Operasi Dekompresi Saraf Wajah

Jumat, 28 Agustus 2020

Operasi Dekompresi Saraf Wajah

LinkSehat - Operasi dekompresi saraf wajah adalah suatu operasi untuk melonggarkan saraf wajah yang terjepit. Saraf wajah keluar dari tempurung kepala melalui suatu lubang kecil (kanal). Di daerah itulah saraf wajah sering terjepit.

Siapa yang perlu menjalani operasi dekompresi saraf wajah?

Operasi dekompresi saraf wajah diperuntukkan bagi Anda yang menderita kelumpuhan saraf wajah karena saraf wajah yang terjepit.

Setiap orang memiliki sepasang saraf wajah, di sisi kanan dan kiri. Gejala lumpuh saraf wajah berupa kelumpuhan sisi kanan/kiri/kedua sisi wajah yang tampak tidak simetris karena otot wajah salah satu/kedua bagian turun. Dapat juga gejala berupa kelainan pada pendengaran, tidak dapat mengecap dengan baik, serta gangguan pada produksi air mata.

Saraf terjepit dibagi menjadi dua kelompok, yakni akut (baru saja terjadi) dan kronis (sudah lama terjadi). Terapi dekompresi saraf wajah memberikan hasil paling signifikan jika dikerjakan pada kasus saraf terjepit akut.

Mengapa perlu menjalani operasi dekompresi saraf wajah?

Kelumpuhan saraf wajah dapat mengakibatkan gangguan pada aktivitas sehari-hari, misalnya berbicara, makan, penglihatan, dan berdampak pula pada tampilan wajah yang berimbas pada kepercayaan diri, dan lain sebagainya.

Jika kelumpuhan saraf wajah terjadi baru-baru ini, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat. Namun memang tidak semua kasus kelumpuhan saraf wajah memerlukan tindakan operasi. Beberapa penyakit terjadi hanya sementara dan dapat sembuh tanpa operasi.

Jika kelumpuhan saraf wajah sudah terjadi cukup lama, Anda juga dapat ke dokter untuk mencari kemungkinan penyebabnya, kemungkinan untuk dilakukan operasi dan seberapa tinggi tingkat kesembuhannya.

Bagaimana prosedur operasi dekompresi saraf wajah?

Sebelum operasi

Sebelum diputuskan operasi, Anda perlu menjalani rangkaian pemeriksaan berikut:

  • MRI
  • Tes pendengaran
  • Elektroneurografi (alat untuk menilai kondisi saraf wajah)
  • Elektromiogram

Pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah gangguan tersebut dapat diperbaiki dengan operasi atau tidak. Jika memang kelainan tersebut dapat diperbaiki dengan operasi, maka Anda akan dijadwalkan untuk operasi.

Saat operasi

Anda akan diminta untuk puasa 6-8 jam sebelum operasi. Selanjutnya, Anda akan dibius tidur.

Operasi dekompresi wajah dilakukan dengan membuka tulang tempurung kepala atau dapat juga melalui tulangmastoid, yaitu tulang bagian belakang dari telinga. Bagian tulang tersebut akan dilepaskan sebagian sehingga saraf yang terjepit dapat terbebas dan dapat kembali dalam keadaan normal.

Teknik operasi tergantung dari kondisi masing-masing pasien. Dokter dapat melakukan operasi pada tempurung kepala atau tulangmastoid, atau dengan melakukan kombinasi kedua teknik tersebut.

Setelah operasi

Setelah operasi, Anda akan dirawat selama beberapa hari hingga kondisi pulih. Anda akan diminta untuk kontrol berkala hingga kondisi Anda dianggap cukup stabil (kurang lebih sekitar 2 bulan). Anda biasanya mulai diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa kurang lebih 2 minggu setelah operasi. Penyembuhan fungsi saraf dapat memakan beberapa waktu lamanya.

Pasca operasi selesai dilakukan, Anda akan disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung untuk menghindari mata kering hingga mata Anda dapat ditutup dengan baik lagi setelah saraf mengalami pemulihan. Selain itu, Anda akan disarankan untuk menjalankan rehabilitasi fungsi saraf wajah/latihan saraf wajah untuk mengembalikan fungsinya baik kembali.

Adakah efek samping operasi dekompresi saraf wajah?

Terdapat beberapa efek samping pasca operasi yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Gangguan pendengaran hingga kehilangan pendengaran pada telinga
  • Pusing/terasa seperti melayang
  • Infeksi pada daerah operasi
  • Telinga terasa baal
  • Telinga berdenging
  • Gangguan pada indera perasa
  • Dimana saya bisa melakukan operasi dekompresi saraf wajah?

Operasi dekompresi saraf wajah dilakukan oleh dokter ahli bedah saraf. Tidak semua rumah sakit dilengkapi dengan dokter bedah saraf, walaupun di kota-kota besar. Untuk mendapatkan rekomendasi dokter/rumah sakit yang telah berpengalaman dalam melakukan operasi dekompresi wajah, Anda bisa menghubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Medscape. 2018. Facial Nerve Paralysis.
NYU Langone Health. Decompression Surgery for Facial Nerve Paralysis.
The Facial Paralysis Institute. Facial Nerve Decompression.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Penyakit Parkinson

Parkinson membuat penderitanya sulit mengendalikan pergerakan tubuh akibat penurunan fungsi saraf.

Dislokasi Sendi

Seluruh sendi pada tubuh dapat mengalami dislokasi, tetapi paling sering terjadi pada sendi bahu, Baca Selengkapnya...

Arthritis (Radang Sendi)

Radang sendi banyak dialami orang berusia 65 tahun atau lebih (lansia).