bahwa hampir tidak ada perbaikan kulit yang terjadi sangat cepat dan benar-benar berfungsi dengan baik.

Pilih produk perawatan kulit awet muda yang sesuai dengan usia Anda dan kondisi lainnya. Jika punya pertanyaan, Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Make Up Permanen, Rahasia Wajah Glowing Tiap Hari

Make up permanen, disebut juga mikropigmentasi, adalah prosedur kecantikan untuk memberikan tampilan Baca Selengkapnya...

Chemical Peeling Agar Wajah Makin Glowing

Chemical peeling banyak dilakukan untuk memperbaiki tampilan kulit serta menyamarkan garis-garis Baca Selengkapnya...

Dermal Filler untuk Samarkan Kerutan di Wajah

Dermal filler dilakukan sesuai indikasi dan keinginan Anda, sehingga perlu berkonsultasi dengan Baca Selengkapnya...

Skin Lightening untuk Mencerahkan Wajah

Siapa saja boleh menjalani perawatan mencerahkan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki tanda lahir Baca Selengkapnya...