Tips hidup sehat - seorang wanita sedang melompat bahagia

Selasa, 28 Januari 2020

7 Cara Mudah Hidup Sehat

Link Sehat - Anjuran hidup sehat seringkali dianggap angin lalu. Sebab banyak orang merasa tetap sehat tanpa melakukan anjuran tersebut sepenuhnya. Bahkan setelah mengonsumsi makanan yang katanya ‘tidak sehat’, mereka tetap saja bisa beraktivitas seperti biasa. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak dapat dibenarkan. Pasalnya, hidup sehat merupakan investasi jangka panjang. Begitu juga dengan gaya hidup yang kurang sehat. Saat ini mungkin tidak terasa efeknya, tetapi di kemudian hari, Anda harus bersiap menerima konsekuensinya.

Penyakit yang erat kaitannya dengan gaya hidup (seperti hipertensi, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung) kini bahkan telah mendominasi penyebab kematian di dunia. Maka itu, masihkah Anda ragu untuk memulai gaya hidup sehat? Ini dilakukan bukan untuk diri sendiri, melainkan juga keluarga dan pasangan yang ingin terus melihat Anda bahagia dan sehat.

Anda mungkin pernah mendengar beberapa cara hidup sehat berikut. Di Indonesia, anjuran berikut dikenal dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (disingkat GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Ditekankan dengan kalimat ‘diperbanyak’, karena seiring perkembangan zaman, makanan cepat saji justru lebih disukai. Padahal pada makan tersebut, sedikit sekali mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk serat dan vitamin.

Selain memperbanyak makan buah dan sayur, tentunya, Anda juga perlu mengatur porsi makan harian. Lebih baik makan dalam porsi sedikit tapi sering, daripada makan dalam porsi besar. Jangan lupa untuk selalu sarapan agar tubuh Anda siap untuk beraktivitas di pagi hari.

2. Minum air putih yang cukup

Umumnya, tubuh manusia mengeluarkan cairan sekitar 2.500 cc atau setara 8-10 gelas per hari. Itu sebabnya Anda sering mendengar anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Meski begitu, Anda bisa menyesuaikan jumlah air putih yang diminum dalam sehari, sesuai dengan aktivitas fisik dan kebutuhan tubuh. Untuk hal tersebut, Anda tentu tahu jawabannya.

Segera minum jika merasa haus (ini merupakan tanda awal dehidrasi) dan saat tubuh mengeluarkan banyak keringat (misalnya, setelah beraktivitas dan berolahraga).

3. Jaga berat badan tetap ideal

Tidak bermaksud menyudutkan orang yang terlalu kurus atau gemuk, tetapi berat badan ideal memang menjadi syarat hidup sehat. Ideal bukan menurut standar manusia, tetapi sesuai indeks massa tubuh (IMT). Anda dinyatakan memiliki tubuh ideal saat IMT berada pada angka 18,5 - 22,9.

IMT diukur dengan membagi berat badan dengan tinggi badan (dalam meter) yang dikalikan dalam kuadrat. Misal berat badan Anda 80 kg dengan tinggi 175 cm, berarti: 80/(1,75x1,75) menjadi 26,1.

Cara menjaga berat badan adalah dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

4. Olahraga

Saat ini tren olahraga membaik, karena banyakinfluenceryang gemar berbagi cerita tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Buat Anda yang ingin tubuh tetap bugar dan sehat, mungkin seperti tokoh idola, olahraga tentu tidak boleh terlewatkan.

Anda cukup berolahraga selama 30 menit per hari, atau total 150 menit per minggu, untuk merasakan manfaat olahraga. Jika belum terbiasa, mulai dengan intensitas yang ringan (misalnya, jalan kaki,jogging,bersepeda, berenang, yoga) dan sesuai kemampuan (misalnya, baru bisa olahraga 15 menit). Tidak perlu memasang target tinggi, karena tubuh Anda juga perlu beradaptasi.

Barulah ketika Anda mulai terbiasa, tanpa sadar, intensitas dan durasi olahraga akan meningkat.

5. Kelola stres

Stres atau tekanan psikis dapat memengaruhi kesehatan Anda. Itu mengapa salah satu tips hidup sehat adalah dengan mengelola stres yang Anda alami.

Tentunya, setiap orang memiliki cara yang berbeda saat menghadapi stres, termasuk Anda. Hal yang perlu diingat adalah, hindari upaya mengalihkan dan/atau menghilangkan stres dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis, serta melakukan hal yang berdampak negatif bagi kesehatan dan keselamatan.

Pilihan untuk mengatasi stres, antara lain: berolahraga (termasuk yoga), mendengarkan lagu, menulis, menonton film, ke tempat wisata, dan latihan relaksasi. Jika cara tersebut tidak berhasil dan stres muncul karena perasaaninsecure,mungkin salah satu cara mengatasinya adalah dengan belajar bersyukur.

6. Tidur

Aktivitas yang digemari banyak orang, selain rebahan. Sayangnya, aktivitas yang padat dan daya tarikhandphonemembuat mereka lupa waktu tidur hingga begadang. Padahal kalau dibiarkan, begadang bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Waktu tidur yang ideal adalah 7-9 jam, meski kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Jika Anda merasa lelah dan mengantuk di tengah aktivitas, segera beristirahat dan bila memungkinkan, tidur siang sebentar sekitar 20 menit.

7. Tidak merokok

Bagi Anda yang merokok, anjuran ini tentu menyebalkan, apalagi sudah banyak informasi serupa yang didengar. Namun mau bagaimana lagi, merokok memang terbukti membahayakan kesehatan.

Rokok telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru (beserta jenis kanker lain), diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, bronkitis, kebutaan, masalah kesuburan dan kehamilan, serta kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah pada ibu hamil.

Jika Anda punya keluhan kesehatan, jangan ragu untuk menghubungi dokter kami untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Harvard. (2012). Living to 100 and beyond: the right genes plus a healthy lifestyle.
Health. (2013). 9 ways to live longer.
WebMD. Healthy living: steps to take stock of your health.


Author Novi Sulistia Wati Novi Sulistia Wati
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Cara Cek Gula Darah di Rumah

Bagi Anda penderita diabates, cek gula darah bisa dilakukan di rumah. Begini caranya.

Cara Cek Tekanan Darah di Rumah

Cek tekanan darah di rumah dapat Anda lakukan menggunakan tensimeter. Bagaimana caranya?

Bisakah Cek Kolesterol Sendiri di Rumah?

Kadar kolesterol sebaiknya dipantau secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi serius. Begini Baca Selengkapnya...