Pengangkatan Kanker Kulit

Rabu, 23 Desember 2020

Pengangkatan Kanker Kulit

LinkSehat - Skin cancer lesion removal,atau yang disebut juga pengangkatan kanker kulit, adalah suatu tindakan bedah yang dilakukan untuk mengangkat kanker dan kelainan kulit sekitarnya menggunakan teknik khusus agar kesehatan serta penampilan anda tetap terjaga.

Siapa yang perlu menjalani skin cancer lesion removal?

Jika Anda diketahui memiliki keluhan kulit bercak dengan warna tidak merata, batas tidak teratur, dan membesar, maka sebagian jaringan kulit Anda akan diperiksa untuk mengidentifikasi penyebabnya. Jika Anda didiagnosa memiliki kanker kulit, maka sel kanker tersebut harus diangkat dengan metode operasi atauskin cancer lesion removal.

Bagaimana langkah kerja skin cancer lesion removal?

Terdapat beberapa cara pengobatan kanker kulit yaitu dengan operasi dan tanpa operasi. Biasanya dokter akan mengkombinasi metode tersebut. Metode tindakan operasi dan rekonstruksi pada kanker kulit bergantung pada ukuran, tipe dan lokasi kelainan kulit.

Berikut ini adalah langkah pengerjaan operasi pengangkatan kanker kulit:

  • Pembiusan. Pembiusan. Obat akan dimasukkan untuk memberikan kenyamanan selama prosedur operasi. Bius dapat dilakukan secara lokal/baal pada bagian operasi, obat sedasi lewat pembuluh darah, dan bius umum.
  • Pengangkatan bagian kulit yang diperlukan.
  • Penutupan/penjahitan kulit.

Terkadang kanker kulit berada di bawah kulit sehingga tidak terlihat dari luar. Dokter Anda mungkin akan menggunakan metode beku dengan nitrogen cair untuk mengetahui bagian kanker kulit yang akan diangkat. Bagian kulit yang diangkat akan dikirim ke bagian patologi untuk di lihat di bawah mikroskop sehingga dapat ditentukan jenis kanker kulit.

Salah satu teknik terbaru yaitu pembedahan Mohs. Prosedur pembedahan ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik atau bedah kulit. Pembedahan ini bertujuan untuk mengobati kanker kulit yang sulit diobati, namun metode ini menghasilkan luka yang lebih besar dibandingkan metode di atas. Pada metode ini, dokter akan mengangkat kulit lapis demi lapis dan memeriksakan ke mikroskop setiap lapisan tersebut sampai sel kanker tidak ditemukan lagi. Kemudian kulit akan direkonstruksi karena luka kanker kulit biasanya besar.

Metode lainnya yaitu dengan kuretase, elektrodesikasi dancryotherapy. Setelah kanker diangkat, dokter akan melakukan pembersihan dengan kuret. Kemudian jarum elektrik digunakan untuk menghancurkan sel kanker. Terdapat beberapa variasi pada metode ini, bisa juga menggunakan nitrogen cair untuk membekukan bagian dasar. Metode ini biasa digunakan untuk mengobati kanker sel basal atau kanker sel skuamosa yang tipis.

Setelah seluruh proses operasi di atas, maka dokter akan melakukan rekonstruksi yaitu denganflap lokal. Jaringan sehat akan dibuat sayatan untuk menutupi daerah tertentu. Bisa juga dokter memilih metode rekonstruksi dengan graft yaitu mengambil jaringan dari tubuh bagian lainnya (biasanya paha) dan di tempatkan di daerah luka yang lubang.

Setelah operasi, daerah luka akan nyeri, merah dan keluar cairan. Sangat penting untuk membersihkan, menjaga luka kering dan memberikan obat salep sesuai instruksi dokter. Anda akan dibatasi aktivitas yang berpotensi membuat daerah luka tertarik. Anda juga akan disarankan untuk menjaga luka tidak terkena sinar matahari agar luka sembuh dengan warna yang sama dengan sekitarnya. Sinar matahari dapat menyebabkan luka berwarna coklat atau merah gelap dan memicu perkembangan serta pembentukan kanker kulit yang baru.

Adakah efek samping skin cancer lesion removal?

Operasi ini memiliki risiko tergantung bentuk, luas, dan dalamnya sel kanker. Jika semakin luas dan dalam letak sel kanker, dokter akan melakukan pengambilan jaringan lebih dalam. Dan hal tersebut tentunya akan meningkatkan risiko operasi berikut:

  • Nyeri
  • Perdarahan
  • Gangguan saraf pada daerah lokasi operasi
  • Luka kronis
  • Kekambuhan kanker kulit
  • Kegagalan flap dan graft untuk menyambung

Jika Anda membutuhkan rekomendasi dokter atau Rumah Sakit yang dapat melayani skin cancer lession removal di Indonesia atau negara lain, hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Author dr. Kezia Christy dr. Kezia Christy
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Abses Kulit

Anda perlu mengenali beberapa kondisi saat abses kulit perlu segera ditangani untuk mencegah Baca Selengkapnya...

Tes Alergi Kulit

Allergy skin test dianjurkan bagi Anda yang mengalami reaksi alergi tanpa diketahui penyebab Baca Selengkapnya...

Kanker Kulit

Meski bisa timbul di area kulit manapun, biasanya kanker muncul pada kulit yang sering terpapar Baca Selengkapnya...