Ingin Berobat ke Malaysia saat COVID-19? Berikut Aturannya

Selasa, 15 Juni 2021

Ingin Berobat ke Malaysia saat COVID-19? Berikut Aturannya

LinkSehat - Pandemi COVID-19 membuat beberapa negara memutuskan untuk lockdown, termasuk Malaysia. Informasi terkini menyebutkan bahwa pemerintah Malaysia menerapkan lockdown hingga 14 Juni mendatang, sehingga pasien yang ingin berobat ke Malaysia baru bisa melakukannya setelah tanggal tersebut.

LinkSehat siap membantu Anda yang ingin berobat ke Malaysia saat pandemi COVID-19. Termasuk memberikan update informasi, rekomendasi dokter dan Rumah Sakit, hitung perkiraan biaya, booking janji temu dokter, serta pengurusan Surat Izin Masuk Malaysia dan administrasi lainnya.

Bagaimana Cara Berobat ke Malaysia Saat COVID-19?

1. Pilih Rumah Sakit

Tentukan Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan di Malaysia. Anda dapat menghubungi WhatsApp LinkSehat di 0857 8000 8707 untuk mencarikan Rumah Sakit dan dokter yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Setelah menentukan Rumah Sakit yang ingin dituju untuk berobat di Malaysia, Anda perlu mengirimkan hasil pemeriksaan sebelumnya atau resume medis ke Rumah Sakit. Ini khusus untuk rumah sakit yang terdaftar di Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Setelah memilih Rumah Sakit, LinkSehat bisa membantu mengirimkan resume medis Anda ke Rumah Sakit pilihan.

2. Menentukan tanggal berobat dan transportasi

Tentukan tanggal berobat dengan pihak Rumah Sakit. Jika sudah disepakati, Anda bisa memesan akomodasi, termasuk booking karantina 14 hari. Transportasi yang bisa digunakan adalah private jet / ferry exclusive / penerbangan khusus, dimana pasien boleh ditemani oleh 1 orang pendamping.

Anda perlu melampirkan bukti konfirmasi transportasi keberangkatan sebelum berangkat untuk berobat ke Malaysia. Untuk kepulangan dari Malaysia ke Indonesia, dapat menggunakan penerbangan reguler (biasa).

3. Surat izin masuk dan persetujuan berobat

Proses selanjutnya adalah, pihak Rumah Sakit akan menghubungi MHTC dan imigrasi untuk memperoleh approval letter, yaitu surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis (butuh waktu sekitar 5 hari kerja). Jika disetujui, maka approval letter akan dikirimkan kepada pasien secara langsung atau melalui LinkSehat yang akan diteruskan kepada pasien. Izin masuk berlaku selama 30 hari sejak diterbitkan. Anda juga akan mendapatkan Letter of Acceptance dari dokter RS yang akan menangani pengobatan Anda.

Perlu diperhatikan: Ajukan visa untuk pasien dan pendamping. Pasien dewasa hanya boleh datang bersama 1 orang pendamping. Sedangkan pasien anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh datang maksimal bersama 2 orang pendamping.

4. Tes PCR

Melakukan tes PCR COVID-19 pertama maksimal 3 hari sebelum keberangkatan yang dihitung dari tanggal pemeriksaan. Tes PCR dilakukan di Rumah Sakit atau lab yang telah ditunjuk oleh MHTC. 

Untuk Kota Jakarta, Anda bisa melakukan tes PCR di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Rumah Sakit Mitra Keluarga. Sementara untuk Kota Surabaya, Anda bisa melakukan tes PCR di Permata Hati, National Hospital, dan Rumah Sakit Premier Surabaya.

5. Karantina 14 hari

Setibanya di Malaysia, pasien dan pendamping akan dijemput langsung oleh pihak Rumah Sakit, dan wajib menjalani karantina selama 7 sampai 14 hari. Setiap Rumah Sakit memiliki kebijakan masing-masing. Estimasi biaya karantina sekitar 1,200 - 2,700 USD. 

Tes PCR akan dilakukan dua kali. Tes PCR pertama saat tiba di Rumah Sakit dan tes PCR kedua tergantung kebijakan masing-masing Rumah Sakit.

Bisakah Saya Didampingi selama Berobat di Malaysia saat Pandemi COVID-19?

Anda boleh didampingi oleh 1 orang selama berobat di Malaysia. Jika pendamping berusia kurang dari 12 tahun, jumlah pendamping boleh 2 orang. Untuk pasien anak dengan kasus pediatrik hanya diperbolehkan datang bersama maksimal 2 orang pendamping.

Kapan Saya Bisa Berobat di Malaysia?

Pemerintah setempat mulai melonggarkan lockdown dengan mengizinkan warga negara asing untuk menjalani pengobatan di Malaysia. Aturan ini mulai berjalan efektif pada 1 Juli 2020. Sejak saat itu pula Anda bisa mengajukan permohonan izin masuk ke Malaysia untuk menjalani pengobatan melalui perwakilan resmi rumah sakit di Malaysia.

Update: Saat ini Malaysia sedang lockdown sehingga jika ingin berobat di Malaysia, Anda baru bisa melakukan setelah tanggal 14 Juni.

Berapa Perkiraan Biaya Berobat di Malaysia Saat COVID-19?

Ada perbedaan biaya saat sebelum dan selama COVID-19. Hal ini dikarenakan selama pandemi, pasien hanya bisa menggunakan transportasi yang tersedia dan harus menjalani karantina dengan biaya di luar pengobatan. Jika Anda berencana untuk berobat di Malaysia saat COVID-19, berikut perkiraan (estimasi) biaya yang diperlukan:

  • Transportasi dengan charter flight (sharing) sekitar Rp10.000.000* per orang.
  • Biaya tes PCR saat karantina sekitar Rp1.000.000 per orang.

*Biaya tiket sudah termasuk pengurusan Surat Izin Masuk Malaysia, PPN 1% , dan bagasi 30kg per orang. Biaya tes COVID-19 sebelum keberangkatan, karantina, dan pengobatan tidak termasuk ke dalam harga tersebut.

Mitra Rumah Sakit di Malaysia

Berikut ini rekomendasi Rumah Sakit di Malaysia yang menyediakan layanan dengan fasilitas terbaik dan merupakan mitra LinkSehat.

  • Gleneagles Hospital Kuala Lumpur
  • KPJ Hospital
  • Regency Specialist Hospital
  • Gleneagles Hospital Medini Johor
  • Sunway Medical Centre
  • Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL)

Panduan lengkap di atas dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti dengan peraturan Pemerintah Malaysia yang sedang berlaku, untuk itu bagi Anda yang tetap Ingin berobat ke Malaysia saat COVID-19  Anda dapat menghubungi LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 sekarang. Anda juga bisa melakukan Konsultasi Dokter online melalui Aplikasi Dokter Online LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Kenapa Orang Indonesia Senang Berobat ke Malaysia?

Berikut ini beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih berobat ke Malaysia dibanding negara Baca Selengkapnya...

7 RS Malaysia yang Sering Dikunjungi Orang Indonesia

Berikut tujuh daftar Rumah Sakit Malaysia Terbaik berskala internasional untuk referensi.

Rekomendasi Rumah Sakit Jantung Terbaik di Penang

Berikut ini rekomendasi Rumah Sakit Jantung terbaik di Penang yang menjadi favorit pasien Indonesia.

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.

5 Alasan untuk Berobat ke Malaysia

Bagaimana cara berobat ke Malaysia selama pandemi COVID-19? Simak informasi selengkapnya di bawah Baca Selengkapnya...