Mengenal Jenis Batuk dan Cara Penanganannya

Selasa, 26 Mei 2020

Mengenal Jenis Batuk dan Cara Penanganannya

Link Sehat - Sebelum Covid-19 muncul, batuk merupakan keluhan umum yang sering dianggap sepele. Namun sekarang kondisinya berbeda. Batuk sedikit saja sudah bikin panik dan membuat orang di sekitar menatap tajam. Padahal sejak dulu, seharusnya gejala batuk tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

Jenis batuk dan ciri khasnya

Batuk merupakan respon alami tubuh sebagai bentuk pertahanan dari paparan zat tertentu. Jadi bisa dikatakan bahwa batuk membantu membersihkan saluran napas dari zat mengganggu. Namun tentu saja, ada beberapa jenis batuk yang kemunculannya perlu diwaspadai.

1. Batuk berdahak

Batuk berdahak termasuk jenis batuk paling umum. Jenis batuk ini biasanya disertai dengan rasa gatal di tenggorokan, dada sesak, dan hidung tersumbat. Batuk jenis ini terjadi ketika ada penggumpalan dahak/lendir pada sistem pernapasan akibat infeksi virus/bakteri di saluran napas.

Untuk mengobati batuk berdahak, Anda bisa melakukannya dengan cara alami, yakni mengonsumsi ½ sendok madu setiap malam selama gejala batuk berdahak muncul. Atau, Anda juga bisa membeli obat batuk berdahak di apotek.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami batuk berdahak dalam waktu lama, karena batuk jenis ini bisa menjadi tanda penyakit post-nasal drip, bronkitis, pneumonia, penyakit paru obstruktif, cystic fibrosis, dan asma.

2. Batuk kering

Sama seperti batuk berdahak, batuk kering merupakan jenis batuk umum. Jenis batuk ini cenderung memburuk di malam hari (hilang-muncul), biasanya disertai dengan rasa gatal di tenggorokan, suara serak, suhu tubuh naik, kelelahan, napas memendek, dan hidung berair. Batuk jenis ini disebabkan karena polusi, debu, atau udara terkontaminasi.

Batuk kering bisa menjadi tanda GERD, terutama bila disertai rasa sakit di bagian dada dan mual yang membakar di perut (heartburn).

Untuk mengobati batuk kering, Anda bisa mengonsumsi obat golongan antitusif yang mengandung dekstrometorfan. Pengobatan alami batuk kering, diantaranya: menggunakanhumidifieruntuk melembabkan udara di dalam ruangan atau konsumsi bawang putih mentah.

3. Batuk darah

Secara medis disebut juga hemoptisis.

Darah yang muncul saat batuk berasal dari paru-paru, tenggorokan, atau saluran napas di sekitarnya. Warna darah cenderung merah terang hingga pekat, dengan tekstur sedikit berbusa karena bercampur dengan dahak. Gejala penyerta batuk darah, antara lain:

  • Batuk berlangsung selama lebih dari dua minggu
  • Nyeri dada
  • Pusing
  • Demam
  • Sesak napas

Kemunculan darah saat batuk perlu diwaspadai, karena bisa menjadi tanda gangguan kesehatan lebih serius, seperti kanker paru, bronkitis, pneumonia, dan tuberkulosis. Itu sebabnya batuk berdarah seringkali membutuhkan penanganan serius.

4. Batuk Covid-19

Covid-19 menjadikan keluhan batuk seakan sangat menyeramkan. Untuk membedakan, batuk Covid-19 merupakan jenis batuk kering yang terus-menerus, serta disertai dengan kelelahan, nyeri otot, pilek, hingga sesak napas. Perlu diingat bahwa tidak semua pasien positif Covid-19 mengalami batuk.

Jika Anda punya keluhan batuk, download aplikasi LinkSehat untuk konsultasi dengan dokter asli dan tepercaya.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Healthline. 2020. What Does My Type of Cough Mean?.
Medical News Today. 2020. Types of coughs: What do they mean?.
Science Alert. 2020. Here's How to Tell if Your Cough Is a Sign of Coronavirus or Something Else.


Author Novi Sulistia Wati, S.KM Novi Sulistia Wati, S.KM
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Batuk Pilek

Batuk pilek termasuk infeksi virus yang ringan dan dapat sembuh sendiri. Untuk mempercepat Baca Selengkapnya...

FAQ Seputar Covid-19

Buat yang masih penasaran soal Covid-19, berikut fakta yang perlu diketahui.

Ini Cara Mengatasi Batuk dan Flu Saat Puasa

Meski tampak sepele, batuk dan flu bisa mengganggu aktivitas berpuasa. Terlebih saat ini, batuk dan Baca Selengkapnya...