Low Back Pain Surgery

Rabu, 23 Desember 2020

Low Back Pain Surgery

Link Sehat - Low back pain surgery atau operasi untuk nyeri punggung bawah adalah operasi yang dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung bawah serta mengurangi rasa kesemutan atau baal pada satu atau kedua kaki ketika pengobatan konservatif (obat-obatan, terapi fisik dan panas) dirasa tidak efektif.

Siapa yang perlu menjalani low back pain surgery?

Orang dengan penyakit nyeri punggung bawah yang tidak membaik dengan terapi konservatif, maka dokter dapat menyarankan tindakan operasi. Nyeri punggung bawah dapat disebabkan karena:

  • Cedera pada jaringan lunak seperti sobek atau tertariknya otot/ligamen pada tulang punggung akibat mengangkat benda yang terlalu berat, olahraga berat, posisi tubuh yang tidak baik dalam jangka waktu yang lama
  • Kerusakan pada struktur tulang belakang karena usia (penyakit osteoarthritis, herniasi pada bantalan tulang punggung)
  • Kompresi/terjepitnya serabut saraf
  • Gerakan yang tidak seharusnya pada sendi-sendi tulang belakang
  • Infeksi atau tumor pada tulang belakang.

Operasi ini dapat disarankan pada orang dengan nyeri punggung bawah yang tidak membaik setelah 6-12 minggu menjalani terapi non-bedah.

Bagaimana cara kerja low back pain surgery?

Tidak ada jaminan bahwa operasi akan menghilangkan nyeri punggung bawah secara langsung dan permanen. Beberapa pilihan operasi nyeri punggung bawah, antara lain:

  • Operasi dekompresi. Dekompresi merupakan operasi paling umum yang dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung bawah akibat saraf yang terjepit. Operasi dekompresi dilakukan dengan teknik yang membutuhkan sayatan kecil sehingga rasa tidak nyaman menjadi minimal dan proses pemulihan yang cenderung cepat. Operasi ini hanya membutuhkan perawatan selama 1 hari disebut juga one day care surgery.
  • Operasi fusion. Operasi ini melepaskan jaringan lunak di antara dua atau lebih tulang belakang dan menggantinya dengan tulang atau logam khusus. Prosedur ini membantu tulang untuk tumbuh kembali selama 6-12 bulan dan menyatu menjadi 1 tulang panjang yang dapat menstabilisasi gerakan pada segmen-segmen tulang belakang. Indikasi untuk operasi fusion ini adalah nyeri punggung bawah akibat retak tulang, penyakit degeneratif (akibat penuaan), atau kelainan pada sendi-sendi tulang belakang.
  • Operasi penggantian diskus. Diskus atau bantalan yang menghubungkan antar tulang belakang dapat menipis seiring berjalannya waktu. Penipisan ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada punggung bawah. Operasi penggantian diskus adalah operasi mengganti bantalan dengan bantalan artificial khusus.

Adakah efek samping low back pain surgery?

Risiko pada operasi nyeri punggung bawah, diantaranya:

  • Reaksi terhadap obat bius
  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Kerusakan saraf, dapat menyebabkan lumpuh kedua kaki, nyeri yang tidak dapat reda, gangguan seksual, atau kehilangan kemampuan untuk berkemih (tidak dapat menahan berkemih).

Berkonsultasilah mengenai risiko ini dengan dokter Anda sebelum menjalani operasi.

Bagaimana proses pemulihan pasca low back pain surgery?

Pemulihan pasca operasi bergantung kepada beberapa faktor, yaitu kondisi pasien sebelum operasi, prosedur operasi, dan keterampilan dokter bedah selama melakukan tindakan operasi.

Namun setelah menjalani low back pain surgery, seseorang harus menjalani terapi fisik atau rehabilitasi. Tujuan dari terapi ini adalah untuk membangun kembali kekuatan otot-otot, gerakan dan mempercepat pemulihan. Dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk mengurangi nyeri dan relaksasi otot. Sebagian pasien akan diberikan bantal khusus atau korset untuk membantu pemulihan.

Selama menjalani proses pemulihan, pasien disarankan untuk mengistirahatkan kerja tulang punggung dan jaringan sekitarnya selama beberapa minggu sampai beberapa bulan.

Di mana saya bisa mendapatkan perawatan low back pain surgery?

Low back pain surgery dilakukan di rumah sakit yang memiliki kamar operasi, dokter bedah dan dokter anestesi untuk melakukan operasi. Jika Anda membutuhkan rekomendasi dokter/rumah sakit yang telah berpengalaman dalam menjalani perawatan low back pain surgery, hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

  • Spine-health. (2017). Low back pain surgery.
  • WebMD. (2018). Back surgery: pros and cons.
  • Mayo Clinic. (2019). Back surgery: when is it a good idea?.


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Frozen Shoulder, Kondisi Nyeri dan Kaku Bahu

Frozen shoulder tidak boleh dianggap sepele karena bisa mengganggu aktivitas Anda, termasuk saat Baca Selengkapnya...

Medication Overuse Headache, Sakit Kepala Akibat Minum Obat Nyeri Berlebihan

Penggunaan obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, disebut Baca Selengkapnya...

Flat Feet, Telapak Kaki Rata yang Bikin Nyeri

Flat feet adalah keadaan dimana lengkung pada telapak kaki tidak ada atau telapak kaki datar.