Operasi Bypass Jantung

Kamis, 19 Desember 2019

Operasi Bypass Jantung

LinkSehat - Operasi bypass jantung adalah prosedur ketika seorang ahli bedah mengambil pembuluh darah dari bagian lain tubuh Anda untuk mengelilingi atau memotong, arteri yang tersumbat. 

Tujuannya untuk melancarkan aliran darah dan oksigen ke jantung Anda. Ini dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung dan masalah lainnya. Setelah pulih, Anda akan merasa lebih baik dan dapat kembali beraktivitas seperti biasa. 

Operasi bypass jantung tidak dapat menyembuhkan penyakit jantung yang menyebabkan penyumbatan, seperti aterosklerosis atau penyakit arteri koroner. Namun, prosedur operasi ini dapat meredakan gejala, seperti nyeri dada dan sesak napas. Bagi sebagian orang, prosedur ini dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Prosedur ini juga dikenal sebagai coronary artery bypass grafting (CABG), yaitu jenis operasi jantung terbuka. Kebanyakan orang mendapatkan hasil yang optimal dan hidup tanpa gejala selama satu dekade atau lebih pascaoperasi. 

Tujuan dan Manfaat Operasi Bypass Jantung

Tujuan operasi bypass jantung untuk mengobati gejala penyakit arteri koroner. Ini terjadi ketika zat lilin yang disebut plak menumpuk di dalam arteri di jantung yang kemudian menghalangi aliran darah dan oksigen. Dokter mungkin menyarankan operasi bypass jantung jika:

  • Anda mengalami nyeri dada berat yang menurut dokter karena terjadi penyumbatan di beberapa arteri yang memasok darah ke jantung Anda.
  • Setidaknya satu dari arteri koroner Anda memiliki penyakit yang menyebabkan ventrikel kiri tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kerja jantung terganggu.
  • Ada penyumbatan di arteri koroner utama kiri Anda, yang memberikan sebagian besar darah pada ventrikel kiri Anda.
  • Anda pernah menjalani prosedur lain dan tidak berhasil, atau arteri Anda kembali menyempit.

Penyakit arteri koroner dapat menyebabkan serangan jantung. Ini dapat menyebabkan pembekuan darah dan memutus aliran darah. Operasi bypass jantung dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Biaya Melakukan Operasi Bypass Jantung

Estimasi biaya operasi bypass jantung yaitu sekitar 80 juta hingga 500 juta rupiah. Biaya ini juga tergantung rumah sakit, dokter spesialis yang menangani, tenaga medis lainnya, obat-obatan, dan fasilitas yang Anda gunakan selama dan sesudah prosedur. 

Untuk perkiraan biaya operasi bypass jantung di dalam atau luar negeri, Anda dapat menghubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707

Siapa yang Tidak Boleh Melakukan Operasi Bypass Jantung

Anda mungkin tidak dianjurkan melakukan operasi bypass jantung jika:

  • Memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, termasuk aneurisma, penyakit katup jantung, atau penyakit darah.
  • Cacat fisik yang serius, termasuk ketidakmampuan merawat diri sendiri.
  • Penyakit parah pada organ lain, seperti paru-paru atau ginjal.
  • Penyakit terminal termasuk kanker stadium lanjut, AIDS, gagal hati, atau demensia berat.

Diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan operasi bypass jantung guna mengetahui manfaat yang bisa dicapai dan kemungkinan risiko. 

Risiko Melakukan Operasi Bypass Jantung

Karena operasi bypass koroner adalah operasi jantung terbuka, Anda mungkin mengalami komplikasi selama atau setelah prosedur. Komplikasi yang mungkin terjadi di antaranya:

  • Stroke.
  • Perdarahan. 
  • Masalah ginjal.
  • Infeksi luka di dada.
  • Irama jantung tidak teratur.
  • Serangan jantung, jika gumpalan darah lepas segera setelah operasi.
  • Kehilangan memori atau kesulitan berpikir jernih, biasanya membaik dalam 6 hingga 12 bulan.

Risiko terkena komplikasi umumnya lebih rendah, tapi tergantung pada kesehatan Anda sebelum operasi. Risiko komplikasi akan lebih tinggi jika operasi dilakukan sebagai prosedur darurat atau jika Anda memiliki kondisi medis lain, seperti emfisema, penyakit ginjal, diabetes, atau penyumbatan arteri di kaki Anda.

Lama Waktu Melakukan Operasi Bypass Jantung

Sebagian besar operasi bypass jantung memakan waktu antara 3 sampai 6 jam. Anda akan tertidur sepanjang waktu. Sebuah tabung pernapasan yang terpasang ke ventilator akan dimasukkan ke dalam mulut Anda. Alat ini berguna untuk membantu Anda bernapas selama dan sesudah prosedur. 

Prosedur Sebelum Operasi Bypass Jantung

Dokter akan memberi Anda petunjuk khusus tentang pembatasan aktivitas dan perubahan dalam diet atau obat-obatan yang sudah mulai dirancang sebelum operasi. 

Buat rencana setelah operasi Anda. Diperlukan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu bagi Anda untuk pulih ke titik di mana Anda dapat mulai beraktivitas kembali, seperti mengemudi, kembali bekerja, dan mengerjakan tugas sehari-hari.

Jika operasi bypass jantung Anda tidak dilakukan sebagai operasi darurat, kemungkinan besar Anda akan dirawat di rumah sakit pada pagi hari sebelum jadwal operasi.

Prosedur Selama Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung umumnya memakan waktu antara 3 sampai 6 jam dan membutuhkan anestesi umum. Jumlah bypass yang Anda butuhkan tergantung letak penyakit dan seberapa parah penyumbatannya. 

Untuk anestesi umum, selang pernapasan akan dimasukkan melalui mulut Anda. Tabung ini menempel pada ventilator yang bernafas untuk Anda selama dan setelah operasi.

Kebanyakan operasi bypass jantung dilakukan melalui sayatan panjang di dada dengan mesin pompa jantung paru menjaga darah dan oksigen tetap mengalir melalui tubuh Anda. Ini disebut operasi bypass jantung dengan pompa.

Dokter bedah akan memotong bagian tengah dada di sepanjang tulang dada dan membuka tulang rusuk untuk mengekspos jantung. Setelah dada dibuka, jantung dihentikan sementara dengan obat-obatan dan mesin pompa jantung paru mengambil alih untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Dokter bedah mengambil bagian pembuluh darah yang sehat, biasanya dari dalam dinding dada atau dari kaki bagian bawah, dan menempelkan ujung di atas dan di bawah arteri yang tersumbat sehingga aliran darah dialihkan ke sekitar bagian arteri yang tersumbat.

Setelah menyelesaikan pencangkokan, dokter bedah akan memulihkan detak jantung Anda, memutuskan sambungan Anda dari mesin jantung paru, dan menggunakan kawat untuk menutup tulang dada Anda. Kawat tersebut akan tetap berada di tubuh Anda setelah tulang sembuh.

Prosedur Sesudah Operasi Bypass Jantung

Setelah prosedur bypass selesai, Anda akan dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) selama beberapa hari sambil menunggu Anda mampu bernafas tanpa bantuan ventilator.

Masa pemulihan sesudah operasi bypass jantung yaitu sekitar 6 hingga 12 minggu. Jika dokter menilai kondisi Anda sudah membaik, Anda dapat kembali bekerja, mulai berolahraga, dan melanjutkan aktivitas seksual setelah 4 hingga 6 minggu.

Rehabilitasi jantung biasanya dimulai saat Anda masih menjalani pemulihan di rumah sakit. Anda akan diberikan program latihan yang dirancang untuk membantu Anda cepat pulih. Anda akan melanjutkan program yang dipantau selama rawat jalan sampai Anda dapat dengan aman mengikuti program perawatan sendiri di rumah. 

Jika tidak mengalami komplikasi, kemungkinan besar Anda akan keluar dari rumah sakit dalam waktu seminggu. Anda mungkin masih kesulitan melakukan tugas sehari-hari atau berjalan kaki. 

Jika sudah diperbolehkan kembali ke rumah dan Anda memiliki salah satu dari tanda atau gejala berikut, segera hubungi dokter Anda:

  • Demam.
  • Denyut jantung cepat.
  • Nyeri baru atau yang semakin parah di sekitar luka dada.
  • Muncul kemerahan di sekitar luka dada atau pendarahan atau cairan lain dari luka dada.

Cara Merawat Pasien Setelah Operasi Bypass Jantung

Setelah operasi, kebanyakan orang merasa lebih baik dan mungkin terbebas dari gejala selama 10 sampai 15 tahun. Akan tetapi seiring waktu, mungkin arteri lain atau cangkok baru yang digunakan dalam bypass akan tersumbat, sehingga membutuhkan bypass atau angioplasti lain.

Hasil jangka panjang bergantung pada penggunaan obat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan membantu mengendalikan diabetes. 

Penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat selama masa pemulihan, seperti:

  • Mengelola stres.
  • Berhenti merokok.
  • Berolahragalah secara teratur.
  • Mencapai atau mempertahankan berat badan sehat.
  • Ikuti rencana makan sehat, seperti diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Konsultasi Dokter Online dengan spesialis jantung melalui aplikasi LinkSehat jika Anda ingin berkonsultasi seputar operasi bypass jantung. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Angioplasti: Kateter Jantung, Pasang Ring Jantung

Jika Anda terbukti mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung (bukan di bagian jantung kiri Baca Selengkapnya...

Ablasi Jantung

Pada beberapa kasus, ablasi jantung dapat mencegah adanya sinyal elektrik abnormal memasuki jantung Baca Selengkapnya...

Ablasi Kateter

Ablasi kateter hanya ditujukan bagi penderita aritmia yang kondisinya tidak membaik dengan Baca Selengkapnya...