Pakai Aplikasi Dokter Online, Ini Persiapan Sebelum Konsultasi ke Psikolog

Kamis, 17 Maret 2022

Pakai Aplikasi Dokter Online, Ini Persiapan Sebelum Konsultasi ke Psikolog

LinkSehat - Konsultasi psikolog online menjadi pilihan untuk orang dengan gejala gangguan mental yang ragu atau malu datang ke klinik/rumah sakit secara langsung. Kabar baiknya, saat ini banyak aplikasi dokter online yang menyediakan layanan konsultasi dengan psikolog.

Tiap aplikasi akan memberikan daftar psikolog profesional termasuk jadwal konsultasi dan biaya yang dibutuhkan. Anda bisa memilih psikolog yang Anda percaya dan membuat nyaman selama konsultasi.

Kapan Harus ke Psikolog?

Jika Anda mengalami salah satu emosi atau perasaan berikut yang sampai mengganggu kehidupan, terapi ke psikolog dapat membantu Anda mengurangi efeknya. Terlebih jika Anda merasa dikendalikan oleh gejala atau jika gejala dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Berikut ini tanda Anda harus segera konsultasi ke psikolog:

1. Kewalahan

Perasaan ketika Anda merasa terlalu banyak hal yang harus dilakukan atau terlalu banyak masalah untuk diatasi. Anda mungkin merasa tidak bisa beristirahat sama sekali. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik yang serius.

2. Kelelahan

Gejala fisik ini sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental hingga depresi. Rasa lelah yang berkepanjangan dapat menyebabkan Anda tidur lebih lama dari biasanya atau enggan bangun dari tempat tidur di pagi hari.

3. Kemarahan dan kebencian

Semua orang terkadang merasa ingin marah, tapi dalam tingkatan tertentu kemarahan Anda bisa berubah menjadi kebencian. Carilah dukungan untuk mengatasi perasaan ini, terutama ketika perasaan ini tak kunjung berlalu, sangat ekstrim dibandingkan dengan situasinya, atau jika perasaan mulai mengarahkan Anda untuk melakukan tindakan kekerasan yang berbahaya.

4. Agorafobia

Orang dengan agorafobia takut berada di tempat yang memicu mereka mengalami serangan panik atau terjebak. Beberapa orang mungkin memilih mengurung diri di rumah. 

5. Gangguan kecemasan

Normal jika Anda mengkhawatirkan berbagai hal dari waktu ke waktu, tetapi ketika kekhawatiran menghabiskan sebagian besar hari Anda atau menyebabkan gejala gangguan fisik, mungkin terapi dapat membantu Anda mengatasi gangguan kecemasan.

6. Apati

Kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari atau dunia di sekitar Anda dapat mengindikasikan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan.

7. Keputusasaan

Kehilangan harapan atau motivasi, atau perasaan seolah-olah Anda tidak memiliki masa depan, dapat mengindikasikan depresi atau kondisi kesehatan mental lainnya. Merasa putus asa dari waktu ke waktu bukanlah hal yang aneh, tetapi jika berkelanjutan dapat menyebabkan munculnya pikiran untuk bunuh diri.

8. Menarik diri

Banyak orang merasa lebih baik ketika mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu menyendiri. Orang introvert mungkin membutuhkan lebih banyak waktu sendirian daripada orang lain. Tetapi jika Anda merasa tertekan di sekitar orang lain atau takut berada bersama orang lain, terapi dapat membantu Anda memahami dan mengatasi perasaan ini.

Baca Juga: 

Bisakah konsultasi ke psikolog lewat aplikasi dokter online?

Tentu bisa. Saat ini Anda bisa konsultasi dengan psikolog menggunakan aplikasi dokter online, salah satunya LinkSehat. Tenang saja, layanan psikolog online tidak jauh berbeda dengan konsultasi tatap muka.

Perbedaan terletak pada platform yang digunakan. Saat konsultasi psikolog online, sesi berlangsung menggunakan chat, telepon, atau video sesuai kesepakatan Anda dengan psikolog. Sesi konsultasi dapat berlangsung beberapa kali per hari atau minggu tergantung kebutuhan Anda.

Bagaimana tips konsultasi ke psikolog lewat aplikasi dokter online?

Agar sesi konsultasi psikolog online berjalan lancar, lakukan tips berikut:

1. Temukan psikolog online yang cocok untuk Anda

Temukan informasi psikolog secara online sebelum Anda membuat janji temu, seperti latar belakang profesional dan profil yang tertera di situs web. Merasa nyaman dan percaya adalah kunci dalam menemukan psikolog online yang cocok untuk Anda. 

2. Buat janji konsultasi dengan psikolog

Setelah menentukan psikolog yang Anda rasa cocok, buatlah janji konsultasi melalui aplikasi dokter online. Di sana akan tertera detail pengobatan, seperti jadwal yang tersedia, biaya konsultasi, dan dokumen yang mungkin perlu disiapkan. 

3. Jujur pada diri sendiri dan psikolog Anda

Konsultasi hanya bisa berhasil jika Anda tidak menyembunyikan masalah penting dan mau terbuka. Jika ada yang tidak Anda pahami, jangan ragu untuk bertanya. Terutama dalam konseling online, komunikasi yang jelas dan terbuka merupakan kunci utama keberhasilan. 

4. Membuka diri untuk melakukan perubahan

Konsultasi dengan psikolog dapat menyebabkan perubahan baru dalam hidup Anda. Bersikaplah terbuka untuk semua jenis perubahan dan sadari bahwa segala jenis perubahan dalam diri Anda juga akan memengaruhi lingkungan di sekitar Anda.

5. Luangkan waktu untuk istirahat

Konsultasi online kemungkinan besar dilakukan di rumah, sehingga Anda tidak perlu berangkat ke tempat praktik psikolog Anda. Sebaiknya luangkan waktu sebelum dan sesudah konsultasi untuk mempersiapkan mental dan istirahat sejenak setelahnya sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari.

Apa saja persiapan sebelum konsultasi psikolog online?

Lakukan persiapan berikut sebelum konsultasi online dengan psikolog agar sesi berlangsung efektif:

1. Tentukan harapan yang ingin dicapai dari terapi

Lakukan beberapa "pekerjaan rumah" pribadi sebelum sesi pertama Anda. Luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri apa harapan Anda setelah terapi. Setidaknya, gagasan tentang harapan Anda akan membantu Anda memastikan terapi dilakukan untuk tujuan yang paling relevan. 

Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk mempersiapkan setiap sesi berikutnya dengan memikirkan apa yang paling ingin Anda diskusikan dalam janji temu pertama dan selanjutnya.

2. Beritahu orang terdekat bahwa Anda akan konsultasi dengan psikolog

Beritahu orang-orang di sekitar Anda terkait janji temu yang akan datang. Berbagi dengan orang lain adalah cara yang baik untuk mengurangi perasaan cemas tentang terapi dan mendapatkan dukungan. Berbicara tentang terapi juga membantu mengurangi stigma terhadap pengobatan kesehatan mental. Anda bisa coba bicarakan ini dengan orang terdekat. 

3. Sesi pertama mungkin akan terasa lebih berat

Saat pertama kali konsultasi, belum tentu Anda langsung menemukan psikolog yang cocok. Mungkin Anda akan merasa telah membuang-buang waktu dan uang Anda, serta berpotensi menimbulkan trauma. Demi mencegah hal tersebut, bangun hubungan yang nyaman selama sesi konsultasi dengan psikolog. Penting untuk menilai apakah rasa tidak nyaman di awal disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang fit atau hanya bagian dari proses berkenalan. 

4. Tenangkan pikiran, jangan panik

Sebelum berangkat konsultasi, Anda mungkin bingung harus mengatakan apa selama sesi pertama. Tenang saja, karena sudah menjadi tugas terapis untuk memimpin percakapan dan mengajukan pertanyaan yang relevan. Anda dapat membantu prosesnya dengan melakukan refleksi diri terlebih dahulu. Anda juga dapat memberitahu terapis tentang harapan Anda dari sesi konsultasi dan mereka akan membantu Anda untuk mencapai harapan tersebut. 

Jika Anda ingin mencoba konsultasi psikolog online dengan LinkSehat, Anda dapat mengunduhnya melalui PlayStore atau klik Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by Dani Tri Astuti, M.Psi., Psikolog Dani Tri Astuti, M.Psi., Psikolog

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Depresi

Depresi bukan hanya memengaruhi suasana hati, melainkan juga cara berpikir dan bertindak Baca Selengkapnya...

Ini Tanda Anda Perlu Konsultasi Online ke Psikolog

Psikolog akan membantu Anda menemukan solusi terbaik lewat konseling, pengobatan, hipnoterapi, dan Baca Selengkapnya...