tim medis berpakaian khusus di ruang operasi sedang melakukan prosedur operasi bypass jantung

Kamis, 19 Desember 2019

Operasi Bypass Jantung

Link Sehat - Operasi bypass jantung adalah operasi yang dilakukan dengan mencangkok pembuluh darah dari tempat lain di tubuh Anda. Tindakan ini bertujuan untuk menggantikan pembuluh darah jantung yang tersumbat.

Operasi bypass jantung diperuntukkan bagi Anda yang mengalami:

  • Nyeri dada sangat berat, meski hanya melakukan aktivitas fisik ringan
  • Terdapat beberapa pembuluh darah jantung yang tersumbat sehingga ruang jantung bawah (ventrikel) kiri tidak dapat memompa darah dengan baik
  • Pembuluh darah utama jantung kiri sangat sempit karena tersumbat

Bypass jantung juga disarankan bagi Anda yang sudah pernah menjalani prosedur balon dan stent jantung, tetapi pembuluh darah masih tersumbat.

Prosedur operasi bypass jantung

1. Sebelum operasi

Sebelum operasi bypass jantung dilakukan, Anda akan diminta berpuasa selama 8-12 jam. Dokter juga akan memberitahu Anda sejumlah kegiatan yang tidak boleh dilakukan, pola makan sehat, dan obat-obatan yang perlu dikonsumsi sebelum operasi berlangsung.

Anda juga perlu menjalani serangkaian tes awal sebelum tindakan, berupa foto Rontgen dada, tes darah, elektrokardiografi, dan kateterisasi jantung.

Operasi biasanya berlangsung sekitar 3-6 jam, tergantung jumlah pembuluh darah jantung yang tersumbat dan perlu dilakukan bypass. Anda akan dibius umum untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman sebelum operasi.

2. Saat operasi

Alat bantu napas dimasukkan melalui mulut ke saluran napas, lalu disambungkan ke mesin ventilator. Ini disebut operasi bypass jantung on pump. Jantung akan dibuat berhenti berdetak oleh obat-obatan yang digunakan. Kegiatan pompa jantung diambil alih oleh mesin.

Selama operasi, pembuluh darah sehat dari dada bagian dalam atau tungkai bawah akan diambil untuk dicangkokkan ke jantung. Hal ini bertujuan untuk menggantikan pembuluh darah jantung yang tersumbat.

Dokter akan mengambil pembuluh darah sehat dari dada bagian dalam atau dari sekitar betis untuk dicangkokkan ke jantung untuk menggantikan pembuluh darah jantung yang tersumbat.

3. Setelah operasi

Pasca operasi, jantung kembali berdenyut dengan sendirinya, atau terkadang perlu diberikan kejut jantung untuk kembali "membangunkan" jantung. Setelah jantung kembali berdetak normal, alat bantu pompa darah akan dilepas.

Tulang dada yang dipotong juga akan disambung menggunakan kawat. Kulit lalu dijahit dan ditutup dengan kasa. Selang pernapasan yang dipasang dilepas, sehingga Anda dapat kembali bernapas dengan normal.

Selain teknis konvensional di atas, operasi bypass jantung juga dapat dilakukan dengan metode non-konvensional. Pada teknik tersebut, operasi dilakukan tanpa menghentikan denyut jantung, atau menggunakan bantuan robot yang memungkinkan operasi berlangsung tanpa membelah tulang dada.

Operasi bypass jantung dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Pemulihan setelah operasi bypass jantung

Setelah operasi bypass jantung, Anda perlu dirawat di ICU selama 1-2 hari. Setelah kondisi membaik, Anda akan dirawat di ruang biasa hingga keadaan stabil. Setelah itu, Anda akan mengikuti beberapa latihan untuk membantu proses pemulihan. Kira-kira setelah 1 minggu dirawat, Anda diperbolehkan pulang.

Penting untuk mencari dan memilih dokter spesialis jantung dengan reputasi terbaik di bidangnya agar mendapatkan hasil pengobatan yang optimal. Anda bisa menghubungi Medical Consultant kami di sini untuk mendapatkan estimasi biaya, rekomendasi dokter dan RS di Indonesia maupun luar negeri, serta buat janji dokter spesialis terkait operasi bypass jantung.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

American Heart Association. (2017). Cardiac Procedures and Surgeries.
Johns Hopkins Medicine. Treatments, tests, and therapies. Coronary artery bypass graft surgery.
Mayo Clinic. Patient Care & Health Information. Tests & Procedures. Coronary bypass surgery.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Angioplasti: Kateter Jantung, Pasang Ring Jantung

Jika Anda terbukti mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung (bukan di bagian jantung kiri Baca Selengkapnya...

Ablasi Jantung

Pada beberapa kasus, ablasi jantung dapat mencegah adanya sinyal elektrik abnormal memasuki jantung Baca Selengkapnya...

Ablasi Kateter

Ablasi kateter hanya ditujukan bagi penderita aritmia yang kondisinya tidak membaik dengan Baca Selengkapnya...