Mikrodermabrasi

Selasa, 22 Desember 2020

Mikrodermabrasi

Link Sehat - Mikrodermabrasi adalah metode pengangkatan sel-sel kulit mati (eksfoliasi) dengan menyemprotkan butiran kristal berukuran kecil pada permukaan kulit wajah. Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit akibat paparan sinar UV matahari, kerutan, garis-garis halus, jerawat, dan bercak kecokelatan pada wajah (melasma).

Mikrodermabrasi tidak dapat dilakukan di area sekitar kelopak mata.Perawatan mikrodermabrasi juga kurang efektif dalam mengatasi masalah kulit yang lebih dalam, seperti bekas luka,stretch mark,keriput, atau bekas jerawat.

Siapa yang perlu menjalani mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki masalah kulit, seperti:

  • Garis-garis halus dan kerutan
  • Melasma
  • Hiperpigmentasi dan bintik penuaan
  • Pori-pori kulit dan komedo membesar
  • Stretch mark
  • Kulit wajah tampak kusam
  • Warna dan tekstur kulit tidak merawat
  • Kerusakan kulit akibat paparan sinar UV matahari

Di mana bisa mendapatkan perawatan mikrodermabrasi?

Anda bisa datang ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan mikrodermabrasi. Hubungi kami jika Anda membutuhkan rekomendasi dokter dan/atau klinik kecantikan penyedia layanan mikrodermabrasi terbaik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Bagaimana cara kerja mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi cocok dilakukan untuk semua jenis dan warna kulit. Prosedur ini biasanya berlangsung sekitar 30 menit.

Sebelum perawatan

Sebaiknya diskusikan masalah kulit Anda dengan dokter kulit untuk mengetahui apakah mikrodermabrasi cocok untuk Anda. Bicarakan perawatan kecantikan yang pernah Anda lakukan sebelumnya, serta alergi dan riwayat kesehatan.

Anda akan diminta untuk menghindari paparan sinar UV matahari langsung, penggunaan krim pemutih, atau waxing sekitar beberapa hari sebelum perawatan. Menjelang perawatan, bersihkan wajah dari riasan wajah. Anda tidak perlu menggunakan bius untuk mikrodermabrasi.

Saat perawatan

Selama perawatan, kristal mikro disemprotkan untuk mengikis lapisan sel-sel kulit mati di lapisan kulit teratas (stratum korneum). Cara ini menyebabkan kulit kering karena minyak alaminya ikut terangkat. Namun hasil akhirnya, lapisan sel-sel kulit sehat akan naik ke permukaan sehingga kulit wajah tampak lebih segar, halus, kenyal, sehat, dan awet muda.

Setelah perawatan

Setelah mikrodermabrasi, kulit Anda akan berwarna merah muda, terasa kering, lebih kencang, dan mungkin panas seperti terbakar selama sekitar 24 jam. Namun tenang saja, efek ini akan menghilang setelah tubuh bekerja cepat menghasilkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Adakah proses pemulihan pasca mikrodermabrasi?

Setelah perawatan, Anda disarankan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Hindari menggunakan riasan wajah selama 24 jam pasca perawatan mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut. Agar hasil perawatan optimal dan minim risiko efek samping, mikrodermabrasi harus dilakukan oleh dokter atau terapi ahli yang bersertifikat.

Jika Anda ingin melakukan mikrodermabrasi dan membutuhkan rekomendasi klinik kecantikan atau rumah sakit terbaik, hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini. Atau jika ingin konsultasi kecantikan, Anda bisa Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

  • Healthline. (2018). What Is microdermabrasion?.
  • WebMD. Dermabrasion and microdermabrasion.


Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tes Alergi Kulit

Allergy skin test dianjurkan bagi Anda yang mengalami reaksi alergi tanpa diketahui penyebab Baca Selengkapnya...

Kanker Kulit

Meski bisa timbul di area kulit manapun, biasanya kanker muncul pada kulit yang sering terpapar Baca Selengkapnya...

Ingin Awet Muda? Ini Rahasia Perawatan Kulit Anti-Aging

Penuaan kulit adalah proses biologis kompleks yang akan dialami setiap orang dari waktu ke waktu