Kenali Gangguan Kesehatan lewat Kondisi Rambut

Selasa, 16 Maret 2021

Kenali Gangguan Kesehatan lewat Kondisi Rambut

Rambut rusak bisa disebabkan oleh masalah kesehatan, genetika, stres, atau kekurangan nutrisi. Jarang keramas, penggunaan alat catok, dan cat rambut juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut.

Jangan biarkan rambut Anda rontok, rapuh, dan berketombe dalam waktu yang lama. Selain menurunkan rasa percaya diri, kondisi rambut rusak mungkin menjadi salah satu tanda masalah kesehatan.

Stres dan gen dapat menyebabkan ubanan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa stres kronis dapat berkontribusi pada rambut beruban dengan menyebabkan kerusakan DNA dan mengurangi pasokan sel penghasil pigmen di folikel rambut. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Nature mengungkapkan bagaimana kerusakan DNA dapat terakumulasi sebagai respons terhadap stres kronis. Stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. 

Stres oksidatif mungkin juga menyebabkan rambut beruban. Paradi Mirmirani, MD, dokter kulit di The Permanente Medical Group di Vallejo, mengatakan bahwa stres oksidatif dapat memengaruhi sel penghasil pigmen. 

Stres oksidatif adalah kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara produksi dan akumulasi oxygen reactive species (ROS) dalam sel dan jaringan serta kemampuan sistem biologis untuk mendetoksifikasi bahan reaktif tersebut. Dengan kata lain, stres oksidatif disebabkan oleh penumpukan radikal bebas dalam tubuh.

Beruban sebenarnya bagian alami dari penuaan, karena folikel rambut menghasilkan lebih sedikit warna seiring bertambahnya usia. Gen juga berperan ketika rambut Anda beruban. 

Rambut rapuh bisa menandakan Sindrom Cushing

Rambut rapuh adalah salah satu gejala Sindrom Cushing, yang merupakan kondisi langka akibat terlalu banyak hormon kortisol, yakni hormon stres utama tubuh. Sindrom Cushing terkadang disebut hiperkortisolisme.

Masih banyak gejala Sindrom Cushing lainnya, seperti punuk lemak di antara bahu, wajah bulat, dan stretch mark merah muda atau keunguan di kulit. Sindrom Cushing juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, pengeroposan tulang, dan terkadang diabetes tipe 2.

Perawatan Sindrom Cushing mungkin termasuk mengubah dosis obat yang dapat menyebabkan kondisi tersebut, seperti glukokortikoid, yaitu steroid yang digunakan untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh berbagai penyakit. 

Orang lain mungkin memerlukan pembedahan, kemoterapi, atau terapi radiasi untuk mengatur produksi kortisol yang berlebihan di kelenjar adrenal.

Penipisan rambut bisa menjadi tanda penyakit tiroid

Orang yang mengidap hipotiroidisme, yaitu ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi cukup hormon tiroid, mungkin mengalami peningkatan kerontokan rambut dan perubahan penampilan rambut.

Penyakit tiroid dapat menyebabkan rambut menipis dan gejala lainnya, seperti kelelahan, tidak tahan dingin, nyeri sendi, nyeri otot, wajah sembab, dan penambahan berat badan. 

Tes thyroid-stimulating hormone (TSH) akan mendiagnosis kondisi tersebut, dan pengobatannya memerlukan pengobatan tiroid.

Selain penipisan rambut, penyakit tiroid tertentu membuat Anda berisiko mengalami alopecia areata. Jenis rambut rontok ini menyebabkan bercak bulat dari rambut rontok. Ini disebabkan oleh sistem kekebalan yang menyerang folikel rambut.

Rambut rontok bisa menjadi tanda anemia

Jika Anda melihat banyak rambut rontok di sisir atau di lantai, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda memiliki simpanan zat besi yang rendah atau anemia.

Dokter mungkin merekomendasikan tes darah jika Anda punya masalah rambut. Tes darah sangat mungkin dilakukan untuk vegetarian atau untuk wanita yang mengalami menstruasi cukup berat. Keduanya meningkatkan kemungkinan perubahan rambut karena rendahnya zat besi.

Belum diketahui sepenuhnya mengapa anemia dapat menyebabkan kerontokan rambut, tetapi zat besi berperan penting dalam reaksi biologis dan kimiawi, termasuk pertumbuhan rambut, kata Rebecca Baxt, MD, seorang dokter kulit di Paramus, New Jersey. 

Jika dokter mendiagnosis Anda kekurangan zat besi, mengonsumsi banyak makanan yang tinggi zat besi atau mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. 

Kerontokan rambut juga dapat terjadi sementara dengan perubahan tingkat estrogen secara mendadak dan sering terlihat setelah kehamilan atau saat menghentikan penggunaan pil KB.

Kekurangan protein bisa menyebabkan rambut rontok

Protein sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut, karena kekurangan protein berpengaruh pada penipisan dan kerontokan rambut. 

Umumnya orang dewasa membutuhkan 0,8 gram protein per kg berat badan. Greek yoghurt tanpa lemak, kacang arab, buncis, dan dada ayam dapat menjadi pilihan  sumber protein yang baik.

Orang yang mengalami gangguan pencernaan atau yang baru saja menjalani operasi bypass lambung mungkin memiliki masalah dalam mencerna protein. Kondisi ini harus dikelola dengan bantuan dokter. Tetapi kebanyakan rambut yang menipis kemungkinan besar disebabkan oleh faktor genetik.

Rambut berketombe

Serpihan kuning atau putih di rambut, di bahu, dan mungkin di alis Anda adalah tanda-tanda ketombe, yaitu kondisi kulit kepala kronis. Ketombe biasanya tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius dan biasanya dapat diobati dengan sampo khusus rambut yang dijual bebas atau sampo yang diresepkan dokter. 

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit yang umumnya memengaruhi kulit kepala. Kondisi ini menyebabkan bercak bersisik, kulit merah, dan ketombe membandel. Ini merupakan salah satu penyebab rambut berketombe.

Dermatitis seboroik bisa hilang tanpa pengobatan atau Anda mungkin memerlukan banyak perawatan berulang sebelum gejalanya hilang. 

Jamur mirip ragi yang disebut malassezia juga dapat mengiritasi kulit kepala. Jarang keramas, sensitif terhadap produk perawatan rambut, dan kulit kering juga bisa menyebabkan ketombe. 

Rambut rusak karena catokan dan cat rambut

Gangguan kesehatan dapat dilihat dari kondisi rambut. Orang yang mengalami rambut rusak bisa juga disebabkan oleh pewarnaan dan perawatan panas pada rambut. Terlalu banyak terpapar panas dari penggunaan catokan setiap hari tentu dapat merusak rambut, membuatnya kering, rapuh, dan sulit dirawat, kata Tania Moran, penata rambut berlisensi di Swank Hair Salon di New York City. 

Moran merekomendasikan untuk tidak menggunakan lebih dari satu alat panas per hari. Setiap kali Anda memberikan panas ke rambut, selalu gunakan produk dengan bahan pelindung. Serum dan shine drop dapat menjaga rambut saat menggunakan panas baik secara langsung maupun tidak langsung.

Rambut yang diwarnai oleh profesional tidak akan menyebabkan banyak kerusakan, tetapi bleaching rambut menggunakan pewarna rambut kemasan di rumah dapat menyebabkan efek buruk. 

Itu dia beberapa gangguan kesehatan yang dilihat dari kondisi rambut. Cegah kerusakan rambut Anda dengan menggunakan produk yang tepat. Hubungi dokter spesialis kulit melalui aplikasi LinkSehat jika Anda memiliki masalah rambut. 

Aplikasi LinkSehat memungkinkan Anda melakukan konsultasi online (telekonsultasi) dengan dokter kapan pun Anda membutuhkannya. Download sekarang

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Laser Hair Removal untuk Hilangkan Rambut

Laser hair removal dilakukan untuk mengurangi rambut pada lokasi tubuh yang tidak diinginkan. Baca Selengkapnya...

Transplantasi rambut

Transplantasi rambut adalah prosedur yang dilakukan untuk memindahkan rambut dari satu bagian tubuh Baca Selengkapnya...