Apa Itu Ekokardiografi? Penderita Penyakit Jantung Wajib Tahu

Selasa, 17 November 2020

Apa Itu Ekokardiografi? Penderita Penyakit Jantung Wajib Tahu

LinkSehat - Penyakit jantung masuk ke dalam salah satu daftar penyakit paling mematikan di dunia. Hingga saat ini, penyakit jantung masih tak tergoyahkan dari posisinya sebagai pembunuh nomor satu di dunia dari tahun ke tahun.

Hal ini membuktikan bahwa penyakit jantung adalah kondisi serius yang harus mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Ini dilakukan agar penderitanya terhindar dari kondisi fatal yang berbahaya.

Salah satu cara untuk mendeteksi kondisi kesehatan jantung seseorang sejak dini adalah ekokardiografi (EKG). Pemeriksaan jantung dengan ekokardiografi dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki perlengkapan, seperti di Primaya Hospital.

Apa Itu Ekokardiografi atau USG Jantung?

Ekokardiografi adalah sebuah alat yang digunakan untuk memeriksa struktur dan fungsi jantung dengan gelombang ultrasonik. Ekokardiografi juga dikenal dengan nama USG jantung. Ini karena ekokardiografi memiliki fungsi yang sama dengan alat USG yang biasanya digunakan oleh dokter spesialis kandungan untuk memeriksa perkembangan janin selama masa kehamilan.

Lewat pemeriksaan ekokardiografi, dokter dapat memeriksa bagian-bagian jantung yang nantinya akan membantu keakuratan hasil diagnosis pada penderita penyakit jantung. Bagian-bagian jantung yang biasanya diperiksa oleh dokter yaitu:

  • Otot jantung.
  • Katup jantung.
  • Bilik jantung (atrium dan ventrikel).
  • Pembuluh darah di sekitar jantung.

Kedua alat tersebut dapat digunakan secara bersamaan untuk memeriksa suatu kasus penyakit jantung yang sama. Hanya saja elektrokardiografi cenderung digunakan untuk memeriksa aktivitas listrik di jantung.

Jenis-jenis Ekokardiografi

Ekokardiografi terdiri dari beberapa jenis yang sering digunakan dalam pemeriksaan penyakit jantung. Setiap jenis ekokardiografi menggunakan gelombang ultrasonik berfrekuensi tinggi yang mampu menghasilkan gambar jantung di monitor. Berikut ini jenis-jenis ekokardiografi yang sering digunakan:

1. Ekokardiografi Transthoracic

Transthoracic echocardiogram (TTE) atau ekokardiografitransthoracicmerupakan alat yang paling sering digunakan untuk pemeriksaan penyakit jantung. Pemeriksaan dengan alat ini tidak menyakitkan dan tidak invasif atau tidak memerlukan operasi dan memasukkan instrumen apapun ke dalam tubuh pasien.

Secara garis besar, prosedur ekokardiografitransthoracicmirip dengan USG kandungan. Namun, yang membedakannya adalah alat transduser disentuhkan pada beberapa titik kulit di daerah dada pasien. Ini dilakukan untuk menghasilkan gambar jantung yang sudah tersambung dengan monitor.

2. Ekokardiografi Stres

Jenis ekokardiografi yang berikutnya yaitustress echocardiogram atau ekokardiografi stres yang merupakan salah satu prosedur pada tes stres pada jantung. Pertama-tama pasien diminta untuk berolahraga, misalnya berjalan di atastreadmill yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Dalam beberapa kasus, seperti penyakit jantung koroner (PJK) tahap dini, dalam kondisi normal sulit terdeteksi, tetapi adanya masalah jantung akan lebih mudah ditemukan saat jantung dipacu bekerja lebih keras daripada biasanya, misalnya dengan berjalan atau berlari di atastreadmill.

3. Ekokardiografi Transesofagus

Transesophageal echocardiogram atauekokardiografi transesofagus biasanya digunakan ketika dokter mengalami kesulitan melihat beberapa bagian jantung dengan ekokardiografitransthoracic.

Prosedur ekokardiografi transesofagus dilakukan dengan memasukkan transduser ke dalam kerongkongan pasien untuk melihat detail gambar jantung melalui layar monitor yang sudah tersambung. Untuk tindakan ini biasanya pasien akan diberi obat penenang atau pembiusan ringan.

4. Ekokardiografi Janin

Prosedur ekokardiografi janin dilakukan untuk mengetahui kondisi jantung bayi yang masih berada di dalam kandungan. Dokter biasanya menggunakan prosedur ini ketika menduga adanya masalah jantung pada bayi.

5. Ekokardiografi Tiga Dimensi

Sesuai dengan namanya, hasil pemeriksaan yang ditunjukkan berupa gambar tiga dimensi dengan penampakan bagian jantung yang lebih mendetail. Ekokardiografi tiga dimensi juga sering digunakan dalam proses operasi katup jantung.

Sebelum Melakukan USG Jantung

Pemeriksaan jantung dengan ekokardiografi dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki perlengkapan. Sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang perlu Anda lakukan sebelum menjalani pemeriksaan jantung dengan ekokardiografi. Anda juga tidak akan diminta untuk berpuasa dan mereka boleh minum obat sebelum dokter memulai USG jantung. Pastikan sebelumnya Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

Namun, ada pengecualian bagi Anda yang akan menjalani ekokardiografi transesofagus. Jenis ekokardiografi yang satu ini mengharuskan Anda untuk berpuasa selama 8 jam sebelum USG jantung berlangsung. Ini dilakukan untuk mencegah mual dan muntah saat Anda menjalani pemeriksaan.

Selain itu, ada anjuran agar Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat 4 jam sebelum menjalani ekokardiografi stres. Kenakan baju dan celana yang nyaman agar Anda leluasa saat diminta untuk beraktivitas fisik selama pemeriksaan berlangsung.

Umumnya pemeriksaan ekokardiografi berlangsung selama 15 hingga 30 menit hingga dokter berhasil mendapatkan informasi yang memadai untuk bisa mendiagnosis penyakit jantung pasien.

Manfaat Menjalani Ekokardiografi atau USG Jantung

Kenali manfaat ekokardiografi bagi penderita penyakit jantung atau saat muncul gejala penyakit jantung. Ekokardiogram atau gambar yang dihasilkan dari alat ekokardiografi akan diteliti lebih lanjut oleh dokter untuk mengetahui kondisi jantung dari segi struktur dan fungsinya,

Sejumlah informasi yang mungkin muncul dari ekokardiogram yaitu:

  • Tekanan jantung.
  • Disfungsi katup jantung.
  • Disfungsi pompa jantung.
  • Cairan di kantung sekeliling jantung.
  • Gumpalan darah di bilik jantung atau ventrikel.
  • Adanya masalah pada pembuluh darah yang terhubung ke jantung atau aorta.

Pemeriksaan ekokardiografi juga dapat menentukan kondisi otot jantung seseorang, terutama setelah orang tersebut terkena serangan jantung. Penyakit jantung bawaan yang diderita oleh bayi juga bisa dideteksi lewat prosedur pemeriksaan ini.

Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani prosedur pemeriksaan ekokardiografi. Ini termasuk menentukan jenis ekokardiografi dan persiapan sebelum pemeriksaan.

Jika punya pertanyaan seputar ekokardiografi atau USG jantung, Anda bisa melakukan Konsultasi Dokter Online bersama dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Primaya Hospital melalui aplikasi LinkSehat kapanpun Anda membutuhkannya. Download sekarang.

Disusun ulang berdasarkan artikel “Manfaat Ekokardiografi Bagi Penderita Penyakit Jantung” oleh dr. Yusak Alfrets Porotuo, Sp.JP, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Primaya Hospital Karawang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Serangan Jantung

Segera periksakan diri ke UGD jika Anda mengalami nyeri dada berkepanjangan yang disertai sesak Baca Selengkapnya...

Aritmia, Ketika Detak Jantung Tidak Beraturan

Detak jantung tidak beraturan akibat aritmia perlu diwaspadai jika terjadi terus-menerus, karena Baca Selengkapnya...

Penyakit Jantung

Setiap orang berisiko mengalami penyakit jantung, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga Baca Selengkapnya...

Ekokardiografi, USG Jantung

USG jantung disarankan jika Anda menunjukkan tanda dan gejala gangguan jantung, seperti sesak dan Baca Selengkapnya...