Cara Efektif Konsultasi Kesehatan Melalui Telemedicine

Senin, 13 September 2021

Cara Efektif Konsultasi Kesehatan Melalui Telemedicine

LinkSehat - Telemedicine menjadi solusi jika Anda perlu menemui dokter di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Dengan telemedicine, Anda akan melakukan sesi konsultasi kesehatan secara online melalui panggilan telepon atau video call. 

Di sini LinkSehat akan membagikan cara efektif konsultasi kesehatan melalui telemedicine. Simak informasi selengkapnya di sini.

Apa itu telemedicine?

Telemedicine adalah pelayanan perawatan kesehatan oleh dokter dengan memanfaatkan teknologi yang memungkinkan pemberian perawatan jarak jauh. Dokter menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk bertukar informasi yang valid untuk menegakkan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. 

Perangkat elektronik dan perangkat lunak digunakan oleh dokter untuk memberikan layanan klinis kepada pasien melalui online. Teknologi telemedicine digunakan untuk konsultasi, pemeriksaan lanjutan, pengelolaan kondisi kronis, pengobatan, dan layanan klinis lainnya yang dapat diberikan melalui chat, telepon, atau video call. 

Telemedicine berbeda dengan Telehealth, karena cakupan layanan Telehealth lebih luas. Telemedicine merujuk pada layanan klinis jarak jauh, sedangkan Telehealth merujuk pada layanan non-klinis jarak jauh. 

Siapa yang memerlukan konsultasi online lewat telemedicine?

Pertimbangkan untuk menggunakan layanan konsultasi kesehatan lewat telemedicine jika Anda termasuk ke dalam kategori berikut ini:

1. Pasien dengan penyakit menular

Demi mencegah penyebaran Covid-19, flu, dan penyakit menular lainnya, Anda dapat memanfaatkan telemedicine untuk menghindari kerumunan pasien yang menderita penyakit menular. Hal ini dapat sangat membantu, terutama untuk pasien penyakit kronis, hamil, gangguan kekebalan tubuh, serta pasien lanjut usia. 

2. Membutuhkan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental

Telemedicine memberikan kesempatan untuk dokter memeriksa dan mengobservasi pasien di lingkungan sehari-harinya, hal ini dapat mengungkan pada pasien dengan alergi, pasien saraf, maupun pasien rehabilitasi fisik dan okupasional. Selain itu Telemedicine merupakan media yang baik untuk pemeriksaan dan konseling kesehatan mental. 

3. Keluarga tinggal di luar kota atau luar negeri

Jika anggota keluarga Anda tinggal di luar kota atau luar negeri, dengan telemedicine Anda dapat menyertakan anggota keluarga Anda dalam sesi konsultasi kesehatan online jika Anda menginginkannya. 

4. Membutuhkan perawatan primer dan menangani kondisi kronis

Telemedicine memudahkan Anda tetap terhubung dengan dokter atau perawat. Beberapa platform diatur agar pasien dapat membuat janji konsultasi dengan dokter di kunjungan berikutnya, sehingga dapat menghemat waktu, terutama untuk kunjungan rutin dengan dokter layanan primer maupun dokter spesialis, baik untuk kontrol penyakit kronis maupun kontrol kondisi berkala.

Penyakit apa saja yang dapat ditangani melalui telemedicine?

Telemedicine dapat digunakan untuk berbagai layanan kesehatan dan layanan ini sangat beragam berdasarkan spesialisasi. Berikut ini beberapa kondisi umum yang mungkin dapat ditangani oleh dokter layanan primer melalui telemedicine:

  • Alergi.
  • Asma.
  • Bronkitis.
  • Cedera akibat olahraga.
  • Diare.
  • Faringitis.
  • Gigitan serangga.
  • Infeksi.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi saluran pernapasan.
  • Keseleo dan cedera otot.
  • Konjungtivitis.
  • Muntah.
  • Peradangan Kulit.
  • Pilek dan flu.
  • Radang selaput lendir.
  • Rematik.
  • Ruam.
  • Sakit tenggorokan.
  • Selulitis.

Apakah saya bisa memesan obat lewat telemedicine?

Menurut Dr. Saya Nagori dari SimpleHealth, Anda bisa memesan obat lewat telemedicine, tapi tergantung jenis obat-obatannya, obat golongan umum yang bebas dijual di masyarakat maupun alat kontrasepsi dapat diberikan melalui telemedicine, namun untuk kondisi medis baru atau kondisi serius perlu dilakukan pemeriksaan lanjut atau pemeriksaan diagnostik yang memerlukan konsultasi tatap muka sebelum dokter dapat meresepkan obat.

Ada pula beberapa zat yang tidak dapat diresepkan lewat telemedicine. Dokter harus mengikuti aturan yang melarang dokter menulis resep pada konsultasi online sepert I contohnya obat-obatan nyeri golongan opioid dan zat terkontrol lainnya.

Prosedur pemeriksaan kondisi pasien melalui telemedicine

Berikut ini prosedur pemeriksaan kondisi pasien melalui telemedicine:

  • Siapkan peralatan yang digunakan untuk telemedicine, seperti smartphone atau PC, serta pastikan koneksi internet stabil. 
  • Buat janji konsultasi telemedicine melalui aplikasi LinkSehat. Anda bisa memilih dokter umum dan spesialis dari rumah sakit terpercaya di dalam dan luar negeri. 
  • Saat sesi konsultasi, jelaskan gejala yang Anda alami secara mendetail. Setiap aplikasi akan berbeda prosedurnya, Anda mungkin akan diminta untuk menuliskan gejala yang anda alami terlebih dahulu. 
  • Dokter akan melakukan pemeriksaan melalui chat, telepon atau video call. Jika pemeriksaan dilakukan lewat video call, dokter dapat meminta Anda menjulurkan lidah, berjalan, maupun pemeriksaan lainnya. Dokter juga dapat meminta Anda mengirim foto terkait kondisi penyakit agar pemeriksaan lebih detail.
  • Dalam kondisi tertentu, dokter mungkin menganjurkan Anda untuk konsultasi tatap muka. Misalnya saat Anda perlu tes darah, X-ray, biopsi, dan pemeriksaan lainnya. 
  • Setelah sesi konsultasi berakhir, resep obat Anda akan dikirim dan ditindaklanjuti sesuai kebutuhan. 

Efektifkah konsultasi online lewat telemedicine?

Konsultasi online lewat telemedicine sangat efektif, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Telemedicine mempermudah akses pasien mendapatkan layanan kesehatan dengan cara yang lebih mudah, nyaman, dan mengurangi waktu tunggu antrian seperti pada konsultasi tatap muka. Konsultasi kesehatan lewat telemedicine mempermudah Anda untuk konsultasi kapan pun dan di mana pun, dengan membuat janji temu online. 

Telemedicine menawarkan banyak keuntungan, salah satunya pemeriksaan yang cepat dan tepat waktu. Pasien yang memerlukan konsultasi perawatan darurat dapat mendapatkan konsultasi dan anjuran dalam hitungan menit.

Bagaimana tips konsultasi online lewat telemedicine?

Untuk memaksimalkan sesi konsultasi, ikuti tips konsultasi online lewat telemedicine di bawah ini:

1. Membuat daftar gejala dan obat-obatan

Sebelum memulai sesi konsultasi siapkan daftar gejala penyakit secara detail, riwayat penyakit, daftar pengobatan, vitamin, maupun suplemen yang sedang atau pernah dikonsumsi, agar informasi yang disampaikan lengkap sehingga membantu dokter menentukan diagnosis dan pilihan terapi yang tepat.

2. Membuat daftar pertanyaan

Selain daftar gejala dan obat-obatan, tulis pula daftar pertanyaan yang ingin diajukan saat sesi konsultasi. Hal ini dapat menghemat waktu dan mencegah Anda melupakan pertanyaan penting. 

3. Menyiapkan laporan medis terbaru

Mempersiapkan dokumen laporan medis sebelumnya sehingga jika dibutuhkan, Anda dapat dengan mudah membagikannya saat sesi konsultasi. Cara ini akan menghemat waktu dan biaya dari pengulangan tes yang tidak perlu. 

4. Tingkatkan kualitas gambar dan audio 

Pergilah ke tempat yang tenang dan pencahayaan cukup. Matikan radio, TV, atau peralatan lain yang dapat mengganggu selama sesi konsultasi. 

5. Minta ringkasan konsultasi

Saat sesi konsultasi dengan dokter berakhir, mintalah ringkasan hasil pemeriksaan agar memperjelas detail penting yang disampaikan selama sesi konsultasi. 

Ingin melakukan konsultasi online dengan dokter? Gunakan aplikasi LinkSehat untuk Konsultasi Sekarang atau Buat Janji temu dengan dokter lebih mudah. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Susi Sulastri dr. Susi Sulastri

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Saat pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak berkunjung ke RS kecuali dalam keadaan darurat.

Mengenal Telemedicine, Solusi Konsultasi Dokter Jarak Jauh

Selain konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa buat janji temu di Rumah Sakit dan mendapatkan resep Baca Selengkapnya...

Tanya Dokter untuk Konsultasi COVID-19: Dokter Umum atau Spesialis?

Tetap terhubung dengan dokter umum atau spesialis saat alami gejala COVID-19.