Tim medis sedang memegang sebuah alat di tengah prosedur angioplasti koroner dan stent

Kamis, 19 Desember 2019

Angioplasti: Kateter Jantung, Pasang Ring Jantung

Link Sehat - Angioplasti koroner adalah prosedur pelebaran pembuluh darah jantung yang tersumbat dan menyempit. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan ring (stent) sehingga disebut juga dengan angioplasti dan stent.

Pilihan untuk melebarkan pembuluh darah jantung yang tersumbat ada 2 jenis, yaitu:

Selain pasien yang mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung (selain di bagian jantung kiri depan), angioplasti koroner dan stent juga direkomendasikan jika operasi bypass tidak lagi dapat dilakukan. Misalnya pada pasien yang telah menjalani operasi bypass dan kembali mengalami penyumbatan.

Elektrokardiogram, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan lain perlu dilakukan jika Anda mengalamiserangan jantung. Jika terbukti mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung (bukan di bagian jantung kiri depan), angioplasti koroner dan stent akan direkomendasikan.

Prosedur angioplasti koroner dan stent

1. Sebelum operasi

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, darah, EKG, dan angiogram untuk melihat apakah sumbatan memerlukan tindakan angioplasti koroner atau tidak.

Sebelum operasi, Anda biasanya dianjurkan untuk berpuasa selama 6-8 jam. Ikuti anjuran dokter terkait obat yang boleh dan tidak boleh diminum. Anda juga perlu membawa obat-obatan yang rutin diminum ke rumah sakit

2. Saat operasi

Alat monitor jantung, infus, dan oksigen dipasang selama operasi. Dokter akan menyayat area tubuh di mana terdapat pembuluh darah besar, seperti lipat paha, lengan atas, atau area pergelangan tangan. Lokasi ini akan menjadi jalan masuk bagi tindakan angioplasti koroner.

Anda akan dibius lokal dan diberi obat agar tetap rileks selama operasi berlangsung. Lamanya operasi tergantung seberapa banyak pembuluh darah yang sumbat. Prosedur yang sama akan diulang berkali-kali pada pembuluh darah lain yang tersumbat.

Saat operasi, selang berdiameter kecil (kateter) dimasukkan melalui pembuluh darah menuju jantung. Kemudian, zat pewarna disuntikkan ke pembuluh darah yang tersumbat dengan bantuan rontgen. Sementara balon diselipkan di antara sumbatan di dinding pembuluh darah, lalu dikembangkan dan dipasang stent.

3. Setelah operasi

Setelah operasi, Anda mungkin diminta untuk tetap di rumah sakit hingga kondisi jantung stabil. Dosis obat akan disesuaikan dengan kondisi jantung Anda pasca operasi dilakukan. Anda baru dapat beraktivitas kembali secara normal sekitar satu minggu setelah tindakan operasi.

Sebaiknya Anda mengonsumsi obat pengencer darah terus-menerus secara rutin untuk mencegah sumbatan ulang. Konsultasikan dengan obat terkait penggunaan obat ini.

Angioplasti koroner dan stent dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Pemulihan setelah angioplasti koroner dan stent

Dapat muncul gejala nyeri dada pasca operasi. Hal ini akan berangsur menghilang, sehingga Anda dapat beraktivitas normal secara bertahap. Selalu informasikan ke dokter yang merawat Anda mengenai adanya gejala atau perubahan gejala selama proses pengobatan Anda.

Hal yang perlu Anda ingat adalah, angioplasti koroner dan pemasangan ring jantung hanya bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah jantung yang menyempit. Itu sebabnya Anda tetap perlu menjaga gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung:

  • Tidak merokok
  • Jaga berat badan ideal
  • Aktif bergerak dan berolahraga
  • Rutin kontrol ke dokter (jika dianjurkan)

Penting untuk mencari dan memilih dokter spesialis jantung dengan reputasi terbaik di bidangnya agar mendapatkan hasil pengobatan yang optimal. Hubungi Medical Consultant kami di sini untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan RS di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait pemasangan ring jantung.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Harvard Health Publishing. Bypass or angioplasty with stenting: How do you choose.
Heart Foundation. Heart treatments. Angioplasty and stents.
Mayo Clinic. Patient Care & Health Information. Tests & Procedures. Coronary angioplasty and stents.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Serangan Jantung

Segera periksakan diri ke UGD jika Anda mengalami nyeri dada berkepanjangan yang disertai sesak Baca Selengkapnya...

Rehabilitasi Pasca Serangan Jantung

Setelah mendapatkan penanganan medis, Anda perlu menjalani pemulihan (rehabilitasi). Berikut ini Baca Selengkapnya...

Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung diperuntukkan bagi Anda yang mengalami masalah pada jantung dan pembuluh Baca Selengkapnya...