Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

Rabu, 17 Juni 2020

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

LinkSehat - Jumlah trombosit yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, gusi berdarah, mudah memar, dan sebagainya. Kondisi ini dikenal sebagai trombositopenia. 

Makanan untuk Menaikkan Trombosit Darah

Jenis makanan tertentu, seperti sayur dan buah-buahan, telah terbukti efektif membantu meningkatkan trombosit. Berikut ini sembilan jenis makanan untuk menaikkan trombosit darah dalam tubuh. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis makanan yang perlu ditambahkan ke dalam menu makanan harian Anda.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan sawi mengandung vitamin K. Ini tidak langsung meningkatkan kadar trombosit, tetapi dapat membantu pembekuan darah yang lebih baik. 

Vitamin K berperan penting dalam membantu tubuh menghasilkan protein untuk proses pembekuan. Pembekuan darah adalah fungsi kompleks yang tidak hanya melibatkan trombosit, tetapi juga jalur biologis lainnya. Mengonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin K dapat menjaga fungsi tubuh dalam menghentikan pendarahan.

2. Makanan Kaya Vitamin

Beberapa vitamin dapat merangsang produksi trombosit dalam darah, antara lain:

  • Vitamin A. Ini penting untuk produksi trombosit yang sehat dan pembentukan protein dalam tubuh. Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan yang idealnya ditambahkan ke dalam diet harian Anda yaitu wortel, labu, ubi jalar, dan sayur kangkung. 
  • Vitamin C. Nutrisi ini bertanggung jawab untuk membantu trombosit berfungsi dengan baik. Vitamin ini juga membantu tubuh menyerap zat besi yang berdampak pada peningkatan trombosit darah. Masukkan mangga, nanas, tomat, paprika, kembang kol, dan sebagainya ke dalam menu makanan harian. 
  • Vitamin K. Salah satu makanan untuk menaikkan trombosit darah yaitu makanan yang kaya vitamin K. Nutrisi ini berguna untuk memastikan pertumbuhan sel sehat pada tingkat optimal dalam tubuh. Tambah trombosit dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kangkung, telur, hati, daging, kubis, peterseli, dan sebagainya. 
  • Vitamin B12. Ini dapat membantu menjaga sel darah tetap sehat. Kekurangan vitamin B12 kerap dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah. Makanan yang mengandung vitamin B12 di antaranya telur, susu, dan keju.
  • Vitamin D. Vitamin D berkontribusi pada fungsi tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Menurut Platelet Disorder Support Association (PDSA), vitamin D juga berperan penting dalam fungsi sel sumsum tulang yang memproduksi trombosit dan sel darah lainnya. Makanan yang mengandung vitamin D meliputi kuning telur, ikan berlemak (salmon, tuna, dan mackerel), susu dan yoghurt yang difortifikasi, dan minyak hati ikan. 

3. Makanan Sumber Asam Folat

Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan jumlah trombosit darah. Tambahkan lebih banyak vitamin B9 atau makanan kaya folat, karena penting untuk pembelahan sel sehat dalam tubuh yang membantu meningkatkan jumlah trombosit darah. 

Folat banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau tua, buncis, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya. Buah yang kaya folat antara lain jeruk, lemon, pisang, melon, dan stroberi. Oleh sebab itu, tambahkan lebih banyak jus jeruk, bayam, asparagus, dan sayuran hijau ke dalam menu makanan harian Anda.

Mendapat asupan folat dari makanan akan lebih baik daripada suplemen, kecuali untuk wanita hamil. Ini karena suplemen folat memberikan asam folat dosis tinggi yang berisiko mengganggu kemampuan B12 untuk menjalankan fungsinya dengan benar di dalam tubuh. 

4. Makanan Sumber Zat Besi

Zat besi dikenal akan fungsinya untuk meningkatkan produksi sel-sel sehat dalam tubuh. Ini dibutuhkan oleh penderita anemia. Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah rendah. Sertakan biji labu, delima, lentil, dan sayuran hijau ke dalam makanan Anda untuk menambah asupan zat besi. 

Hindari penggunaan suplemen zat besi yang dapat menyebabkan sembelit. Sebaiknya pilih hati sapi, tahu, kacang merah, atau tiram. Zat besi memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah, termasuk trombosit. Meningkatkan asupan zat besi dapat membantu meningkatkan kadar trombosit secara alami.

Baca Juga: Bagaimana Gejala dan Cara Mengobati DBD?

5. Buah-buahan untuk Meningkatkan Trombosit

Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan trombosit, antara lain:

  • Jambu biji. Selain buahnya, daun jambu biji juga diketahui ampuh untuk meningkatkan kadar trombosit. Anda perlu merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan ekstrak daun jambu biji, lalu meminumnya. Minum jus jambu atau air rebusan daun jambu biji dapat mencegah perdarahan pada penyakit DBD.
  • Mangga. Buah mangga mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi, serta meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.
  • Jeruk. Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga kaya akan folat, yaitu zat yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah, termasuk trombosit.
  • Delima. Sama halnya dengan buah jeruk, delima mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat merangsang produksi trombosit dalam darah.

6. Perbanyak Konsumsi Ikan Berlemak

Makanan untuk menaikkan trombosit darah yaitu ikan berlemak atau fatty fish. Ini karena ikan berlemak kaya akan vitamin B12 yang memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar trombosit darah yang rendah mungkin berkaitan dengan defisiensi B12. 

Sebaiknya tambahkan lebih banyak salmon, trout, dan tuna ke dalam makanan Anda, karena mengandung banyak vitamin B12 yang membantu meningkatkan jumlah trombosit darah. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen B12 sebagai gantinya. Namun, mendapat asupan vitamin B12 dari makanan dapat membantu tubuh memanfaatkan vitamin secara lebih efektif. 

7. Konsumsi Suplemen Klorofil

Suplemen klorofil termasuk jenis suplemen yang dapat menaikkan trombosit darah. Sebuah survei menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis suplemen chlorella (ganggang air tawar) dapat meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang didiagnosis memiliki kelainan trombosit. 

Mengonsumsi suplemen yang mengandung spirulina atau peterseli juga dapat membantu kadar trombosit dalam tubuh. Anda juga dapat meningkatkan asupan klorofil dengan makan lebih banyak sayuran berdaun hijau dan rumput gandum.

8. Konsumsi Suplemen Melatonin

Tubuh Anda secara alami menghasilkan melatonin, tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam bentuk cair, tablet, atau losion di pasaran. 

Melatonin sering digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, melatonin juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami pengaruh melatonin terhadap jumlah trombosit. 

Melatonin yang digunakan sebagai obat biasanya dibuat secara sintetis di laboratorium. Umumnya tersedia dalam bentuk pil, tetapi melatonin juga tersedia dalam bentuk yang bisa diletakkan di pipi atau di bawah lidah, sehingga memungkinkan melatonin diserap langsung ke dalam tubuh.

9. Hindari Minuman Beralkohol

Bir, anggur, atau minuman beralkohol lainnya dapat mengganggu produksi sel darah merah di sumsum tulang. Kerusakan sumsum tulang dapat menurunkan produksi semua jenis sel darah merah, termasuk trombosit. 

Jumlah konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan kerusakan sumsum tulang tidak diketahui. Sebaiknya hindari minuman beralkohol sepenuhnya jika Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah. Menghindari minuman beralkohol dapat membantu sumsum tulang berfungsi lebih baik dan meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. 

Dapatkan nasihat dokter terkait makanan untuk menaikkan trombosit darah sesuai kondisi tubuh Anda. Hubungi dokter spesialis hematologi di dalam dan luar negeri melalui aplikasi LinkSehat. 

Kadar trombosit yang terlalu rendah perlu ditangani secara medis. Konsultasi Online di Aplikasi Dokter Online LinkSehat untuk mendapat penjelasan dan saran medis yang akurat terkait masalah kesehatan dan keluhan penyakit Anda. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Healthline. Health. How to naturally increase your platelet count.
Medical News Today. (2018). How can I increase my platelet count naturally.


Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Demam Berdarah

Perlukah khawatir saat memiliki gejala DBD? Adakah vaksin dengue? Kapan penderita demam berdarah Baca Selengkapnya...

Demam Berdarah pada Anak

Demam berdarah pada anak tidak boleh dianggap sepele, karena bisa mengancam nyawanya. Perlukah Si Baca Selengkapnya...

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

Salah satu cara mengatasi gejala DBD adalah dengan mengonsumsi makanan untuk menaikkan kadar Baca Selengkapnya...