Mengenal Telemedicine, Kelebihan dan Kekurangannya

Senin, 11 Oktober 2021

Mengenal Telemedicine, Kelebihan dan Kekurangannya

LinkSehat - Berkat perkembangan teknologi, sekarang pasien dan dokter dapat terhubung dengan mudah secara online menggunakan platform telemedicine. Ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan telemedicine untuk dijadikan sebagai pertimbangan sebelum berobat.

Apa itu telemedicine?

Telemedicine adalah penggunaan teknologi telekomunikasi agar pasien dapat mengakses layanan perawatan kesehatan sesuai yang mereka butuhkan tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Anda dapat berkomunikasi dengan dokter umum dan dokter spesialis secara virtual. Teknologi yang digunakan termasuk ponsel, komputer, telepon, video call, dan chat. Melalui fitur tersebut, dokter yang merupakan profesional medis akan mendiagnosis dan merawat pasien meskipun lokasinya jauh. 

Dengan telemedicine, Anda hanya membutuhkan ponsel atau gadget lain yang terhubung koneksi internet untuk mendapatkan perawatan medis. Pengobatan virtual sekaligus melindungi diri Anda, keluarga, dan penyedia layanan kesehatan dari risiko terpapar COVID-19. 

Bicarakan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah telemedicine cocok untuk memenuhi kebutuhan kondisi kesehatan Anda, karena tidak semua penyakit bisa ditangani lewat konsultasi dokter online. 

Bagaimana penggunaan telemedicine di Indonesia?

Saat ini tersedia teknologi telemedis terintegrasi untuk memberikan layanan medis kepada masyarakat Indonesia. Layanan medis terpercaya dapat mewujudkan kemudahan akses kesehatan secara online dengan biaya terjangkau. 

Pemerintah Indonesia menyediakan layanan telemedicine gratis untuk pasien COVID-19 dengan gejala ringan di seluruh wilayah. Hal ini dilakukan dalam upaya mengurangi lonjakan pasien di rumah sakit karena kasus COVID-19 sempat mencapai rekor tertinggi. 

Dilansir dalam Helathcare IT News, Menteri Kesehatan Budi Gunandi Sadikin menjelaskan saat konferensi pers, layanan telemedicine gratis ini akan diberikan melalui kemitraan dengan platform kesehatan digital. Mereka akan memberikan layanan telekonsultasi dan pengiriman obat gratis. 

Sebuah laporan mencatat bahwa pada 2 Juli 2021, semua tempat tidur di rumah sakit sudah terisi sebanyak 75% dengan Pulau Jawa melaporkan kapasitas lebih dari 90%.

Kelebihan telemedicine untuk konsultasi dokter online

Ada begitu banyak kelebihan telemedicine yang akan Anda dapatkan, di antaranya:

1. Perawatan lebih nyaman dan mudah diakses

Salah satu keuntungan yang ditawarkan telemedicine adalah perawatan kesehatan yang nyaman dan mudah diakses melalui ponsel Anda. Layanan telemedicine memberikan perawatan sederhana sesuai kebutuhan masing-masing pasien. Anda tidak perlu lagi membuang waktu dan biaya yang biasanya dikeluarkan saat konsultasi tatap muka. 

Pasien yang tinggal di lokasi terpencil, ingin tetap berada di rumah, atau tidak dapat mengambil cuti pekerjaan untuk pemeriksaan dengan dokter, dapat mengakses telemedicine dengan mudah. 

2. Menghemat biaya pemeriksaan dan perawatan kesehatan

Pemeriksaan dari jarak jauh dan penyimpanan data elektronik secara signifikan mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan. Telemedicine juga mengurangi kunjungan UGD yang tidak mendesak dan menghemat biaya transportasi untuk pemeriksaan rutin. 

3. Mencegah penularan penyakit

Untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya, Anda bisa tetap terhubung dengan dokter dari rumah menggunakan telemedicine. Layanan ini mencegah Anda terpapar penyakit saat ke rumah sakit, bertemu staf kesehatan, dan pasien lainnya. 

Meminimalisir paparan kuman atau virus dari orang lain dapat membantu semua orang, terutama yang memiliki sakit kronis, gangguan kekebalan tubuh, hamil, dan lanjut usia. 

4. Penilaian medis yang lebih baik

Kelebihan telemedicine yang berikutnya adalah memudahkan praktisi melihat Anda di lingkungan rumah Anda. Misalnya, seorang ahli alergi mungkin dapat mengidentifikasi penyebab alergi di sekitar Anda. Lalu seorang ahli saraf dapat mengamati Anda dan menilai kemampuan Anda untuk menggerakkan tubuh dan merawat diri di rumah. 

Telemedicine juga pilihan yang tepat untuk mendapatkan penilaian dan konseling kesehatan mental.

5. Perawatan primer dan mengelola kondisi kronis

Kunjungan rutin dengan praktisi perawatan primer seperti dokter keluarga, spesialis penyakit dalam, dan pediatri, sangat penting untuk kesehatan keluarga Anda. Telemedicine memudahkan Anda terhubung dengan dokter atau perawat. 

Sistem telemedicine diatur agar pasien dapat membuat janji dengan praktisi yang tersedia secara online, sehingga menghemat waktu.

Kekurangan telemedicine untuk konsultasi dokter online

Telemedicine memang memiliki banyak kelebihan, tetapi ada beberapa kekurangan telemedicine untuk konsultasi dokter online yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Sulit mengakses telemedicine pada keadaan tertentu

Anda mungkin sulit mengakses layanan telemedicine, misalnya karena terkendala jaringan internet atau tidak memiliki alat komunikasi. Bagi beberapa orang, biaya telemedicine terlalu mahal jika dibandingkan dengan fasilitas kesehatan yang lebih kecil. 

2. Kurang membangun ikatan dengan dokter

Salah satu kekurangan telemedicine yaitu kurang membangun ikatan dengan dokter, karena pemeriksaan dilakukan lewat virtual. Ini mungkin kurang cocok bagi Anda yang menyukai hubungan lebih pribadi atau bicara tatap muka. 

Anda sering kali tidak mendapatkan kesempatan untuk menjalin ikatan dengan dokter telemedis dan Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara pribadi dengan mereka. 

3. Ada penyakit tidak bisa diperiksa secara online

Jenis penyakit dan masalah tertentu memerlukan pemeriksaan fisik yang hanya bisa dilakukan saat Anda konsultasi tatap muka dengan dokter di klinik atau rumah sakit.

Meskipun tidak ada layanan yang sempurna, telemedicine adalah pilihan perawatan medis yang bermanfaat dan akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Sebuah studi menunjukkan bahwa telemedicine menghemat waktu, uang, dan nyawa.

Tips menggunakan telemedicine untuk konsultasi dokter online

Optimalkan telemedicine saat Anda konsultasi dokter online. Ikuti tips berikut ini:

1. Membuat daftar gejala dan obat-obatan

Memiliki daftar obat-obatan, vitamin, dan suplemen yang sedang digunakan akan membantu dokter mendiagnosis penyakit Anda. Informasi ini juga dapat mencegah Anda mendapatkan resep yang kontradiktif dengan obat yang sedang digunakan.

2. Membuat daftar pertanyaan

Selain daftar gejala dan obat-obatan, tulis pula daftar pertanyaan yang ingin diajukan saat sesi konsultasi. Ini dapat menghemat waktu dan mencegah Anda melupakan pertanyaan penting. 

3. Menyiapkan laporan medis terbaru

Jika dokter membutuhkan salah satu laporan medis Anda, Anda dapat dengan mudah membagikannya. Cara ini akan menghemat waktu dan biaya dari pengulangan tes yang tidak perlu. 

4. Tingkatkan kualitas gambar dan audio 

Pergilah ke tempat yang tenang dan pencahayaan cukup. Matikan radio, TV, atau peralatan berisik lainnya. 

5. Minta ringkasan konsultasi

Saat sesi konsultasi berakhir, mintalah ringkasannya. Itu bisa memperjelas detail penting yang disampaikan dokter. 

Konsultasi dokter online dengan fitur telemedicine membantu Anda dan banyak pasien lainnya dalam mengakses layanan kesehatan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa menggunakan Aplikasi Dokter Online LinkSehat untuk terhubung dengan dokter umum dan spesialis kapan saja di mana saja. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Agus Marvianto dr. Agus Marvianto

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Mengenal Telemedicine, Solusi Konsultasi Dokter Jarak Jauh

Selain konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa buat janji temu di Rumah Sakit dan mendapatkan resep Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...

Cara Efektif Konsultasi Kesehatan Melalui Telemedicine

Dengan telemedicine, Anda akan melakukan sesi konsultasi kesehatan secara online melalui panggilan Baca Selengkapnya...