Makanan untuk menaikkan trombosit darah - sayur dan buah-buahan

Rabu, 17 Juni 2020

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

Link Sehat - Infeksi demam berdarah menyebabkan kadar trombosit dalam darah menurun. Itu sebabnya, salah satu cara mengatasi gejala DBD sekaligus mencegah risiko komplikasi adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan kadar trombosit.

Selain DBD, kadar trombosit rendah juga bisa disebabkan karena penyakit lain, seperti sindrom uremik hemolitik, pembesaran limpa, sepsis, maupun penyakit kanker darah (leukemia).

Makanan untuk meningkatkan trombosit saat DBD

Nilai trombosit normal berkisar antara 150.000-400.000 trombosit per mikroliter. Apabila jumlahnya lebih rendah, Anda disarankan mengonsumsi beberapa makanan untuk menaikkan kadar trombosit.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan trombosit saat mengalami demam berdarah:

1. Makanan sumber asam lemak omega 3

Misalnya, kacang kenari, bayam, ikan laut, minyak ikan, dan telur. Asam lemak omega 3 dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga merangsang produksi trombosit dalam darah.

2. Makanan sumber zat besi

Sama seperti asam folat, zat besi dapat mendukung fungsi tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah merah baru. Makanan sumber zat besi, antara lain: kacang-kacangan, daging sapi, telur, kacang hitam, sayur berdaun hijau gelap.

3. Makanan sumber asam folat

Misalnya, kacang-kacangan, jeruk, hati sapi, asparagus, buncis, dan sayuran berdaun gelap. Asam folat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah normal dan mencegah terjadinya anemia.

4. Makanan kaya vitamin

Beberapa vitamin dapat merangsang produksi trombosit dalam darah, antara lain:

  • Vitamin B12,dapat ditemukan pada hati sapi, daging sapi, telur, ikan, kerang, susu almond, susu kedelai. Jika Anda vegetarian, vitamin B12 dapat diperoleh dengan mengonsumsi sereal gandum, susu almond, susu kedelai, suplemen.
  • Vitamin C, banyak ditemukan pada buah dan sayuran.
  • Vitamin D,dapat diperoleh dengan mengonsumsi kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, susu, yogurt.
  • Vitamin K yang berasal dari labu, kedelai, sayuran hijau.

Buah untuk meningkatkan trombosit saat DBD

Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan trombosit saat Anda mengalami demam berdarah, antara lain:

  • Jambu biji. Selain buahnya, daun jambu biji juga bisa meningkatkan kadar trombosit. Anda perlu merebusnya terlebih dahulu agar mendapatkan ekstrak daun jambu biji, lalu meminumnya. Minum jus jambu atau air rebusan daun jambu biji dapat mencegah perdarahan pada penyakit DBD.
  • Mangga. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi, serta meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.
  • Jeruk.Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga kaya akan folat, yaitu zat yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah, termasuk trombosit.
  • Delima.Sama halnya dengan buah jeruk, delima mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat merangsang produksi trombosit dalam darah.

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan trombosit darah saat DBD. Segera hubungi dokter jika gejala DBD yang Anda alami semakin memburuk.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Healthline. Health. How to naturally increase your platelet count.
Medical News Today. (2018). How can I increase my platelet count naturally.


Author Novi Sulistia Wati, S.KM Novi Sulistia Wati, S.KM
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Demam Berdarah

Perlukah khawatir saat memiliki gejala DBD? Adakah vaksin dengue? Kapan penderita demam berdarah Baca Selengkapnya...

Demam Berdarah pada Anak

Demam berdarah pada anak tidak boleh dianggap sepele, karena bisa mengancam nyawanya. Perlukah Si Baca Selengkapnya...

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

Salah satu cara mengatasi gejala DBD adalah dengan mengonsumsi makanan untuk menaikkan kadar Baca Selengkapnya...