Operasi Perbaikan Ligamen Lutut

Kamis, 24 Desember 2020

Operasi Perbaikan Ligamen Lutut

LinkSehat - Operasi perbaikan ligamen lutut adalah operasi rekonstruksi ligamen lutut yang putus. Ligamen lutut yang sering mengalami cedera adalah ligamen lutut depan (anterior cruciate ligament/ACL).

Ligamen adalah jaringan ikat tebal dan kuat yang menghubungkan tulang dengan tulang, berfungsi sebagai jaringan pengikat untuk stabilisasi sendi.

Siapa yang perlu menjalani operasi perbaikan ligamen lutut?

Operasi perbaikan ligamen diperuntukkan bagi Anda yang mengalami cedera ligamen (putus) dan gangguan stabilitas sendi, sehingga memengaruhi kualitas hidup dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penolakan terhadap tindakan operasi atau menundanya dapat berakibat pada kerusakan sendi.

Kasus cedera ligamen ACL pada lutut terjadi sekitar 40 persen dari semua cedera tendon. Ligamen ini dapat cedera jika kaki terlalu lurus dan/atau menekuk ke arah depan (ekstensi). Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan ligamen cedera:

  • Gerakan tackling
  • Salah posisi pendaratan setelah melompat
  • Berhenti tiba-tiba saat berlari
  • Berubah arah lari secara tiba-tiba

Olahraga yang berisiko menyebabkan ligamen ACL putus diantaranya sepak bola dan basket.

Bagaimana prosedur operasi perbaikan ligamen lutut dilakukan?

Sebelum operasi

Saat terjadi cedera, sebaiknya Anda menunggu hingga bengkak pada daerah lutut mereda dan sendi dapat digerakkan kembali seperti semula. Cara meredakan bengkak, antara lain: menggunakan kompres dingin (es yang dibalut kain), perban elastis, dan istirahatkan lutut.

Beritahu dokter jika Anda sedang hamil, mengalami gangguan pembekuan darah, dan/atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Anda juga akan diminta untuk berpuasa selama minimal 8 jam sebelum operasi.

Saat operasi

Anda akan dibius total, kemudian lutut ditekuk selama operasi berlangsung.

Dokter akan mengambil tendon Anda dari tempat lain, lalu menanamnya tepat di tempat robeknya ligamen dengan membuat lubang pada tulang untuk lubang penanaman. Ligamen Anda yang robek akan diambil dan dibuang. Tulang yang dilubangi akan perlahan tumbuh kembali, kemudian kulit Anda ditutup kembali dengan jahitan. Luka operasi akan ditutup dengan kasa.

Setelah operasi

Setelah kondisi stabil, Anda dapat diperbolehkan pulang.

Anda akan dibekali tongkat untuk berjalan dan lutut akan dipasang alat penyangga untuk mengurangi gerakan lutut (untuk sementara waktu). Anda juga akan dibekali antibiotik dan anti nyeri selama beberapa hari setelah operasi.

Bekas jahitan sebaiknya tidak terkena air terlebih dahulu. Anda akan diminta kontrol untuk melihat bekas jahitan dan melepas jahitan. Waktu pemulihan lutut setelah operasi berkisar antara 6 bulan - 1 tahun, tergantung pada proses penyembuhan yang terjadi.

Adakah risiko/efek samping operasi perbaikan ligamen lutut?

Operasi perbaikan ligamen lutut dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Risiko atau efek samping dilakukannya operasi perbaikan ligamen lutut antara lain:

  • Bengkak dan nyeri masih dirasakan beberapa waktu walau sudah dinyatakan sembuh. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan lapisan kartilago tulang yang juga terjadi pada saat yang bersamaan dengan trauma.
  • Lutut kadang terasa kaku dan lemah.
  • Risiko infeksi setelah operasi.
  • Bekuan darah yang menyumbat di kaki/paru.
  • Kegagalan operasi. Terkadang, tendon yang ditanam tidak diterima dengan seharusnya sehingga tidak bekerja dengan baik. Untuk memperbaikinya, dapat dilakukan operasi kedua, namun biasanya memiliki kemungkinan keberhasilan yang lebih rendah.

Di mana operasi perbaikan ligamen lutut dapat dilakukan?

Operasi perbaikan ligamen lutut dilakukan oleh dokter spesialis bedah tulang. Ada atau tidaknya pelayanan ini ditentukan oleh kelengkapan alat dan tenaga medis di fasilitas kesehatan tersebut. Anda bisa menghubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini untuk mengetahui Rumah Sakit mana saja yang dapat melakukan operasi ligamen lutut.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Transplantasi Sumsum Tulang

Transplantasi sumsum tulang dilakukan untuk mengganti sumsum tulang yang sudah rusak dengan sumsum Baca Selengkapnya...

Flat Feet, Telapak Kaki Rata yang Bikin Nyeri

Flat feet adalah keadaan dimana lengkung pada telapak kaki tidak ada atau telapak kaki datar.

Sindrom Kaki Gelisah Saat Tidur pada Anak, Normalkah?

Anak yang mengidap sindrom kaki gelisah memiliki perasaan tidak nyaman pada kaki mereka ketika Baca Selengkapnya...