Seorang dokter memegang ponsel karena sedang melakukan konsultasi online dengan pasien

Rabu, 29 April 2020

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Link Sehat - Konsultasi online menjadi solusi terbaik untuk berobat aman sema pandemi. Terlebih saat ini beberapa daerah telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menganjurkan masyarakat agar menggunakan layanan konsultasi online untuk memantau kondisi sekaligus mengurangi risiko penyebaran virus SARS-CoV-2 yang rentan terjadi saat perjalanan ke RS. Pemerintah Indonesia juga menyadari manfaat konsultasi online selama pandemi ini sehingga telah bekerjasama dengan banyak platform kesehatan digital, salah satunya LinkSehat.

Konsultasi online saat mengalami gejala sakit 

Ketika mengalami gejala sakit semasa pandemi Covid-19, gunakan layanan konsultasi online yang tersedia. Bicarakan pada dokter mengenai gejala sakit untuk mendapatkan saran pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah. Jika gejala menetap atau memburuk, hubungi dokter kembali untuk mendapatkan saran penanganan lanjutan. Bila diperlukan, dokter akan memberikan rujukan ke RS agar Anda bisa melakukan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosis pasti.

Jika setelah konsultasi online dokter menyarankan untuk berobat ke Rumah Sakit, lakukan ini agar aman ketika berobat semasa pandemi COVID-19:

1. Booking appointment

Sebaiknya buat janji temu dengan dokter di RS pilihan (booking appointment) terlebih dahulu sebelum datang ke RS. Hal ini dapat mengurangi waktu tunggu saat antre. Anda juga bisa langsung bertemu dokter sesuai jam kunjungan yang dipilih. Booking appointment kini bisa dilakukan via aplikasi LinkSehat.

2. Gunakan kendaraan pribadi, pakai masker

Jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi kemungkinan paparan virus SARS-CoV-2 selama perjalanan menuju RS. Jangan lupa menggunakan masker bedah serta bawa hand sanitizer.

3. Hindari menyentuh benda saat di rumah sakit

Sebisa mungkin hindari menyentuh benda-benda di RS, termasuk pintu dan kursi tunggu. Anda bisa menggunakan punggung tangan/siku untuk membuka pintu. Jika telanjur menyentuh benda, segera cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer yang tersedia.

4. Rajin cuci tangan, mandi setelah dari rumah sakit

Cuci tangan wajib dilakukan, terutama sebelum makan dan menyentuh area wajah. Apalagi setelah menyentuh benda tertentu saat berada di RS. Anda juga perlu segera mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir (terlebih jika saat di RS Anda hanya membersihkan tangan dengan hand sanitizer) setibanya di rumah. Jangan lupa untuk segera mandi serta berganti pakaian untuk memastikan Anda dalam keadaan bersih sebelum bertemu dengan anggota keluarga di rumah.

5. Patuhi anjuran dokter

Patuhi anjuran dokter setelah berobat ke rumah sakit. Misalnya, minum obat yang diresepkan secara teratur, melakukan isolasi mandiri, serta anjuran lain yang diberikan demi kesembuhan Anda. Setelah berobat, lakukan follow  up melalui konsultasi online dengan dokter di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

The Medical Futurist. 2020. How Digital Health Technology Can Help Manage The Coronavirus Outbreak.


Author Novi Sulistia Wati Novi Sulistia Wati
Reviewed by dr. Fiona Amelia, MPH dr. Fiona Amelia, MPH

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Sistem Imun

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir menjalaninya di Baca Selengkapnya...

Kapan Harus ke Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19?

Sebaiknya Anda menunda kunjungan ke rumah sakit, kecuali mengalami kondisi berikut: