Radioterapi

Rabu, 08 Januari 2020

Radioterapi

LinkSehat - Radioterapi adalah prosedur medis yang digunakan untuk pengobatan kanker. Prosedur ini dapat membunuh sel-sel kanker menggunakan bantuan sinar-X yang kuat. Radioterapi juga dapat dilakukan dalam bentuk implan, obat suntik, atau oral.

Radioterapi diberikan pada penderita kanker sebagai bagian dari terapi kanker. Radioterapi dapat digunakan pada hampir semua jenis kanker yang melibatkan organ padat.

Radioterapi dapat dilakukan pada stadium awal kanker atau stadium lanjut setelah kanker menyebar (fase metastasis). Radioterapi bertujuan untuk menghancurkan sel yang tumbuh berlebihan, tanpa menghancurkan sel yang normal dan sehat. Secara khusus, berikut ini empat kegunaan radioterapi:

  • Menyembuhkan kanker secara total (curative radiotherapy)
  • Membantu efektivitas pengobatan kanker lain, misalnya, digunakan bersamaan dengan kemoterapi atau sebelum operasi (neoadjuvant radiotherapy)
  • Mengurangi risiko kanker kembali muncul pasca operasi (adjuvant radiotherapy)
  • Mengatasi gejala saat kanker tidak dapat disembuhkan total (palliative radiotherapy)

Prosedur radioterapi kanker

Radioterapi bekerja dengan cara membunuh sel kanker, menggunakan energi yang intens melalui sinar X atau energi radiasi lainnya. Radioterapi kanker diberikan melalui beberapa cara, yakni:

  • Radioterapi diberikan melalui mesin (external radiotherapy) yang menargetkan sinar radiasi secara langsung ke sel-sel kanker.
  • Radioterapi implant (brachytherapy), dilakukan dengan meletakkan bagian kecil dari metal radioaktif (biasanya sementara) di area tubuh yang ditumbuhi sel-sel kanker.
  • Radioterapi injeksi atau kapsul (radioisotope therapy), dilakukan dengan menyuntikkan cairan radioaktif ke area tubuh yang ditumbuhi sel-sel kanker. Pengobatan ini juga dapat diberikan secara oral (diminum).

Biasanya terapi dilakukan di rumah sakit dalam beberapa sesi yang dibagi ke dalam beberapa minggu. Jika dilakukan radioterapi eksternal, biasanya penderita kanker diperbolehkan untuk langsung pulang.

Radioterapi kanker dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Pemulihan pasca radioterapi kanker

Anda akan mendapat penanganan khusus untuk mengurangi risiko efek samping pasca radioterapi. Dukungan dari keluarga, teman, atau kelompok dukungan (support group) tertentu juga dibutuhkan untuk membantu proses pemulihan.

Hubungi Medical Consultant melalui WhatsApp 0857 8000 8707 untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan Rumah Sakit di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait prosedur radioterapi.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Mayo Clinic. (2018). Test & procedures. Radiation therapy.
NHS. (2017). Health A to Z. Radiotherapy.


Author dr. Elrika Anastasia W. dr. Elrika Anastasia W.
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Kemoterapi

Kemoterapi umumnya dilakukan untuk meredakan gejala yang dialami penderita kanker, termasuk membunuh Baca Selengkapnya...

Berbagai Pilihan Pengobatan Kanker

Bersama dengan dokter, Anda dapat menimbang manfaat dan risiko dari setiap pilihan perawatan kanker.

Pilihan Pengobatan untuk Kanker Payudara

Dokter akan memberikan rekomendasi perawatan dengan mempertimbangkan jenis, ukuran, dan penyebaran Baca Selengkapnya...