Ingin Berobat ke Malaysia saat COVID-19? Berikut Aturannya

Kamis, 17 Maret 2022

Ingin Berobat ke Malaysia saat COVID-19? Berikut Aturannya

LinkSehat - Berobat ke Malaysia jadi pilihan banyak pasien dari Indonesia. Alasannya beragam mulai dari biaya yang relatif terjangkau, perawatan one-day-care, teknologi medis mutakhir, dan mudah berkomunikasi dengan dokter. Setelah sempat dibatasi, pemerintah mulai mengizinkan pasien dari Indonesia untuk kembali berobat ke Malaysia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mulai 1 Mei 2022, Malaysia membebaskan persyaratan karantina untuk Anda yang sudah vaksinasi COVID-19 lengkap (dua dosis). Aturan ini juga berlaku untuk Anda yang ingin berobat dan mendapatkan perawatan kesehatan di Island Hospital Penang. Pasien yang sudah vaksinasi lengkap tidak wajib tes antigen/RT-PCR dan asuransi COVID-19 tidak lagi menjadi syarat masuk ke Malaysia.

Meski aturan karantina sudah tidak diberlakukan, untuk Anda yang ingin berobat ke Malaysia perlu menginstal aplikasi MySejahtera dan melengkapi profil sebelum keberangkatan.

Cara dan Syarat Berobat ke Malaysia Saat Ini

1. Pilih Rumah Sakit

Langkah pertama untuk berobat ke Malaysia adalah memilih rumah sakit terbaik. Saat ini kami sudah bermitra dengan enam rumah sakit terbaik di Malaysia yang bisa menjadi referensi tempat berobat Anda dan keluarga, yaitu:

  • Penang Adventist Hospital
  • Sunway Medical Centre
  • Beacon Hospital
  • Mount Miriam Cancer Hospital
  • Genesis IVF & Women’s Specialist Centre
  • TMC Fertility & Woman Specialist Centre

Setelah menentukan rumah sakit yang ingin dituju, pihak rumah sakit akan meminta resume medis Anda untuk ditinjau oleh dokter yang akan menangani Anda. Jika disetujui, dokter akan mengeluarkan surat penerimaan berobat yang bisa digunakan untuk mengurus proses selanjutnya termasuk menentukan tanggal berobat.

2. Surat izin masuk dan persetujuan berobat

Proses selanjutnya adalah pihak rumah sakit akan menghubungi Malaysia Healthcare Council (MHTC) dan imigrasi untuk memperoleh approval letter, yaitu surat izin masuk Malaysia untuk perawatan medis (butuh waktu sekitar 7 hari kerja). 

Jika disetujui, maka approval letter akan dikirimkan kepada Anda secara langsung atau melalui LinkSehat yang akan diteruskan kepada Anda. Izin masuk berlaku selama 30 hari sejak diterbitkan. Anda juga akan mendapatkan Letter of Acceptance dari dokter RS yang akan menangani pengobatan Anda.

Mohon untuk mengajukan visa untuk Anda dan pendamping. Pasien dewasa hanya boleh datang bersama 1 orang pendamping. Sedangkan pasien anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh datang maksimal bersama 2 orang pendamping.

3. Booking akomodasi dan transportasi

Setelah mendapatkan surat persetujuan, Anda bisa mulai memesan tiket pesawat dan akomodasi termasuk booking karantina. Saat berobat Anda dapat ditemani oleh maksimal satu pendamping yang memiliki hubungan keluarga. Tiket pesawat hanya setelah mendapatkan persetujuan dari Malaysia Healthcare Council (MHTC).

Baca Juga:

Rekomendasi Rumah Sakit di Malaysia

  • Penang Adventist Hospital. Rumah sakit yang berlokasi di Penang ini unggul dalam perawatan jantung, kanker, saraf, ortopedi, lutut, dan pencernaan.
  • Beacon Hospital terletak di Kuala Lumpur dengan pusat keunggulan kanker, saraf, ortopedi, urologi, dan kandungan.
  • Sunway Medical Centre. Rumah sakit ini berada di Kuala Lumpur dan memiliki pusat keunggulan di bidang perawatan jantung, saraf, ortopedi, kanker, THT, urologi, dan anak.
  • Mount Miriam Cancer Hospital unggul dalam perawatan kanker. Lokasinya berada di Penang dan banyak menjadi pilihan pasien Indonesia untuk operasi kanker.
  • Genesis IVF Penang Rumah sakit ini bisa menjadi pilihan untuk Anda dan pasangan yang ingin melakukan program bayi tabung di Malaysia.
  • TMC Fertility & Woman Specialist Centre juga bisa menjadi referensi Anda dan pasangan untuk menjalani program bayi tabung di Malaysia. Cabang rumah sakit berada di Penang, Selangor, Kepong, Puchong, dan Johor Baru.

Perkiraan Biaya Berobat ke Malaysia

Ada perbedaan biaya saat sebelum dan selama COVID-19. Hal ini dikarenakan selama pandemi, Anda hanya bisa menggunakan transportasi yang tersedia dan harus menjalani karantina dengan biaya di luar pengobatan. Jika Anda berencana untuk berobat di Malaysia saat pandemi, Anda bisa menghubungi Medical Assistance LinkSehat pada nomor 0857 8000 8707 untuk mencari tahu estimasi biaya karantina dan berobat di Malaysia.

Berobat ke Malaysia dengan LinkSehat

Ingin berobat ke Malaysia? Sekarang Anda bisa lebih mudah berobat ke Malaysia dengan bantuan LinkSehat. Kami siap membantu Anda berobat dengan layanan terbaiknya sebagai berikut:

  • Bebas biaya konsultasi untuk mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit
  • Gratis hitung estimasi biaya berobat
  • Buat janji konsultasi online atau tatap muka dengan dokter
  • Booking transportasi dan akomodasi selama berobat
  • Daftar medical check up atau program bayi tabung

Dapatkan informasi dan bantuan berobat ke Penang saat pandemi dari LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Kenapa Orang Indonesia Senang Berobat ke Malaysia?

Berikut ini beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih berobat ke Malaysia dibanding negara Baca Selengkapnya...

7 RS Malaysia yang Sering Dikunjungi Orang Indonesia

Berikut tujuh daftar Rumah Sakit Malaysia Terbaik berskala internasional untuk referensi.

Rekomendasi Rumah Sakit Jantung Terbaik di Penang

Berikut ini rekomendasi Rumah Sakit Jantung terbaik di Penang yang menjadi favorit pasien Indonesia.

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.

5 Alasan untuk Berobat ke Malaysia

Bagaimana cara berobat ke Malaysia selama pandemi COVID-19? Simak informasi selengkapnya di bawah Baca Selengkapnya...