Kenapa Orang Indonesia Senang Berobat ke Malaysia?

Rabu, 11 Maret 2020

Kenapa Orang Indonesia Senang Berobat ke Malaysia?

LinkSehat - Malaysia adalah salah satu destinasi favorit bagi orang Indonesia yang ingin melakukanmedical check upatau tindakan medis tertentu. Dilansir melalui situs IMoney tahun 2018, diketahui bahwa dari 900 ribu pasien yang berobat ke Malaysia dari seluruh dunia, 600 ribu diantaranya merupakan WNI dan menghabiskan sekitar USD 150 juta untuk biaya pengobatan.

Kenapa orang Indonesia senang berobat ke Malaysia?

Banyaknya orang yang senang berobat ke Malaysia(khususnya Penang, Melaka) tentu bukan tanpa alasan. Berikut ini beberapa alasan banyak orang berobat ke Malaysia dibanding negara lain:

1. Biaya relatif terjangkau

Biaya berobat di Malaysia dianggap lebih terjangkau dibandingkan negara lain. Hal ini dikarenakan adanya regulasi pemerintah mengenai penyamarataan biaya pengobatan, baik dari pasien asal Malaysia atau negara lain.

Sistem perawatan kesehatan Malaysia diatur secara ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui sistemPrivate Healthcare and Facilities Services Act (1998).

2. One-day care

Di Malaysia, hampir semua perawatan kesehatan selesai dalam satu hari (dikenal dengan ‘one-day care’), sehingga pasien dari Indonesia tidak perlu repot bolak-balik untuk menyelesaikan pengobatan yang sedang dijalani (lebih irit waktu dan biaya).Medical check-upbahkan bisa dilakukan di pagi hari dan hasilnya langsung keluar pada sore hari.

Setiap dokter juga hanya praktik di satu rumah sakit sehingga bisa selalustandbydi rumah sakit saat jam kerja.

3. Teknologi canggih

Beberapa rumah sakit di Malaysia memiliki teknologi canggih yang tidak dimiliki oleh negara lain. Teknologi tersebut membuat pengobatan menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya di Sunway Medical Center, memiliki alat Gamma Knife terbaru untuk mengobati kanker otak. Pasien dengan kanker berukuran tidak lebih dari 5 cm bisa melakukan perawatan dengan alat tersebut dan tidak perlu menjalani operasi bedah manual.

4. Tersedia layanan pemulihan

Bagi pasien yang telah pulih pasca operasi, beberapa rumah sakit di Malaysia menawarkan fasilitas dan layanan pemulihan. Pasien bisa bersantai di kamar rumah sakit sambil terus dipantau perkembangan kesehatannya oleh dokter dan para tenaga medis.

5. Kemudahan komunikasi dokter dan pasien

Banyaknya kesamaan antara bahasa Melayu dan Indonesia memudahkan WNI yang berobat ke sana. Bahkan pasien negara lain juga tidak perlu khawatir karena sejumlah rumah sakit di Malaysia memiliki penerjemah bahasa. Mulai dari bahasa Inggris, Belanda, Norwegia, Swedia, Rusia dan lainnya.

6. Akses mudah dijangkau

Salah satu faktor yang membuat banyak pasien Indonesia datang berobat ke Malaysia, terutama yang berasal dari wilayah perbatasan, seperti Medan. Harga tiket pesawat ke Malaysia tak jarang lebih murah dibandingkan harus ke Jakarta. Setibanya di Malaysia, Anda juga tidak perlu khawatir karena tersedia berbagai moda transportasi umum/pribadi yang siap mengantarkan Anda ke mana saja.

Pemerintah Malaysia juga menawarkan bebas visa tiga bulan untuk memudahkan pasien dari Indonesia atau negara lain yang ingin berobat di Malaysia.

7. Objek wisata menarik

Malaysia menawarkan objek wisata menarik bagi wisatawan (khususnya di wilayah Penang), baik yang datang untuk berobat atau sekadar jalan-jalan. Jadi saat Anda atau keluarga tercinta sedang melakukan perawatan medis, bisa meluangkan waktu untuk menjelajahi berbagai objek wisata yang tersedia.

Bagi Anda yang baru pertama kali berobat ke Malaysia, mengurus pendaftaran berobat bukan hal mudah. Apalagi jika Anda belum tahu proses administrasi rumah sakit serta dokter/rumah sakit yang sesuai kebutuhan dan kondisi medis.

Berikut ini Rumah Sakit Malaysia terbaikyang sering dikunjungi orang Indonesia:

  • Island Hospital Penang
  • Genesis IVF & Women’s Specialist Centre Penang
  • Gleneagles Hospital Kota Kinabalu
  • Gleneagles Hospital Medini Johor
  • Gleneagles Hospital Penang
  • Gleneagles Hospital Kuala Lumpur
  • Mount Miriam Cancer Hospital Penang
  • Pantai Hospital Ayer Keroh
  • Pantai Hospital Kuala Lumpur
  • Pantai Hospital Penang
  • Regency Specialist Hospital Johor
  • Sunway Medical Centre Penang

Jika Anda atau keluarga tercinta sedang mengalami masalah kesehatan dan sedang mencari pengobatan di Malaysia, hubungi Medical Consultant kami di siniuntuk:

  • Mendapatkan rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Cek jadwal dokter/spesialis dan booking konsultasi
  • Cari paket pemeriksaan dan booking medical check up
  • Hitung estimasi perkiraan biaya perawatan

UPDATE:

Saat ini Anda belum bisa berobat ke Malaysia, tetapi Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0857 8000 8707 untuk bertanya perihal berobat ke Malaysia saat pandemi. Kami akan memberitahu dan membantu Anda berobat ke Penangatau Malaysia, Singapura, India, dan Korea Selatan setelah dibuka kembali sesuai kondisi medis dan kebutuhan Anda.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

IMoney. (2017). Singapore vs Malaysia: Who Reigns Supreme in Medical Tourism.


Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

7 RS Malaysia yang Sering Dikunjungi Orang Indonesia

Berikut tujuh daftar Rumah Sakit Malaysia Terbaik berskala internasional untuk referensi.

Mengapa Banyak Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri?

Bukan rahasia lagi jika sebagian orang Indonesia lebih memilih untuk berobat ke luar negeri Baca Selengkapnya...