Operasi katup jantung

Rabu, 23 Desember 2020

Operasi Katup Jantung

Link Sehat - Operasi katup jantung adalah prosedur untuk menangani kelainan katup jantung. Pada prosedur ini, katup jantung yang rusak akan diupayakan untuk diperbaiki terlebih dahulu. Apabila tidak dapat diperbaiki, maka katup jantung yang rusak akan diganti dengan katup jantung buatan.

Siapa yang perlu menjalani operasi katup jantung?

Yang membutuhkan operasi katup jantung adalah orang dengan penyakit katup jantung. Penyakit katup jantung melibatkan setidaknya satu katup yang tidak berfungsi dengan normal dari 4 katup jantung yang ada. Katup jantung berfungsi untuk menjaga darah di dalam jantung tetap mengalir ke arah yang benar.

Gejala yang sering muncul pada penyakit katup jantung adalah:

  • Sesak nafas saat beraktivitas
  • Mudah merasa lelah
  • Sering merasa akan pingsan
  • Denyut jantung tidak beraturan (aritmia)
  • Bengkak pada pergelangan kaki
  • Kebiruan pada ujung-ujung jari

Jika Anda mengalami gejala di atas, segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

Kapan/mengapa perlu menjalani operasi katup jantung?

Pada dasarnya, ada dua tipe kelainan katup jantung:

  • Katup jantung yang menyempit, disebut juga dengan stenosis
  • Katup jantung bocor, disebut juga regurgitasi

Kedua kelainan tersebut dapat menyulitkan jantung untuk memompa darah dan menimbulkan gejala-gejala seperti di atas. Bila tidak ditangani, lama-kelamaan jantung akan menjadi lemah dan bisa terjadi gagal jantung, sehingga membutuhkan operasi katup jantung segera. Namun bila didapatkan kondisi yang menjadi kontraindikasi operasi, dokter Anda akan mendiskusikan prosedur lain.

Bagaimana prosedur operasi katup jantung dilakukan?

Operasi katup jantung dimulai dengan pembiusan total. Selama operasi, jantung Anda dihubungkan dengan mesinbypass, untuk menggantikan fungsi jantung Anda selama jalannya operasi. Mesin ini menjaga darah tetap mengalir ke seluruh tubuh.

Pertama-tama, dokter bedah Anda akan mencoba memperbaiki katup jantung yang mengalami kelainan. Namun bila katup tidak dapat diperbaiki atau proses reparasi tidak dimungkinkan, maka dokter bedah Anda akan mengganti katup tersebut. Katup jantung yang rusak dapat diganti dengan:

  • Katup mekanikal – katup yang bertahan lebih lama, terbuat dari materi mekanik
  • Katup jaringan – katup terbuat dari donor jaringan yang berasal dari manusia atau hewan

Katup yang rusak, diambil menggunakan selang kecil yang disebut dengan kateter. Kemudian katup pengganti akan dimasukkan kembali menggunakan kateter tersebut. Operasi ini berlangsung sekitar 3-4 jam.

Adakah risiko operasi katup jantung?

Operasi katup jantung dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Risiko dari tindakan operasi katup jantung yang mungkin terjadi adalah :

  • Perdarahan
  • Serangan jantung
  • Infeksi
  • Ritme jantung yang tidak beraturan (aritmia)
  • Stroke

Bagaimana proses pemulihan pasca operasi katup jantung?

Setelah tindakan operasi katup jantung, Anda akan dirawat di ruang perawatan intensif atau ICU selama satu sampai dua hari. Jika kondisi membaik, Anda akan dipulangkan dan disarankan untuk mengkonsumsi beberapa obat dan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter Anda. Beberapa pemeriksaan khusus juga perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan memantau kondisi.

Anda mungkin dapat kembali beraktivitas sehari-hari seperti bekerja, berkendara, dan berolahraga. Namun Anda harus mendiskusikannya dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum kembali beraktifitas.

Anda akan diminta untuk merubah pola hidup menjadi lebih sehat, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga secara rutin, mengatur stres dan menghindari rokok agar jantung Anda berfungsi dengan baik. Anda juga dapat bergabung dengan rehabilitasi jantung – program untuk membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung, terutama setelah menjalani operasi.

Di mana bisa mendapatkan perawatan operasi katup jantung?

Saat ini di Indonesia belum banyak rumah sakit yang dapat melakukan operasi katup jantung. Tindakan ini membutuhkan rumah sakit dengan dokter spesialis bedah jantung, dokter spesialis jantung, dokter spesialis anestesi, kamar bedah jantung dan ruang perawatan intensif (ICU) untuk pasca operasi.

Jika saat ini Anda atau keluarga tercinta membutuhkan perawatan operasi katup jantung, kami bisa membantu memberikan rekomendasi dokter/rumah sakit dan hitung perkiraan biaya. Hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini. Atau Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat jika Anda mengalami keluhan pada jantung. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Penyakit Katup Jantung

Adanya kelainan katup jantung bisa memperberat kerja jantung dan memengaruhi kemampuan jantung dalam Baca Selengkapnya...

Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung diperuntukkan bagi Anda yang mengalami masalah pada jantung dan pembuluh Baca Selengkapnya...